ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY BERDASARKAN PROMOSI, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI KEDIRI)

Authors

  • Riska Andana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Basthoumi Muslih Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Promosi, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Keputusan Penggunaan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik assosiatif. Penentuan sampel sebanyak 40 respondern dengan terori Roscoe dan menggunakan teknik Sampling Purposive dengan kriteria, mahasiswa UNP Kediri yang pernah menggunakan ShopeePay dan minimal 2 kali transaksi. Hasil uji instrumen pada penelitian ini yaitu valid dan reliabel. Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan seperti analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisian determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS for windows versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay.  Saran bagi perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan faktor promosi, persepsi kemanfaatan dan kemudahan pada ShopeePay. Dan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang belum peneliti lakukan seperti variabel kepercayaan, keamanan, dan kepuasan.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Andana, R., & Muslih, B. (2023). ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY BERDASARKAN PROMOSI, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI KEDIRI). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 594–604. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3227