EVALUASI KINERJA LAYANAN LOGISTIK DENGAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) DALAM PENGELOLAAN DISTRIBUSI BARANG PADA JNT CARGO KEDIRI

Authors

  • Noval Adi Deswantoro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yafet Kristian Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Valentino Yudho Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farisal Malika Kusuma Wardana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/vef22011

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Layanan Logistik, Key Performance Indicator, JNT Cargo, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara komprehensif kinerja layanan logistik pada JNT Cargo Kediri dengan menggunakan metode Key Performance Indicator (KPI). Evaluasi difokuskan pada beberapa aspek utama kinerja logistik, termasuk kecepatan pengiriman, ketepatan pesanan, tingkat kerusakan barang, kepuasan pelanggan, dan efisiensi biaya. Dengan menggunakan kombinasi metode pengumpulan data seperti observasi langsung, wawancara dengan staf operasional, dan analisis dokumentasi perusahaan, studi ini memberikan gambaran mendalam tentang praktik logistik yang sedang berjalan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kekuatan—seperti ketepatan waktu pengiriman—dan juga beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, termasuk penanganan keluhan pelanggan dan efisiensi pengemasan. Penerapan KPI dalam konteks ini menawarkan kerangka evaluasi yang terstruktur dan terukur untuk mendorong perbaikan layanan secara berkelanjutan. Selain itu, studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur yang ada dengan menunjukkan bahwa KPI dapat diterapkan secara efektif pada penyedia layanan logistik lokal untuk meningkatkan kinerja operasional secara keseluruhan dan kepuasan pelanggan dalam pasar logistik yang kompetitif.

References

[1] Ban UDS, Sumarauw JSB. ISSN 2303-1174 Michelle R. Sutanto., J.S. B. Sumarauw. Evaluasi Kinerja Sistem … n.d.;2:588–96.

[2] Tolla MA, Kuntara MR, Lestari AI, Kunci K. Analisis Kinerja Logistik Jasa Layanan Perusahaan PT . Amaly Mitra Abadi Analysis of Logistics Performance of PT . Amaly Mitra Abadi Company Services Universitas Widya Nusantara Palu , Indonesia Artikel Penelitian kinerja PT . Amaly Mitra Abadi , yang mencakup evaluasi terhadap customer service , operational yang dilakukan melalui kuesioner ditujukan kepada obyek penelitian , yaitu sejumlah distributor mobil Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu 2025;8:1180–8. https://doi.org/10.56338/jks.v8i2.7027.

[3] Hal W, Jdm J, Sept VIN, Penyedia P, Jasa L, Jdm J, et al. Widiadibrata Hal . 87-97 2018;I:87–97.

[4] P DM, Primadi A, Tohir M. Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Logistik , Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Pengiriman Dalam Mendukung Efisiensi Biaya Logistik. Jurnal Pendidikan SIber Negara (JPSN) 2023;1:173–9.

[5] Hilmi RZ, Hurriyati R, Lisnawati. MODEL PENINGKATAN KINERJA SISTEM LOGISTIK YANG EFEKTIF DAN EFISIEN 2018;3:91–102.

[6] Ramadhan LF. Analisis Kinerja Picking dan Loading PT PZ Cussons Indonesia Menggunakan Metode KPI (Key Performance Indicator). Industrial Engineering Online Journal 2022:1–9.

[7] Cipta PT, Bisnis S, Wardatun A, Aranti N. Analisis Evaluasi Kualitas Layanan Logistik dan Analisis Risiko Berbasis ISO 31000 : 2018 pada Perusahaan Penyedia Layanan Logistik ( Studi Kasus : Unit Bisnis Freight Forwarding 2022;11.

[8] Ariani, Ulya M, Jakfar AA. Penentuan Dan Pembobotan Key Performance Indicator ( Kpi ) Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Produksi Keju Mozarella Di Cv . Brawijaya Dairy Industry. Agrointek 2017;11:27–36.

[9] Pengaruh A, Manajemen E, Dalam L, Pasokan P, Terhadap B, Barang P, et al. Analisis pengaruh evaluasi manajemen logistik dalam pengelolaan pasokan barang terhadap kinerja distribusi barang ke gerai alfamart 2017;IX:163–74.

[10] Purwahita ARMP, I Ketut Saskara, Ni Ketut Sutrisnawati. Implementasi Metode Key Performance Indicator (KPI) dalam Pengukuran Kinerja Receptionist Di Amadea Resort & Villa Seminyak. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata 2023;3:11–20. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i2.76.

[11] Mardani AI, Saptadi S. SISTEM EVALUASI KINERJA THIRD PARTY LOGISTICS ( 3PL ) PENGIRIMAN LOKAL PADA PT . STAR PAPER Abstrak n.d.:1–7.

[12] Parmenter D. Key Performance Indicators: Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. 3rd ed. 2015.

[13] Chopra S, Meindl P. Supply Chain Management. n.d.

[14] Sugiyono. Metode Penelitian kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. 2017.

[15] Alan W, Zeithaml V, Bitner M, Gremler D. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 2016.

[16] Azmi I, Abdul N, Hussin N. Logistics and supply chain management : The importance of integration for business processes 2017;5:73–80.

[17] Manajemen K, Terhadap L, Waktu K. Quality control 2022;7.

[18] Ticoalu SR. ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN BIAYA DENGAN PENERAPAN ACTIVITY BASED MANAGEMENT . ( Studi Pada Jasa Rawat Inap RSUD Kota Yogyakarta ) n.d.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Deswantoro, N. A., Kristian, Y., Yudho, V., Wardana, F. M. K., & Limantara, A. D. . (2025). EVALUASI KINERJA LAYANAN LOGISTIK DENGAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) DALAM PENGELOLAAN DISTRIBUSI BARANG PADA JNT CARGO KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1596-1601. https://doi.org/10.29407/vef22011

Similar Articles

1-10 of 325

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>