ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH DI PLATFORM SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.29407/q4hs3139Keywords:
Electronic Word of Mouth, Brand Image, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-wom), brand image, dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik wardah di platform shopee. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan sampel 40 mahasiswa perempuan prodi manajemen angkatan 2021 Uiversitas Nusantara PGRI Kediri. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-wom, brand image, dan harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Ketiga variabel tersebut secara bersama-sama menjelaskan 84,4% varians keputusan pembelian. Kebaruan terletak pada fokus analisis terhadap pengaruh ketiga variabel tersebut secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di platform shopee yang spesifik, memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dibandingkan penelitian terdahulu yang umumnya hanya meneliti satu atau dua variabel secara terpisah.
References
[1] Rosita D, Novitaningtyas I. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS J Inov Bisnis dan Manaj Indones 2021;4:494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200.
[2] Studi P, Feb M, Kediri UNP. PENGARUH PROMOSI ONLINE , ULASAN PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO MADUMONGSO BU BINTI DI 2024;2:400–9.
[3] Atikah D, Rahma F, Socika Putri M, Hilmiyani S, Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau U. Analisis Harga Dan Kualitas Produk Kosmetik Wardah. J Ekon Manaj Dan Bisnis 2024;1:27–33.
[4] Hikmah A, Saryadi, Susanta Nugraha H. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Gudang Kosmetik Purwokerto. J Ilmu Adm Bisnis 2023;12:398–404.
[5] Zulfahmi A, Rayhan A, Ramanda Saputra A. Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention. J Kewirausahaan, Akunt Dan Manaj Tri Bisnis 2023;5:124–38. https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i2.284.
[6] ISTIASIH H. Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Income Anggota Dwp Upt Psda Ws Brantas Di Kediri. J Pengabdi Masy Nusant 2022;1:30. https://doi.org/10.29407/dimastara.v1i2.17985.
[7] Asih EM. Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. J Ekon Bisnis Antart 2024;2:73–9.
[8] Maharani TR, Alif Dartanala M, Maharani AD, Aisatou H, Jallow R. Keputusan Pembelian Pada Promo Tanggal Kembar Platform E-Commerce Shopee. Univ Negeri Surabaya 2022 | 2022;01:674–84.
[9] Azhari M, Sazali H. Eksistensi Produk Wardah Dalam Pemasaran Di Media Sosial. J Ilmu Komun UHO J Penelit Kaji Ilmu Komun dan Inf 2023;8:244–58. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.37.
[10] Safa’atin HN. Analisis Strategi Pemasaran Produk Lokal. J Econ Soc Sci 2024;12:46–50.
[11] Manajemen SN, Akuntasi E. PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING 2024:232–42.
[12] Satdiah A, Siska E, Indra N. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA J 2023;2:24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775.
[13] Abelista K. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Uma (Studi Kasus Konten Tagar Racun Tiktok). J Pemasar 2022;2:21.
[14] Ramadhan S cahya, Teddy Saputra IT. Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Konsumen Artfresh. Performa 2022;7:455–65. https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.2150.
[15] Salsabila S, Pradana M. Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc Di E-Commerce Shopee. e-Proceeding Manag 2023;10:2424–33.
[16] Puspitasari KA, Titik Desi Harsoyo. Pengaruh Label Halal, Electronic Word of Mouth Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Manaj Dewantara 2023;7:126–40. https://doi.org/10.30738/md.v7i3.15590.
[17] Liliana M. Pengaruh Brand Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Blibli.Com Di Jakarta. Manajemen 2023:27.
[18] Damayanti S. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri 2024:134–43.
[19] Damayanti S. Pengaruh kualitas pelayanan, harga,dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada bakso pak ndut kediri 1),2),3) 2024;3:1008–16.
[20] Nurmalasari D, Istiyanto B. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta. J Sinar Manaj 2021;8:42–9. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1434.
[21] Talumantak R. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Hours Coffee and More Jakarta. Hum Cap Dev 2023;10:1–10.
[22] Syahnita R. “Pengaruh Harga dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow” (Studi pada Masyarakat Profesional Konsumen Asa Beauty Ms Glow Kota Semarang). Modul Biokimia Mater Metab Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat 2021;13:6.
[23] Handayani N, Susanti R. Pengaruh Brand Image, Influencer Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Skincare Somethinc Di Surakarta). J Ekon Manaj Dan Bisnis 2024;2:214–26.
[24] Bahri S, Rosita E. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko Ridha Kota Langsa. J Bisnis dan Manaj 2024;2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agis Nurfadila, Hermin Istiasih, Susi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
