EVALUASI FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN SUPPLIER KOPI UNTUK MENJAGA PRODUK YANG SESUAI DENGAN STANDAR DIKEDAI KOPI OKUI MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTIC HERARCHY PROCESS)
DOI:
https://doi.org/10.29407/9azj4965Keywords:
Pemilihan Supplier, AHP (Analytic Hierarchy Process), Kualitas Kopi, Kedai Kopi OKUIAbstract
Seiring meningkatnya persaingan dalam bisnis kedai kopi, menjaga konsistensi mutu produk menjadi faktor krusial untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor utama dalam pemilihan supplier kopi di Kedai Kopi OKUI menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) guna memastikan kualitas produk sesuai standar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan wawancara dengan pihak internal kedai kopi yang kompeten. Tiga kriteria utama yang dievaluasi adalah Kualitas Biji Kopi, Harga, dan Ketepatan Waktu Pengiriman. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa Kualitas Biji Kopi merupakan kriteria dengan prioritas tertinggi (0.637), diikuti oleh Ketepatan Waktu Pengiriman (0.260), dan Harga (0.103). Berdasarkan sintesis global, PT Crema Bali Indonesia terpilih sebagai supplier terbaik dengan skor akhir 77.7%, mengungguli Supplier Homestay (22.3%). Keunggulan PT Crema Bali Indonesia pada kriteria kualitas dan ketepatan waktu menjadi penentu utama, yang sejalan dengan strategi Kedai Kopi OKUI untuk lebih memprioritaskan mutu produk daripada harga rendah.
References
[1] Sari Ramadhan P, Fahmi Ginting E, Studi Sistem Informasi P, Triguna Dharma S. Menentukan Biji Kopi Berkualitas Menggunakan Metode Preference Selection Index (PSI). J Sist Inf TGD 2022;1:644–54.
[2] Sistem J, Handoko D, Syarifuddin A, Febriyanti E, Teknologi I, Bisnis D, et al. SISTEM CERDAS PENENTUAN BIJI KOPI ROBUSTA TERBAIK BERBASIS AHP PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA JS FAMILY SIMPANG KANAN SUMBEREJO TANGGAMUS, LAMPUNG. Vol. 5. 2022.
[3] Syahputra A, Diana A, Achadiani D. PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER TOKO BERAS. Vol. 7. 2024.
[4] Saputra AF, Novita I. SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA XY COFFEE AND ROASTERY. Vol. 4. 2021.
[5] Andhika R, Ersakta M, Ariesta A, Santoso Y, Sutrisno J. 2nd Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 21 Maret 2023, Jakarta, Vol. 2. 2023.
[6] Kurniawan WM, Hastuti K. PENENTUAN KUALITAS BIJI KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PERKEBUNAN KOPI LERENG GUNUNG KELIR JAMBU SEMARANG). J SIMETRIS 2017;8.
[7] Perjuangan Missi Hikmatyar U, Perjuangan Yusuf Sumaryana U, Perjuangan Jl Peta No U, Tawang K, Barat J. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER KOPI TERBAIK KEDAI KOPI SAKA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Setiadji. JINU) 2025;2:571–81. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3892.
[8] Serran YM, Lumanauw B, Ogi IWJ. ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH CAFÉ KOPI DI KOTA MANADO MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (STUDI KASUS: BAGATE COFFEE, NGOPIJO, DAN RUSTY COFFEE AND EATERY) CONSUMERS’ PREFERENCE ANALYSIS IN CHOOSING COFFEE CAFÉ IN MANADO CITY USING AHP METHOD (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (CASE STUDY: BAGATE COFFEE, NGOPIJO, DAN RUSTY COFFEE AND EATERY) Oleh. Vol. 12. 2024.
[9] Yulianto K. Analisis Pemilihan Coffee Shop Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). n.d. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i4.3660.
[10] Wahyu B, Legowo D, Fitria L. Usulan Pemilihan Supplier Kopi Menggunakan Interpretive Structural Modeling (ISM) dan Analytical Network Process (ANP) pada Mokopi Cimindi. n.d.
[11] Fajriyah NI, Anggraeni S, Friliani RA, Fathoni MY. Pemilihan Supplier Gula Aren di Industri Kecap “Riboet” menggunakan Metode Analysis Hierarchy Process 2022;7.
[12] Abidin M, Tamin R, Khairat U. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN BIJI KOPI BERKUALITAS DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP). J Peqguruang Conf Ser 2024;6:743. https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.1484.
[13] Zachari D, Bintang Hadi Negara T, Refiyan A, Darmawan N. OPTIMALISASI MANAJEMEN BIJI KOPI PADA COFFEE SHOP DENGAN FUZZY AHP. Vol. 9. 2025.
[14] Adawiyah Y, Sakinah SZ, Fa’iq Asyam M, Fadhilah Isnaini A, Industri M, Vokasi S. Pengambilan Keputusan Penentuan Supplier Berbasis Pada Pengendalian Pasokan Akhir Menggunakan Logika Fuzzy Di IKM Kelana Roastery. Abdurrahman Fadhilah Isnaini, n.d., 5.
[15] PEMILIHAN SUPLIER BAHAN BAKU KOPI ARABIKA DENGAN SUPPLY CHAIN. n.d.
[16] Noer I, Handayani S. JARINGAN RANTAI PASOK KOPI BIJI. J Penelit Pertan Terap 2023;23:262–71. https://doi.org/10.25181/jppt.v23i2.2762.
[17] Septia Verona L, Al Mughni F, Fawazia G, Anwar T. Systematic Literature Review: Metode Forecasting Komoditas Biji Kopi dalam Supply Chain Management. Vol. 4. 2024.
[18] Simbolon B, Pakpahan K, Mz S. KAJIAN PEMANFAATAN BIJI KOPI (ARABIKA) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BIODIESEL. Vol. 2. 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andriansyah Wahyu Ramadhani, Sindy Jesika Sari, Dyah Ayu Widiastuti, Ardha Aditya Andara Putra, Arthur Daniel Limantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
