PENGARUH DESAIN, BRAND AMBASSADOR JKT48, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP LOYALITAS ERIGO
DOI:
https://doi.org/10.29407/mkbn8z87Keywords:
Loyalitas Pelanggan, Desain Produk, Brand Ambassador JKT48, Social Media Marketing, ErigoAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan di tengah persaingan industri fashion lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami desain produk, brand ambassador JKT48, dan social media marketing memengaruhi loyalitas pelanggan produk Erigo di kalangan penggemar JKT48 di Nganjuk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik asosiatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 40 responden yang telah membeli produk kolaborasi Erigo dan JKT48 lebih dari satu kali. Analisis dilakukan dengan uji asumsi, regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa desain produk tidak berpengaruh signifikan, namun brand ambassador JKT48 dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, serta ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.
References
[1] Dream.co.id. Survei: Gen Z Lebih Suka Belanja Pakaian Formal Dibanding Milenial. DreamCoId 2023.
[2] Purnomo HSF. Marketing Efforts Through Social Media On Brand Equity And Consumer Behavior. Int J Econ Lit 2024;2:3092–102.
[3] Hidayah FN. Merek Fesyen Lokal yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia Versi Goodstats. Goodstats 2023.
[4] Sofia S, Mufti D, Syahabuddin. Pengaruh citra merek dan desain produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk celcius kota sorong. Jurna Ilm Ilmu Manaj Dan Kewirausahaan 2024;4:241–9. https://doi.org/10.46306/vls.v4i2.
[5] Soejoko, Dodi Kusuma Hadi; Purnomo H. Hukum Bisnis. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.
[6] Kotler P, Keller KL. manajemen pemasaran. 12 jilid 2. Jakarta: PT. Indeks; 2018.
[7] Purnomo H. Manajemen Logistik Dan Rantai Pasokan. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.
[8] Sihombing rianti oktavia. Pengaruh Social Media Marketing Dan Customer Engagement Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus Pada Arta Pack Pekanbaru ) Skripsi Oleh : Rianti Oktavia Sihombing Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Pengaruh. Universitas Medan Area, 2023.
[9] Santoso E, Hakimah EN, Ratnanto S. Produk Untuk Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas ( Studi Kasus Usaha Tahu Bapak Matnuri ). Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt Fak Ekon Dan Bisnis UNP Kediri 2023:1–10.
[10] Lestari RP, Subagyo S, Purnomo H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Laundry. Simp. Manaj. dan Bisnis II, vol. 2, Kediri: Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri; 2023, p. 935–45.
[11] Marisca RPR, Kusumaningtyas D, Paramitha DA. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada umkm “baksokuy.id” di kabupaten tulungagung 1),2),3). Simp Manaj Dan Bisnis III 2024;3:192–202.
[12] Nadiya D, Fauztina D, Diana KD, Permana E. Analisis Strategi Pemasaran Produk Erigo. Innov J Soc Sci Res 2023;3:13738–51.
[13] Sari AN, Soedjoko DKH. Komunikasi pemasaran, desain produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk sumber rejeki kediri 1),2). Simp Manaj Dan Bisnis II 2024;3:855–63.
[14] Rahmawati LO, Hariyani DS, Fatmala IA. Pengaruh Brand Ambassador, Kesadaran Merek, Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Citra Merek Pada Erigo Di Indonesia. J Pro Bisnis 2022;15:149–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35671/probisnis.v15i2.2106.
[15] Dewi nuning nurna. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. J Syntax Fusion 2021;1:627–38. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i10.87.
[16] Yuliana DT, Istiyanto B. Pengaruh Kepercayaan Merek, Desain Produk Dan Fanatisme Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Casual Adidas Pada Gen Di Solo Raya. J Ilm Ekon Dan Manaj 2024;2:7–20. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.884.
[17] Candra E, Sunaryanto K. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan. Bus Invest Rev 2023;1:109–17.
[18] Ponto CRI, Kalangi JAF, Aseloei S. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Garnier Pada Mahasiswa S1 Universitas Sam Ratulangi. Productivity 2023;4:684–90. https://doi.org/2723-0112.
[19] Ermalia AAU. IDN Media Tampil Bersama JKT 48 di Asia Pacific Media Forum 2022. Idntimes 2022.
[20] Exswanda DDY, Fauji DAS, Purnomo H. Nct dream sebagai brand ambassador mempengaruhi keputusan pembelian mie lemonilo melalui brand image. Simp Manaj Dan Bisnis II 2024:447–57.
[21] Maulida CN, Kamila AD. Pengaruh K-Pop Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen. Kinesik 2021;8:137–45. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.154.
[22] Hidayahtuhllah DP, Asteria B. Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Ambassador dan E-WOM Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Aplikasi Shoope 2024;09:17–30.
[23] Kotler P, Keller KL. Marketing Management. 15th ed. Global Edition e15. England : Pearson Education Limited; 2016.
[24] Sutrisno. Pengaruh Social media marketing dan customer brand engagement dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan. Ilmu Ekon Manaj Dan Akunt 2024;5:223–33. https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2180.
[25] Pradana W, Aditya D. Pengaruh Social Media Marketing dan E-Lifestyle Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Layanan Streaming Video on Demand Berbayar dengan Perceived Behavioral Control Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Aplikasi Layanan Video Berbayar di Surabaya 2023:1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Ayu Susetyanti, Hery Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
