Abstract
Riset ini mengkaji pengaruh duta merek dan daya pikat promosi terhadap pilihan konsumen dalam membeli produk mie instan Lemonilo, dengan mempertimbangkan citra merek sebagai faktor perantara. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam studi ini, dengan target populasi yaitu masyarakat umum atau pengikut NCT Dream di wilayah Kota Kediri. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa duta merek dan daya pikat promosi memberikan dampak positif terhadap citra merek. Lebih lanjut, citra merek juga terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang mengandalkan duta merek dan promosi yang memikat dapat memberikan efek positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk. Untuk penelitian mendatang, disarankan untuk menggunakan model analisis yang lebih kompleks seperti Model Persamaan Struktural (SEM).
References
Gunawati Y, Handoko T, Widodo ZD. Pengaruh Iklan Media Elektronik, Brand Ambassador dan, Brand Image Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Konsumen Mie Lemonilo di Kota Surakarta). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 2022;7:223–49.
Shilfiyo, Rumyeni. Pengaruh Content Marketing Shopee Afiliasi melalui Media Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 2022.
Fatharany Kamilla W, Kayani D, Bestari P. Pengaruh Popularitas Nct Dream sebagai Brand Ambassador dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). 2022.
Al Hamid N. Pengaruh Girl Group Twice sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Mediasi Brand Image. Jurnal Riset Teknologi 2024;7:101–13.
Nangoy CL, Tumbuan WJFA. THE EFFECT OF ADVERTISING AND SALES PROMOTION ON CONSUMER BUYING DECISION OF INDOVISION TV CABLE PROVIDER ANALISIS PENGARUH IKLAN DAN SALES PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DARI PENYEDIA TV KABEL INDOVISION. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2018;6:1228–37.
Nangoy CL, Tumbuan WJFA, Program M. THE EFFECT OF ADVERTISING AND SALES PROMOTION ON CONSUMER BUYING DECISION OF INDOVISION TV CABLE PROVIDER. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi n.d.;6:1228–37. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20179.
Dhaefina Z, Nur MA, Sanjaya VF, Artikel I. PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND IMAGE, DAN TESTIMONI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MIE INSTAN LEMONILO PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. vol. 7. 2021.
Wijaya IGB, Dewi NNDR. Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli mie Lemonilo di Kota Mataram. SOROT 2022;17:59. https://doi.org/10.31258/sorot.17.1.59-68.
Arum A, Wardani K, Istiyanto B. PERAN BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ( STUDI KASUS CO-BRANDING SAMSUNG X BTS ). vol. 06. 2022.
Purwati A, Cahyanti MM. Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 2022;11:32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526.
Hakimah SN, Hartono B. Pengaruh Brand Ambassador Aktor Korea Terhadap Brand Image Produk Scarlett(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Tidar). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS) 2022;3:49–55.
Chofiyatun SN. PEGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND IMAGEE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pada Mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen ) Siti Nur Chofiyatun S1 Manajemen , STIE Putra Bangsa Kebumen Jl . Rongowarsito No 18 Pej. 2020.
Hamid N Al, Rumyeni R. Pengaruh Girl Group Twice sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Mediasi Brand Image. Jurnal Riset Komunikasi 2024;7:101–13. https://doi.org/10.38194/jurkom.v7i1.954.
Yehezkiel EW, Ellitan L, Erwita MA. Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA 2023;12:98–108. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i2.5225.
Putri MO, Sabardini E, Tinggi S, Manajemen I, Yogyakarta -Indonesia Y. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Kasus Produk Skincare Whitelab Pada Masyarakat Di Yogyakarta). vol. 4. 2023.
Putri MO, Sabardini SE. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Kasus Produk Skincare Whitelab Pada Masyarakat Di Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis 2023;4:1–10.
Ekonomi F, Erna D, Rachma YN, Hufron M, Manajemen P, Bisnis D. e-jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. 2019.