Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara lingkungan kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kediri.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat kausal dengan kuisioner sebagai pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini para pegawai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kediri yang berjumlah 30 pegawai. Sampel yang digunakan yaitu seluruh pegawai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kediri berjumlah 30 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analaisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 25.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara lingkungan kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kediri.
References
(1) Arda, M. (2017) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Putri Hijau Medan’, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), pp. 45–60.
(2) Changgriawan, G. S. (2017) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Di One Way Production’, Agora, 5(3).
(3) Hanafi, B. D. And Yohana, C. (2017) ‘Pengaruh Motivasi, dan Lingkungan Kerja, terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi Pada PT Bnilifeinsurance’, JurnalPendidikanEkonomidanBisnis, 5(1), pp. 73–89.
(4) Kaswan (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
(5) Mamesah, Andrew M.C. Kawet, L. and Lengkong, V. P. K. (2016) ‘Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada LPP RRI Manado’, Jurnal EMBA, 4(3), pp. 600–611.
(6) Mathis (2011) Manajemen Sumber Daya Manusia. kelima. Bandung: Bina Aksara.
(7) Moehariono (2012) Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
(8) Muis, M. R., Jufrizen, J. and Fahmi, M. (2018) ‘Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan’, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 1(1), pp. 9–25.
(9) Nadapdap, K. (2017) ‘Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Permata Sari’, Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), pp. 1–9.
(10) Novita, Sunuharjo, B. S. and Ruhana, I. (2016) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan, Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 34(1), pp. 38–46.
(11) Saputra, A. T., Bagia, I. W. and Yulianthini, N. N. (2016) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan’, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4, pp. 1–8.
(12) Sumantri, B. A. and Permana, E. P. (2017) ‘Optimalisasi Human Capasity Empowering Untuk Meningkatkan Eksistensi Sentra UKM Tenun Ikat Khas Kediri Berbasi Data Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention’, Social Science and Business, 1(3), pp. 153–165.
(13) Suparyadi (2015) Manajemen Sumber Daya Manusia, Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Jakarta: Andi.
(14) Surjosuseno, D. (2016) ‘Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi Ud Pabrik Ada Plastic’, AGORA, 3(2), pp. 175–179.