PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI. DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Khasus Pada Kedai Ayam Geprek "Takhasiena" Kecamatan Kertosono-Kabupaten Nganjuk)
pdf

Keywords

KUALITAS PRODUK
PROMOSI
STORE ATMOSPHERE

How to Cite

Setyani, A. D., Aliami, S., & Hakimah, E. N. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI. DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Khasus Pada Kedai Ayam Geprek "Takhasiena" Kecamatan Kertosono-Kabupaten Nganjuk). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 464–470. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/861

Abstract

This research is motivated by the level of competition in the food culinary business world which is now increasingly mushrooming. All places to eat have their own uniqueness and characteristics. These restaurants are competing to innovate and create different advantages. These advantages can be seen from the food and drinks served, affordable prices, comfortable location and atmosphere or can also be provided from supporting things such as live music and hotspots. This study aims to determine the effect of product quality, promotion and store atmosphere on the “Takhasiena” geprek chicken shop in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency. The data used in this study is primary data obtained through questionnaires distributed to consumers at the geprek chicken shop "Takhasiena" in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency. The population in this study were all consumers of the geprek chicken shop "Takhasiena" who had made purchases and visited according to the research criteria. The sample used is 60 respondents. The test equipment used in this study is the classical assumption test, multiple linear regression test, determination test, and hypothesis testing assisted by SPSS version 25. The conclusions from this study are (1) There is a partially significant effect between product quality on purchasing decisions at the geprek chicken shop "Takhasiena" in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency. (2) There is a partially significant effect between promotion and purchasing decisions at the geprek chicken shop "Takhasiena" in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency. (3) There is a partially significant effect between store atmosphere on purchasing decisions at Kedai Ayam Geprek "Takhasiena" in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency (4) There is a simultaneous significant influence between product quality, promotion, and store atmosphere on purchasing decisions at the geprek chicken shop "Takhasiena" in Pandantoyo Village, Kertosono District, Nganjuk Regency.

Keywords: Product Quality, Promotion, Store Atmosphere, Purchase Decision

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat persaingan dunia bisnis kuliner makanan yang kini semakin menjamur. Semua tempat makan mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing. Tempat makan tersebut berlomba-lomba untuk berinovasi dan menciptakan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan tersebut dilihat dari makanan dan minuman yang disajikan, harga yang terjangkau, lokasi dan suasana tempat yang nyaman atau juga dapat dari hal-hal pendukung yang diberikan seperti live music dan hotspot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan store atmosphere terhadap Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen pada Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen Kedai ayam geprek “Takhasiena” yang telah melakukan pembelian dan berkunjung sesuai dengan kriteria penelitian. Sampel yang digunakan berjumlah 60 responden. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji determinasi, dan uji hipotesis dibantu dengan SPSS versi 25. Hasil kesimpulan dari penelitian ini ialah (1) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parisial antara promosi dan keputusan pembelian pada Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk (4) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas produk, promosi, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Kedai ayam geprek “Takhasiena” di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

pdf

References

Agung, Meiyanto S., (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, & Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, (Studi Kasus Kafe Salwa House Sirojudin Tembalang Undip Semarang). E-Journal Undip. (Edisi 9). Semarang, Undip.

Kloter & Amstrong. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Prentice Hall, New Jersey

Schiffman dan Kanuk, 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: PT. Indeks Gramedia

[ Alma, Buchori. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung

Isnandari, A., & Sunarti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 104–111. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran (W. Maulana, Adi & Hardani (ed.); 13 Jilid 1). Jakarta. PENERBIT ERLANGGA.

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (Y. S. Maulana, Adi; Hayati (ed.); 13 Jilid 2). Jakarta. PENERBIT ERLANGGA.

Suarniki, N. N. (2018). Manajemen Pemasaran (A. Sanosra (ed.)). Surabaya. PT. MUARA KARYA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.).Bandung.ALFABETA

Sutisna. (2020). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran (M. F. Rakhmat (ed.)). Bandung.