Aplikasi Terapi Musik JJ TikTok: Inovasi Membangun Percaya Diri Gen Z di SMPN 1 Semen Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/brnw4m57Keywords:
Terapi musik, JJ TikTok, Percaya Diri, Kreativitas, Generasi ZAbstract
Generasi Z, yang sangat akrab dengan teknologi digital dan media sosial seperti TikTok, sering dihadapkan pada tantangan terkait rasa percaya diri, ekspresi diri, dan kreativitas dalam interaksi sosial di dunia nyata. Proposal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini mengusulkan "Aplikasi Terapi Musik dengan JJ TikTok" sebagai intervensi inovatif untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa SMPN 1 Semen Kediri. Terapi musik merupakan intervensi psikososial non-farmakologis yang terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi kecemasan, serta memperkuat rasa percaya diri dan kreativitas individu. Ketika dikombinasikan dengan joget-joget (JJ) TikTok, yang merupakan aktivitas menari ringan populer di kalangan Gen Z, pendekatan ini menjadi lebih efektif, interaktif, dan dekat dengan dunia remaja. Program ini bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa, sekaligus meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap
kepercayaan diri remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi.
Azman, M. A. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap
kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau angkatan
2021 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sultan
Syarif Kasim Riau.
Harahap, R. N. (2023). Hubungan media sosial TikTok dengan kepercayaan
diri siswa SMP Negeri 2 Bukittinggi (Skripsi tidak diterbitkan). UIN
Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022, Februari 1). Terapi
Musik - Direktorat Jenderal Kesehatan Lanjutan. Diakses pada 4 Juni
2025, dari https://www.kemkes.go.id/
Raja, R. S. U., Wahyuningtyas, T., & Widyawati, I. W. (2023). Pengaruh
TikTok terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada mata pelajaran
Seni Budaya di SMP Negeri 16 Malang. JoLLA: Journal of Language,
Literature, and Arts.
Rizkiani, F., & Tamburian, H. H. D. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi
TikTok terhadap kreativitas murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di
masa pandemi. Kiwari: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Sari, R. P. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap
kreativitas siswa SMA Muhammadiyah KP PON. Jurnal Didaktik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aina Lailiqa Biqaqi Suwoto, Endah Tri Wijayanti, Natasya Ameliana Maharani, Andini Fahiza Zahrohmah, Berlinia Putri Dwi A

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
