Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan modul sebagai bahan ajar yang digunakan untuk memahami konsep materi pewarisan sifat mata pelajaran Biologi SMA. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XII SMAN 1 dan SMAN 7 Kediri sebanyak 20 siswa serta tiga guru biologi SMAN 1 dan SMAN 7 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket analisis kebutuhan untuk siswa dan lembar panduan wawancara untuk guru biologi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari tiga guru yang menjadi responden keseluruhan menjawab membutuhkan pengembangan sumber belajar dan dari 20 siswa tentang jenis pengembangan sumber belajar, 80% siswa membutuhkan pengembangan seperti hand out/ rangkuman materi sebagai bahan ajar pada materi pewarisan sifat sehingga dengan demikian pengembangan dilakukan dengan membuat modul yang berisi rangkuman materi dan lembar kerja siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Serli Agustina, Sulistiono, Mumun Nurmilawati