Strategi Mengajarkan Keterampilan Sains Bidang Fisika Pada Siswa Sma Secara Virtual: Sebuah Tinjauan Literatur

Authors

  • Fitria Dwi Fatmawati Universitas Sebelas Maret

Keywords:

keterampilan sains bidang fisika, SMA, virtual, tinjauan literatur

Abstract

Fisika merupakan salah satu dari cabang ilmu sains. Keterampilan sains diperlukan oleh siswa dalam mempelajari ilmu fisika. Keterampilan sains akan membantu siswa dalam melakukan penyelidikan pada permasalahan yang berkaitan dengan penerapan ilmu fisika. Tujuan penulisan artikel ini adalah melakukan tinjauan hasil penelitian tentang strategi yang dapat dilakukan guru dalam mengajarkan keterampilan sains bidang keilmuan fisika pada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Pencarian literatur dilakukan pada mesin pencarian Google Schoolar dengan kata kunci “student’s creativity of science and virtual class”. Berdasarkan hasil pencarian diperoleh 100 artikel yang kemudian dipilih berdasarkan kriteria: (1) mengulas strategi untuk mengajarkan keterampilan fisika dengan metode virtual; (2) jurnal internasional atau nasional dengan ISSN; (3) Teks lengkap artikel jurnal dapat diunduh; (4) subjek penelitian adalah siswa SMA; (5) artikel jurnal terbit lima tahun terakhir. Hasil pemilihan diperoleh tiga jurnal untuk dianalisis lebih lanjut. Proses analisis dilakukan terhadap subjek penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Melalui proses analisis ini diperoleh hasil bahwa terdapat strategi untuk mengajarkan keterampilan sains pada pembelajaran fisika SMA secara virtual. Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan Virtual Science Teaching Model (VS-TM), model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan laboratorium virtual, dan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan media virtual.

References

Fink, A. 2010. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper. Sage Publication.

Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. 2019. Guided Inquiry Model Through Virtual Laboratory to Enhance Student's Science Process Skills on Heat Concept. Cakrawala Pendidikan: 259-268. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/23345

Gunawan, Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. 2017. The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Students Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan: 167-179. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/13514

Iswatun, Mosik, & Subali, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3: 150-160. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Khotimah, K., Supriana, E., & Parno. 2020. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbasis Science, Technology, Engineering, Math (STEM) terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7: 896-901. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Putri, N. A., Yusandika, A. D., & Makbuloh, D. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindjet Mindmanager 2017 pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Indonesiian Journal of Science and Mathematics Education, 02: 55-63. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Ramdhani, A., Ramdhani, M., & Amin, S. 2014. Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 47-56.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal. 2020. PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5: 10-14. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/103

Setyadin, A. H., Siahaan, P., & Samsudin, A. 2017. Desain Instrumen Tes Kreativitas Ilmiah Berbasis Hu dan Adey dalam Materi Kebumian. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2: 56-62. https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/4905

Sholihah, W. M. 2021. Strategi Mengajarkan Keterampilan Hidup Sehari-hari untuk Anak dan Remaja dengan Retardasi Mental: Sebuah Review Literatur. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6: 50-61. http://ojs.unpkediri.ac.id/index

Sopandi, M., Efendi, A., & Basori. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 11: 59-68. https://jurnal.uns.ac.id/jptk

Wicaksono, I., Wasis, & Madlazim. 2017. The Effectiveness of Virtual Science Teaching Model (VS-TM) to Improve Student's Scientific Creativity and Concept Mastery on Senior High School Physics Subject. Journal of Baltic Science Education, 16: 549-561. http://oaji.net/articles/2017/987-1503905158.pdf

Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna dimasa Pandemi Covid 19. 2020. (Online). (http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/PjBL-edit_cecil_052020.pdf), Accesed Agustus 24th 2021.

Riset dan Review Literature, dan Perumusan Hipotesis. 2017. (Online). (https://www.lldikti4.or.id/wp-content/uploads/2017/04/Andi-Cakravastia-Literature-Review-2017.pdf), Accesed on Agustus 18th 2021.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Fatmawati, F. D. . (2021). Strategi Mengajarkan Keterampilan Sains Bidang Fisika Pada Siswa Sma Secara Virtual: Sebuah Tinjauan Literatur. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 584–590. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1604

Issue

Section

Articles