Gaya Bahasa Retorika Iklan Makanan Pada Media Sosial Instagram
Keywords:
Gaya bahasa retorika, iklan makananAbstract
Proses sosialisasi saat ini tidak hanya dilakukan melalui tatap muka, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 masyarakat tidak bebas bepergian sehingga transaksi jual beli atau penawaran barang lebih banyak dilakukan secara online. Salah satunya memanfaatkan instagram untuk promosi dan jual beli produk. Cara ini lebih efesien karena penggunaan media sosial instagram dapat menjakau banyak pihak. Penelitian ini ditekankan pada bentuk dan fungsi gaya bahasa iklan makanan pada media sosial instagram. Tujuan penelitian ini yakni: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial Instagram, dan (2) mendeskripsikan fungsi gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalahan penelitian kualitatif. Objek dan datanya adalah gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi bentuk-bentuk gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram, (2) deskripsi fungsi gaya bahasa retorika iklan makanan pada media sosial instagram.
References
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Dewan Periklanan Indonesia. 2007. Etika Periklanan Indonesia (Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia). Jakarta.
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia
Mahsun. 2019. Metode Penelitiam Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
M. Nisrina. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Moleong, Lexy. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rulli, Nasrullah. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi Budaya Sosioteknologi. (Kota terbit dan penerbit sebutkan!)
Rohmadi, Arif. 2016. Tips Produktif Bersocial Media. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Oktavia Nur Aisyah, Sempu Dwi Sasongko, Nur Lailiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.