PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN E-TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE
(Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Keywords:
Online Customer Review, E-Trust, Keputusan PembelianAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan trend berbelanja online melalui marketpace sebagai lifestyle masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa. Dilansir dari katadata.co.id Shopee menduduki peringkat kedua sebagai marketplace dengan perolehan angka sebesar 134,4 juta kunjungan website bulanan tertinggi di Indonesia (kuartal III 2021). Walaupun demikian, disisi lain berbelanja online melalui marketplace memiliki potensi yang dapat merugikan pembeli. Adanya ketidaksesuaian online customer review dan ketidakmampuan pembeli untuk kontak langsung dengan seller sehingga barang yang hendak dibeli hanya bisa dilihat dengan description product dan katalog atau gambar mengurangi e-trust dalam melakukan keputusan pembelian. Mengetahui dan menganalisis pengaruh online customer review dan e-trust terhadap keputusan pembelian melalui Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri adalah tujuan dilaksanakanya penelitian. Dengan mengimplementasikan pendekatan kuantitatif, teknik kausalitas. Purposive sampling digunakan sebagai pengambilan sampel sebanyak 221 responden, analisis regresi berganda dipertimbangkan pengujian asumsi klasik mengaplikasikan SPSS. Hasilnya online customer review dan e-trust teridentifikasi signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri secara individual (parsial) dan bersamaan (simultan).