Efektivitas Therapy Guided imagery Untuk Mereduksi Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 6 Malang

Authors

  • Firda Wahyu Kumalasari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Eva Kartika Wulan Sari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Romia Hari Susanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jwwk8a54

Keywords:

guided imagery, CBT, konseling kelompok, nomophobia, siswa SMA

Abstract

Penggunaan smartphone yang berlebihan telah memicu munculnya nomophobia, yaitu kecemasan berlebihan saat individu tidak dapat mengakses atau menggunakan ponsel. Fenomena ini umum terjadi pada remaja, terutama siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan efektivitas terapi guided imagery dalam konseling kelompok berbasis CBT untuk menurunkan kecenderungan nomophobia pada siswa SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif eksplanatori dengan subjek sebanyak 9 siswa kelas X yang memiliki skor tinggi berdasarkan Nomophobia Questionnaire (NMP-Q). Intervensi dilakukan dalam tujuh sesi konseling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil menunjukkan adanya penurunan skor nomophobia dari kategori tinggi menjadi sedang. Siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam mengelola kecemasan, mengenali pikiran otomatis negatif, serta membentuk strategi perilaku yang lebih adaptif. Kesimpulannya, terapi guided imagery efektif dalam membantu siswa menghadapi nomophobia secara kognitif dan emosional. Dinamika kelompok yang terbuka dan suportif turut memperkuat proses perubahan. Oleh karena itu, teknik ini layak diintegrasikan dalam layanan bimbingan dan konseling sebagai intervensi non-farmakologis yang relevan dan mudah diterapkan di sekolah.

References

Anshari, M., Alas, Y., & Sulaiman, E. (2019). Smartphone addictions and nomophobia among youth. Vulnerable Children and Youth Studies, 14(3), 242–247. https://doi.org/10.1080/17450128.2019.1614709

Aprilia, A. D. K., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Petarukan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6623/5000

Beck, A. . (1964). “Thingking and Depression: II. Theory and Therapy. Archives of General Psichiatry.”

Corey, G. (2015). Theory & Practice of Group Counseling.

Erford, T. B. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua.

Fitria, D., Setyaningsih, T., Puspasari, J., Yeni, V., Suarti, N. M., & Rohmah, U. N. (2022). Pengaruh Penarikan Smartphone Siswa terhadap Nomophobia, Kecemasan, dan Kesejahteraan Subjektif. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(4), 865–874.

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/10797/6615%0Ahttps://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/10797

Hidayat, N., Kurniawan, R., Diaz Lutfi Sandi, Y., Andarini, E., Anisa Firdaus,

F., Ariyanto, H., Nantia Khaerunnisa, R., & Setiawan, H. (2022).

Combination of Music and Guided Imagery on Relaxation Therapy to Relief Pain Scale of Post-Operative Patients. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 8(2).

https://doi.org/10.33755/jkk.v8i2.360

Jannah, I. N. (2023a). Pengaruh Terapi Guide Imagery Terhadap Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Di SMPS Shabilla. An-Najat: Jurnal Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(3), 16–28.

Jannah, I. N. (2023b). Pengaruh Terapi Guide Imagery Terhadap Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Di SMPS Shabilla. An-Najat: Jurnal Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(3), 16–28. https://doi.org/10.59841/annajat.v1i3.41

King, A. L. S., Valença, A. M., & Nardi, A. E. (2014). Nomophobia: The mobile phone in panic disorder with agoraphobia: Reducing phobias or worsening of dependence? Cognitive and Behavioral Neurology, 23(1), 52–54. https://doi.org/10.1097/WNN.0b013e3181b7eabc

Kumari, D. (2023). Guided imagery for anxiety disorder: Therapeutic efficacy and changes in quality of life. Industrial Psychiatry Journal, 195–201.

https://doi.org/10.4103/ipj.ipj

Rodríguez-García, A.-M., Moreno-guerrero, A.-J., & López Belmonte, J. (2020). Nomophobia An Individual Growing Fear Of Being Without A Smartphone. Environmental Research and Public Health Review, 17, 1–19.

Sapsuha, N., Nur, A., & Saudi, A. (2023). Hubungan Harga Diri dengan Kecenderungan Nomophobia pada Usia Dewasa Awal di Kota Makassar Relationship Between Self-Esteem and Nomophobia Tendency in Early Adulthood in Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 134–140. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.21661721

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62. https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099

Yeni., N. (2024). Pengaruh Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Semester 1 Dalam Menghadapi Objective Structure Clinical Examination. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(1), 164–169.

Yildirim, C., Sumuer, E., Adnan, M., & Yildirim, S. (2016). A growing fear: Prevalence of nomophobia among Turkish college students. Information Development, 32(5), 1322–1331.

https://doi.org/10.1177/0266666915599025

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Efektivitas Therapy Guided imagery Untuk Mereduksi Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 6 Malang. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1715-1721. https://doi.org/10.29407/jwwk8a54

Similar Articles

11-20 of 508

You may also start an advanced similarity search for this article.