PENGARUH FITUR LIVE STREAMING, REVIEW PRODUCT, DAN KETERSEDIAAN CASH ON DELIVERY SERVICE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP

Authors

  • Kezya Yunias Eliata Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ba58dy45

Keywords:

Live streaming, Review product, Cash On Delivery, E-Commerce, TikTok Shop

Abstract

Perkembangan e-commerce yang semakin intensif mendorong platform media sosial seperti TikTok untuk terus maju dengan meluncurkan fitur belanja online melalui TikTok Shop. Riset ini berupaya mengetahui dan meneliti bagaimana minat konsumen dalam melakukan pembelian di toko TikTok  daring dipengaruhi oleh fitur live streaming, review product, dan ketersediaan cash on delivery service. Masyarakat di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berusia antara 18 dan 34 tahun dan pernah berbisnis di TikTok Shop merupakan demografi riset ini. Strategi pengambilan sampel yang dipakai pada riset ini ialah purposive sampling, dan hanya masyarakat berusia antara 18 dan 34 tahun yang dimasukkan dalam pengumpulan data. Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis merupakan teknik analisis yang dipakai pada riset ini, yang dilakukan dengan memakai SPSS 23. Temuan riset menunjukkan bahwa live streaming secara signifikan memengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian, seperti halnya review product dan layanan COD. Sementara itu, minat konsumen untuk melakukan pembelian sangat dipengaruhi oleh live streaming, review product, dan ketersediaan cash on delivery service.

References

[1] Pratiwi AB, Wihara DS, Djoko E. Analisis Penggunaan Media Sosial, Potongan Harga, Dan Pelayanan Prima Terhadap Keputusan Pembelian Toko RCK. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akunt 2022 2022;7:469–73.

[2] Harahap MG, Krahara YD, Polimpung LJC, Hasanah, Ramadhi, Fikriando E, et al. PERILAKU KONSUMEN Teori dan Praktik. 2024.

[3] Wirawan AD, Soeprajitno ED, Meilina R. Pengaruh media sosial, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko legian nursery 1),2),3). Simp Manaj dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2023;2:1566–74.

[4] Kusumaningtyas D, Ernestivita G. E-Commerce: Berada Diantara Pilihan Masa Depan atau Kembali ke Masa Lalu? (Studi pada Cashback Promo Tokopedia). J Penelit Teor Terap Akunt 2020;5:51–64. https://doi.org/10.51289/peta.v5i1.418.

[5] Hasibuan M, Pane S, Siregar RA, Silalahi PR. Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. J Ilm Mhs Manajemen, Bisnis dan Akunt 2023;5:87–93. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i1.254.

[6] Dataindonesia.id. Daftar Negara dengan Pengguna TikTok Terbesar 2025. https://www.instagram.com/dataindonesia_id/.

[7] Sari HP. TikTok Shop Ditutup, Menkominfo: Kebijakan Sudah Jelas, Pemisahan Media Sosial dan “E-commerce” 2023. https://money.kompas.com/read/2023/10/04/151000426/tiktok-shop-ditutup-menkominfo-kebijakan-sudah-jelas-pemisahan-media-sosial.%0A.

[8] Wiyono SH, Kusumaningtyas D, Bian Raharjo I. Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, Dan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:497–505.

[9] SHELEMO AA. No Titleیلیب. Nucl Phys 2023;13:104–16.

[10] Raharjo IBDKHSMZS. Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restaurant Di Kediri 2021;2:3–7.

[11] Andriani A, Haryanto J. Pengaruh Metode Pembayaran Cash on Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop di Kota Depok. J Adm Bisnis 2023;3:10.

[12] Fabia Duarte. Usia Pengguna TikTok, Jenis Kelamin, & Demografi (2025) 2025. https://explodingtopics.com/blog/tiktok-demographicshttps://explodingtopics.com/blog/tiktok-demographics.

[13] Faradiba B, Syarifuddin M. Covid-19: Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Econ J Ekon dan Bisnis 2021;4:1–9. https://doi.org/10.31850/economos.v4i1.775.

[14] Pratiwi HI. Pengaruh Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Warga Surabaya Timur) 2021.

[15] Lackermair G, Kailer D, Kanmaz K. Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Adv Econ Bus 2013;1:1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101.

[16] Maulinda R. min 2024.

[17] Halaweh M. Intention to adopt the cash on delivery (COD) payment model for E-commerce transactions: An empirical study. Lect Notes Comput Sci (including Subser Lect Notes Artif Intell Lect Notes Bioinformatics) 2017;10244 LNCS:628–37. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59105-6_54.

[18] Sinta Yuli Nurmalinda, Ridwan Fadilah, Dheri Febiyani Lestari, Herdiyanti UEJ. Pengaruh metode pembayaran cod terhadap minat beli konsumen pada tiktokshop 2024;2024:1177–84.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Eliata , K. Y. ., Soeprajitno, E. D., & Raharjo, I. B. (2025). PENGARUH FITUR LIVE STREAMING, REVIEW PRODUCT, DAN KETERSEDIAAN CASH ON DELIVERY SERVICE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 223-230. https://doi.org/10.29407/ba58dy45

Similar Articles

1-10 of 101

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>