PENGARUH CONTENT MARKETING, LABEL HALAL, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DAVIENA SKINCARE PADA PLATFORM TIKTOK SHOP

Authors

  • Sonia Ayu Fitriana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hermin Istiasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/47kqtd96

Keywords:

Content Marketing, Label Halal, Live Streaming, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing, label halal, dan live streaming terhadap keputusan pembelian produk Daviena skincare pada aplikasi TikTok Shop. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kausal. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Daviena skincare yang melakukan pembelian secara langsung melalui TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert, dan analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, ketiga variabel independen yaitu content marketing, label halal, dan live streaming memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu pula secara simultan, ketiga variabel tersebut terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Keterbaruan dalam penelitian ini terletak pada pengujian ketiga variabel secara bersamaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya terhadap merek Daviena skincare.

References

[1] ISTIASIH H. Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Income Anggota Dwp Upt Psda Ws Brantas Di Kediri. J Pengabdi Masy Nusant 2022;1:29–39. https://doi.org/10.29407/dimastara.v1i2.17985.

[2] Nur F, Safitra R. PENGARUH CONTENT MARKETING , ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi pada Konsumen TikTok Shop Mahasiswa Universitas Budi Luhur ) 2024;1:138–47.

[3] Indahlya A, Bachri S, Sutomo M, Dwiwijaya KA. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, ContentMarketing, Dan Electronic Word of Mouth TerhadapKeputusan Pembelian Di Tiktok Shop(Studi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). J Ris Ekon dan Manaj 2024;15:1–19.

[4] Wulandari A, Ratnanto S, Nurzainul Hakimah E, Nusantara PGRI Kediri U, Ahmad Dahlan No JK, Kediri K, et al. Pengaruh Digital Marketing, Harga, Dan Kualias Produk Dalam Keputusan Pembelian Produk Skintific. Simp. Manaj. dan Bisnis III, vol. 3, Kediri: Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri; 2024, hal. 791–802.

[5] Yunita I, Subiyantoro H. Pengaruh Live Streaming, Potongan Harga, Ulasan Produk dan Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa UBHI Prodi Pendidikan Ekonomi) 2024;3:858–73.

[6] Priya Zenita B, Restuti P. Kepercayaan Konsumen terhadap Produk Skincare Melalui Endorsement dari Influencer Muslim Purchasing Confidence in Skincare Products Through Endorsements from Muslim Influencers. EKOMABIS J Ekon Manaj Bisnis 2024;5:143–60.

[7] Atthahirah A, Agustini PM. Kepuasan Konsumen dan Reputasi Merek Terhadap Brand Loyalty Daviena Skincare Amienah Atthahirah , Prima Mulyasari Agustini Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial , Universitas Bakrie , Indonesia Kata Kunci : Behaviorisme , Kepuasan Konsumen , Reputasi Merek , B 2024;5.

[8] Indri Saputri S, Nurzainul Hakimah E, Sardanto R. PENGARUH FLASH SALE, CUSTOMER REVIEW, DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simp Manaj dan Bisnis I 2022:322–8.

[9] Anggraini AA, Hakimah EN. MENDONGKRAK PEMASARAN MELALUI CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER (Studi Pada Bisnis Busana Qomeshop Kota Kediri). Simp Manaj dan Bisnis I 2022:572–83.

[10] Diandra NMAP, Rahanatha GB. Pengaruh Content Marketing , Harga , dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian PENJUALAN BITTERSWET BY NAJLA BALI PADA E-COMMERCE TAHUN 2023 2024;20.

[11] Adilla P, Hendratmoko C. Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Semin Nas Pariwisata dan Kewirausahaan 2023;2:455–66. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.152.

[12] Rizqina Mardhotillah R, Putri EBP, Rasyid RA, Sahrin LA. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Account Manag J 2022;6:13–6. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2790.

[13] Anggraeni A, Muh.Sabir. ANALISIS PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCAREDI KOTA TIMIKA 2024;2:1–23.

[14] Elizabeth, Pradiptha NP, Setiono D, Putra DP, Putra RW. Pengaruh Komunikasi Pemasaran , Kualitas Produk , dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop Abstrak 2024;5:2548–60.

[15] Rahayu TSM, Resti H. Pengaruh Label Halal, Promosi Di Media Sosial, Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Di Cilacap. Deriv J Manaj 2023;17:64–76.

[16] Kurniasari ML, Zulistiani, Ratnanto S. PENGARUH LIVE STREAMING , FLASHSALE , CASHBACK PROMOTION 2024;3:440–9.

[17] Puspitaningrum IA, Kadi DCA. Pengaruh Fitur Live Streaming, Content Marketing, Dan Platform Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Ms Glow Kota Madiun). SIMBA Semin Inov Manajemen, Bisnis, dan Akunt 2023.

[18] Nuraini KD, Putra FIFS. Mengapa Para Netizen Memutuskan Pembelian Pada Produk Skincare Somethinc? Pengaruh Influencer, Live Streaming dan Program Flash Sale. J Manaj Sos Ekon 2024;4:26–37.

[19] Sahripah N, Barata FA. Pengaruh Influencer, Content Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop Pada Generasi Z Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Neraca Manaj 2024;6.

[20] Wati HN, Mukhroji. PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KESADARAN HALAL, KUALITAS PRODUK, LABEL HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LARUTAN CAP BADAK 2024;9.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Fitriana, S. A., Istiasih, H., & Ratnanto, S. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING, LABEL HALAL, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DAVIENA SKINCARE PADA PLATFORM TIKTOK SHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1215-1223. https://doi.org/10.29407/47kqtd96

Similar Articles

1-10 of 249

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5