Perancangan Game Edukasi Alister Adventure sebagai Motivasi Belajar untuk Anak PAUD
PDF

Keywords

Edukasi
Game
Paud

How to Cite

Darma, P. S. ., Widodo, D. W. ., & Saputra , M. A. . (2023). Perancangan Game Edukasi Alister Adventure sebagai Motivasi Belajar untuk Anak PAUD. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 560–567. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3470

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, seperti dunia game. Game menjadi salah satu bentuk hiburan, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Namun, selain sebagai hiburan, game memiliki potensi yang signifikan sebagai media pembelajaran terutama bagi anak usia dini. Peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa game dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan keterampilan kognitif anak-anak. Dalam dunia Pendidikan sistem pembelajaran juga semakin berkembang, misalnya dalam media pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang sekarang ini dipakai untuk belajar, misalnya video, gambar, bahkan game yang peneliti sekarang akan rancang. Pembuatan game tidak hanya ditujukan sebagai sarana hiburan, tetapi juga untuk pembelajaran. Dari permasalahan yang terjadi, peneliti tertarik merancang game edukasi pengenalan angka dan huruf dengan konsep platformer. Hasil penelitian game yang dilakukan oleh peneliti berupa game “Alister Adventure”, yaitu game tentang edukasi pengenalan angka dan huruf. Hasil uji coba Blackbox pada game “Alister Adventure” semua berjalan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3470
PDF

References

M. Firdaus and E. Muryanti, “Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1216–1227, 2020.

J. R. Widayati, R. Safrina, and Y. Supriyati, “Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 654, Aug. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.692.

F. Ma’ruf, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD,” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), vol. 2, no. 3, pp. 143–147, 2021.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini,” JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), vol. 1, no. 1, 2016.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

M. Yulianto and D. A. P. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 128–133, 2020.

D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 225–230, 2017.

R. Novianti, “Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini,” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2012.

D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, pp. 456–469.

A. G. Pradana, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2019, pp. 49–53.

S. L. Rahayu and F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 3, pp. 341–346, 2018.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, p. 143, 2019.

B. Pane and X. B. N. Najoan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2017.

D. Abdullah, “Panduan Tugas Akhir Teknik Informatika 2018,” 2018.

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 19, no. 2, pp. 86–92, 2019.

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 19, no. 02, 2019.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Panji Satya Darma, Danang Wahyu Widodo, Muh. Aris Saputra

Downloads

Download data is not yet available.