PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO EMAS CAHAYA BARU PAGU
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Emas Cahaya Baru Pagu. Data diperoleh dari hasil sebar kuesioner terhadap 30 pelanggan. Dalam pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal. Hasil penelitian menjelaskan nilai linier berganda sebesar 15.776, koefisien regresi variabel kualitas layanan (X1) 0.067 atau 6,7% dan koefisien regresi variabel promosi (X2) 0,213. atau 21,3%. Nilai parsial kualitas layanan sebesar 0,343 > 0,05 dan Nilai parsial promosi sebesar 0.021 < 0,05. Hasil uji secara simultan antara variabel kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 dan F hitung < F tabel sebesar 3,932 > 2,92. Demikian disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara parsial promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Emas Cahaya Baru Pagu. Sedangkan secara simultan kualitas layanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Diharapkan Toko Emas Cahaya Baru Pagu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi agar meningkatkan keputusan pembelian.