Analisis Ekokritik Pada Novel Tentang Kita Karya Wiwik Waluyo Untuk Pembelajaran Sastra Di Sma

Authors

  • Sindi Oktafia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

ekokritik sastra, novel, pembelajaran sastra

Abstract

Ekokritik dapat diartikan dengan tinjauan mengenai lingkungan fisik dengan sastra, pada dasarnya suatu karya sastra melekat dari keadaan alam. Salah satu karya sastra tersebut adalah novel, novel sendiri menceritakan tempat kehidupan manusia yang ada dalam penduduk. Pada penelitian ini novel yang dianalisis adalah novel Tentang Kita karya Wiwik Waluyo yang berisi tentang kepedulian dengan penyu. Hasil analisis ini akan direlevansikan pada pembelajaran sastra kelas XII SMA. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis ekokritik sastra pada novel Tentang Kita "Úntuk Satu dari Seribu yang Mampu Bertahan” karya Wiwik Waluyo dan analisis novel Tentang Kita untuk kelas XII SMA pada materi KD. 3.8 dan 4.8 dalam pembelajaran sastra. Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan oleh peneliti, dapat disimpulkan yakni, 17 data yang terdapat di novel ini mengenai ekokritik pada model kajian etis dalam novel Tentang Kita "Úntuk Satu dari Seribu yang Mampu Bertahan” karya Wiwik Waluyo serta hasil analisis novel Tentang Kita untuk kelas XII SMA pada materi KD. 3.8 dan 4.8 dalam pembelajaran sastra.

References

Endraswara, Suwardi. 2016. Ekokritik Sastra. Yogyakarta: Morfalingua.

--------------. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: CV. Angkasa

Ferdian, Agtasia. 2019. Etika Lingkungan dalam Novel Bilangan FU Karya Ayu Utami dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di Sekolah. PBSI, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Khaerah, Diaul. 2018. Ekokritik Sastra pada Novel Rahasia Pelangi Karya Riawani Elyta dan Sabrina WS. PBSI, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi III. Yogyakarta: PT. Bayu Indra Grafika.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sawijiningrum, Wiradita. 2018. Ekokritik Greg Garrard dalam Novel Api Awan Asap Karya Korrie Layun Rampan dan Relevansi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. FKIP, Universitas Islam Majapahit.

Siswantoro. 2006. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis.Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sukmawan, Sony. 2014. Model-Model Kajian Ekokritik Sastra. https://fib.ub.ac.id Available at: https://fib.ub.ac.id/wp-content/uploads/1-MODEL-KAJIAN- KEARIFAN-LINGKUNGAN-DALAM-SASTRA.pdf (diakses pada: 30 Maret 2022)

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sasra. Yogyakarta: Elmatera

Waluyo, Wiwik. 2018. Tentang Kita: Untuk Satu dari Seribu yang Mampu Bertahan.

Yogyakarta: Laksana.

Widiya, Rani. 2019. Analisis Ekokritik Sastra Novel Ping! A Message From Borneo Karya Riawan Elyta dan Shabrina W.S. FKIP. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Oktafia, S., & Puspitoningrum, E. (2022). Analisis Ekokritik Pada Novel Tentang Kita Karya Wiwik Waluyo Untuk Pembelajaran Sastra Di Sma. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 616–648. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1988

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)