PREFERENSI KONSUMEN MUDA PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Authors

  • Merry Andani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hermin Istiasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/te4k6v72

Keywords:

Preferensi, Konsumen, Marketplace

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang membentuk preferensi konsumen muda pada Marketplace Shopee. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang preferensi konsumen muda terhadap Marketplace Shopee. Pendekatan kualitatif dipilih karena fokus pada deskripsi mendalam mengenai bagaimana konsumen muda berinteraksi dengan platform tersebut, tanpa menggeneralisasi hasil. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti terhadap responden, diketahui bahwa menurut informan Shopee memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau, informan juga menyukai kemudahan berbelanja yang di mana Shopee memiliki pelayanan dan kualitas produk yang berbeda dengan marketplace lain. Kesimpulan dari wawancara menunjukkan bahwa informan menyatakan empat dari lima dimensi pada preferensi konsumen yang merupakan faktor pembentuk preferensi konsumen muda dalam perilaku pembelian di Marketplace Shopee pada mahasiswa Nusantara PGRI Kediri dengan rentang usia 20-24 tahun.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Andani, M., Istiasih, H., & Damayanti, S. (2024). PREFERENSI KONSUMEN MUDA PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 370-379. https://doi.org/10.29407/te4k6v72

Similar Articles

1-10 of 203

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>