Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa : Sebuah Kajian Pustaka
Keywords:
pengelolaan perpustakaan, minat bacaAbstract
Pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat, karena itu diperlukan pengelolaan perpustakaan yang baik dalam rangka meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Sumber data didapatkan dari 15 artikel yang benar-benar relevan dengan variabel penelitian, Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan perpustakaan yang baik hendaknya memperhatikan koleksi buku yang lengkap, ruang yang luas dan memadai, pencahayaan yang cukup, dan tempat duduk yang nyaman serta petugas pustaka yang professional. Kendala umum pengelolaan perpustakaan meliputi, buku yang monoton, fasilitas yang kurang, kepedulian kepala sekolah dan guru kurang terhadap perpustakaan serta petugas perpustakaan yang tidak professional atau belum mengikuti pelatihan perpustakaan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengganti buku yang rusak, menambah koleksi/buku baru, mengadakan promosi, mengadakan kegiatan yang menarik minat baca, memberi penghargaan (reword) kepada siswa yang berkunjung ke perpustakaan dan mengadakan kerja sama dengan pihak terkait (stockholder) terutama orang tua siswa.
References
Cahyani, P. A. R., & Nurizzati, N. (2019). Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 344. https://doi.org/10.24036/107351-0934
Darwati, I. (2017). Rancang Bangun Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 139–144. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/677/388
Fuady, I. (2016). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat ISSN 1410 - 5675. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/
Gusti, H., & Bakhtaruddin. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Laban Kecamatan Iv Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 3(1), 36.
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86
Irawati. (2014). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar. Administrasi Pendidikan, 2(1), 335–340. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/3771/3005
Jannah, R., & Arfa, M. (n.d.). MINAT BACA ANAK- ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PANDAI. X.
Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar Jurnal EduBase Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. 1, 65–83.
Kecamatan, T., & Ternate, P. (2018). Issn 1693-4164. 16(2), 126–132.
Kuntarto, E., & N, S. (2017). Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 185–201. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6805
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Nurhayati, O., & Hasan, A. (2019). Penguatan Budaya Baca di Perpustakaan Sekolah: Dasar Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat. Libria, 11(2).
Pascasarjana, P., & Palembang, U. P. (2021). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 6(1).
Safitri, R. (2018). Jurnal Tibanndaru Volume 2 Nomor 2 , Oktober 2018 Jurnal Tibanndaru Volume 2 Nomor 2 , Oktober 2018. SIMPLE CRUD BUKU TAMU PERPUSTAKAAN BERBASIS PHP DAN MYSQL :LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN Rima, 2, 15–25.
Samad, F. (2019). Optimalisasi Perpustakaan Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kota Ternate. Edukasi, 16(2), 115–125. https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i2.1017
Widyastuti, A. (2013). Relationship of Utilization of the School Library and Reading Achievement Students With Interest in Learning Sociology At. 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suparman, Suci Okta Piyana, Eka Feri Kurniawati, Erni Fitriani Sipayung, Wardah Dihan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.