IMPLIKASI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN FRONT-LINER GRAMEDIA KEDIRI
PDF

Keywords

Komunikasi Organisasi
Kinerja Karyawan

How to Cite

Pniel, Y., Soeprajitno, E. D., & Kurniawan, R. (2024). IMPLIKASI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN FRONT-LINER GRAMEDIA KEDIRI. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 481–490. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5417

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi terkait komunikasi organisasi serta solusi terhadap kasus yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi melalui tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi yang dominan terbentuk di Gramedia Kediri adalah arah komunikasi downward yang didasari oleh pengambilan keputusan yang lebih sering dilakukan oleh pihak manajemen yang nantinya disampaikan kepada karyawan dalam bentuk perintah, instruksi, petunjuk dan hal serupa lainnya, serta jarang terjalin komunikasi informal antar karyawan dan atasan. Komunikasi yang terbentuk dirasa kurang efektif dan menjadi salah satu  penyebab dari turunnya kinerja karyawan Gramedia Kediri. Implikasi komunikasi organisasi yang dapat meningkatkan kinerja karyawan front-liner adalah dengan dilakukannya program kotak keluhan, program coaching and counseling, dan grup diskusi antar masing-masing wilayah.

PDF

References

Suherlan G. Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Triwijaya Abadi Perkasa. 2022. https://repositori.buddidharma.ac.id/1400/1/COVER - BAB III.

Mia RR, Sigit S. Komunikasi Organisasi dalam Fenomena Perubahan Organisasi di Lembaga Penelitian dan Pengembangan. 2020. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/download/2050110.

Rhyo R, Dami D, Laga, Lukas L, Wutun M. Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Supermarket Dutalia Oesapa Kota Kupang). Jurnal Udana Universitas Nusa Cendana Kupang 2019. https://core.ac.uk/download/pdf/327166692.

Nurliani, Lamsah FY. Peranan Komunikasi Organisasi Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Telkom Tbk Banjarmasin. 2020. https://eprints.uniskabjm.ac.id/1091/1/Artikel Nurliani.

Sumantri BA, DD. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan (Edisi Revisi). Gava Media; 2022.

Ranjabar J. Perilaku Organisasi. ALFABETA; 2021.

Kaswan. Organisasi : Struktur, Perilaku, Proses, dan Hasil. Yrama Widya; 2021.

Singgih P, Agung KY. Perilaku Organisasi. Pustaka Baru Press; 2023.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA; 2016.

Winata RA, Nasution MIP. Peran Komunikasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Bandar Sumatra Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 2023;9:635-642.