Gaya Bahasa Retorika Iklan Makanan Pada Media Sosial Instagram

Authors

  • Oktavia Nur Aisyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sempu Dwi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nur Lailiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Gaya bahasa retorika, iklan makanan

Abstract

Proses sosialisasi saat ini tidak hanya dilakukan melalui tatap muka, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 masyarakat tidak bebas bepergian sehingga transaksi jual beli atau penawaran barang lebih banyak dilakukan secara online. Salah satunya memanfaatkan instagram untuk promosi dan jual beli produk. Cara ini lebih efesien karena penggunaan media sosial instagram dapat menjakau banyak pihak. Penelitian ini ditekankan pada bentuk dan fungsi gaya bahasa iklan makanan pada media sosial instagram. Tujuan penelitian ini yakni: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial Instagram, dan (2) mendeskripsikan fungsi gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalahan penelitian kualitatif. Objek dan datanya adalah gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi bentuk-bentuk gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram, (2) deskripsi fungsi gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram.

References

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Dewan Periklanan Indonesia. 2007. Etika Periklanan Indonesia (Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia). Jakarta.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia

Mahsun. 2019. Metode Penelitiam Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

M. Nisrina. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Moleong, Lexy. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rulli, Nasrullah. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi Budaya Sosioteknologi. (Kota terbit dan penerbit sebutkan!)

Rohmadi, Arif. 2016. Tips Produktif Bersocial Media. Jakarta: Gramedia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Aisyah, O. N. ., Sasongko, S. D. ., & Lailiyah, N. . (2021). Gaya Bahasa Retorika Iklan Makanan Pada Media Sosial Instagram. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 346–352. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1543

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)