Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil motivasi belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi tahun akademik 2021/ 2022 pada MK Fisiologi Hewan. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi semester III sejumlah 17 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil yang diperoleh yaitu motivasi intrinsik mahasiswa dalam belajar cukup tinggi, mahasiswa menginginkan belajar tidak selalu di dalam kelas dan metode diskusi cukup diminati mahasiswa
References
Mulyaniningtiyas, T., Wahyutiani, R. W., Kurniawan, A. S., Rachmat, S. H., Sulistiono, S., & Santoso, A. M. (2018, September). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Kediri pada Mata Pelajaran Biologi melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study. In Prosiding Seminar Nasional Hayati (Vol. 6, pp. 453-457).
Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Evaluasi Perkuliahan Genetika untuk Calon Guru Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 580-584).
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B., & Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tambunan, (2015). Kelekatan dan Intimasi pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi, 8 (1): 18-24
Uno, H.B (2017). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Budhi Utami