Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototype 2022 Berbasis Buku Panduan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Sephia Cici Nur’aini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Martha Dewi Nugra Hanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Navisya Fatikha Rizqi Cahya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Kurikulum 2013, Kurikulum Prototype, Buku Panduan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Selama tahun 2020-2021, pendidikan di Indonesia mengalami rintangan dalam penerapannya. Hal ini diakibatkan oleh terjadinya pandemi Covid-19, sehingga  terjadi degradasi dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Dengan ini, pemerintah merumuskan opsi kurikulum guna mengatasi kesenjangan pendidikan pada saat terjadinya pandemi Covid-19 yaitu kurikulum darurat yang saat inni disempurnakan menjadi kurikulum prototype. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 tujuan. Pertama, untuk memaparkan model pembelajaran kurikulum 2013 berdasarkan buku panduan guru sekolah dasar. Kedua, memaparkan model pembelajaran kurikulum prototype 2022 berdasarkan buku panduan guru sekolah dasar. Ketiga, membandingkan perbedaan model pembelajaran kurikulum 2013 dan kurikulum prototype 2022. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan mengambil dari teknik analisis data Sugiyono (2015). Kurikulum 2013 merupakan suatu bentuk strategi pembelajaran yang akan mewujudkan cita-cita pendidikan dalam meningkatkan mutu dengan menekankan pada kompetensi dan pembangunan karakter peserta didik. Terbentuknya kurikulum prototype merupakan hasil evaluasi dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 yang dikembangkan untuk mendukung pemulihan pembelajaran dan disesuaikan dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai strategi pengembangan karakter peserta didik. Terdapat 8 aspek perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum prototype diantaranya pedoman pembelajaran, tujuan pembelajaran, perangkat pembelajaran, pendekatan, target jam, langkah-langkah pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

References

Aguss, R. M., Amelia, D., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48-53. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1315

Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/2987

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39-48. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/37776

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544-1550. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2410

Kusumawati, H. 2017. Lingkungan Sahabat Kita. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1158

Prastowo, A. (2014). Paradigma baru madrasah dalam implementasi kebijakan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95-113. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1159

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4(1), 115-131. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/1683

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7511-7520. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3510

Tim Gakko Tosho & Isoda, M. (Eds). 2021.Teacher’s guide book Mathematics for Elementary School`1st Grade. Pusat Kurikulum dan Perbukuan: Kementerian pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nur’aini, S. C. ., Hanti, M. D. N., Cahya, N. F. R. ., & Damariswara, R. (2022). Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototype 2022 Berbasis Buku Panduan Guru Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 603–615. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1986

Issue

Section

Articles