Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 32 Makassar

Authors

  • Nurhidayatullah D STKIP Andi Matappa
  • Ratna Wulandari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Zulfianah Sunusi STAIN Majene

Keywords:

mind mapping, layanan bimbingan belajar, motivasi belajar siswa

Abstract

The research issue is how learning guidance services with mind mapping techniques impact on increased student learning motivation. The objective of this study is to know: (1) an overview of the student’s low learning motivation; (2) an Overview of how learning guidance services with mind mapping techniques are implemented to address the students’ low learning Motivation. Students of the 8th grade at the State High School 32 Makassar are research subjects. Twenty respondents were divided into two groups: the experimental group and the control group.Interviews and lifts are used to collect data. Furthermore, it was found that (1) Observation results showed that approximately 45% of learners had performed bolos more than five times. Thus, it can be concluded that students have a low learning motivation. In addition, the learning guidance services with mind mapping methods are carried out in accordance with the five-step procedures that have been planned. This procedure is applied to students of classes VIIIA and VIIIB in the State High School of 32 Makassar.

References

D, N., & Salmiati, S. (2022). Penerapan Teknik Acting Opposite Untuk Meningkatkan Emosi Positif Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. J-Bkpi: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan, 31-43.

D, N., Erwan, & Wahid, A. (2021). Implementasi Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. Proficio, 44-52.

D, N., Salmiati, & Razak, F. (2022). Penerapan Teknik Asertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Konformitas Negatif Siswa Di Sma Negeri 12 Makassar. celebes education review.

D, N., & AR, N. H. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kebiasaan Terlambat Siswa. Jurnal ilmiah penelitian dan penerapannya.

D, N & Arifin. 2023. Penerapan Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif dan Empati Siswa SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal J-BKPI, Volume 03 No.01 Tahun 2023| p-ISSN:2797-295X |42

Erica. 2016. Hubungan dan Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Siswa pada SMA Kafah Unggul Tanggerang. Ejournal. Program studi menejemen informatika AIMK BSI jakarta, (Online). (http://ejurnal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakra wala/article.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Ssiswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182

Margawati, M., D, N., & Salmiati, S. (2022). Penerapan teknik guided imagery untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. cakrawala ilmiah mahasiswa, 63-68.

Nurhayati, N. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Belajar Melalui Symbolik Modeling Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. UIN Raden Intan Lampung.

Rahma, A. A., & Arista, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan lks terhadap prestasi belajar siswa. Musamus Journal of Science Education, 1(2), 53–59.

Ramadhani, F. N., D, N., & Wahid, A. (2022). Penerapan teknik self regulation learning untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. cakrawala ilmiah mahasiswa, 45-60.

Sadirman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Syafi’i. & Rodiyah.. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Sisiwa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan. Volome. 2, No. 2. (Juli. 2018), h, 117-119 S

Suryabrata. 2003. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta. Tohirin. 2006. Bimbingan Dan K

Yuli. (2019). Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa Smpn 6 Palangka Raya. Universitas Palangka Raya.

Yusuf, & Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nurhidayatullah D, Ratna Wulandari, & Zulfianah Sunusi. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 32 Makassar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 939–946. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3773

Issue

Section

Articles