Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Alternatif Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Aplikasi Ren’py
PDF

Keywords

Game visual novel
alterfnatif belajar bahasa Inggris
Ren’py

How to Cite

Ramadyanta, A. N. ., Sanjaya, A. ., & Widodo, D. W. . (2021). Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Alternatif Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Aplikasi Ren’py. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 111–118. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/914

Abstract

Seiring kemajuan jaman, sebuah permainan juga telah menjadi salah satu sarana pembelajaran. Pengembangan game Visual novel sebagai alternatif dalam belajar bahasa Inggris dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa international yang digunakan oleh berbagai negara di seluruh dunia maka perlu sekali untuk bisa berbahasa inggris. Kurangnya ketersiadaan pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan dan besarnya pengaruh anak-anak SMA saat bermain game dapat membuat anak-anak malas dan bosan untuk belajar Bahasa Inggris, oleh karena itu perlu adanya perancangan game edukasi yang interaktif untuk menarik minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Peneliti membuat aplikasi game visual novel sebagai alternatif bahasa Inggris menggunakan media aplikasi Ren’py dengan menggunakan metode waterfall, pembelajaran dalam bahasa Inggris melalui visual novel dilakukan dengan pengambilan keputusan dari berbagai pertanyaan yang ada pada alur cerita novel. Hasil yang didapat dalam pembuatan game ini adalah game novel secara interaktif, setiap dialog yang muncul akan di jawab oleh user dimana dialog yang dipilih dapat menentukan alur cerita dari game.

PDF

References

Sadewa A. T. P. 2016. Perancangan Game Visual Novel Menggunakan Ren'py. Di akses 25 Februari 2021 pukul 13.10 WIB dari http://jurnal.stiki.ac.id/J-INTECH/article/view/53.

Rahayu S. L. & Fujiati F. 2019. Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer: Vol. 5 No. 3.

Hikam, A. R. 2013. Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Di akses 25 Februari 2021 pukul 13.01 WIB dari https://lib.unnes.ac.id/18858/.

Wijaya & Viriya I. 2017. Game Edukasi Belajar Tenses Bahasa Inggris Berbasis Visual Novel Pada Smp Sariputra Jambi. Di akses 25 Februari 2021 pukul 13.06 WIB dari http://repository.unama.ac.id/757/.

Deli D. 2021. Analisis User Interface pada Media PembelajaranBahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel. Di akses 25 Februari 2021 pukul 13.08 WIB dari https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC/article/view/2749.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Aditya Nur Ramadyanta, Ardi Sanjaya, Danang Wahyu Widodo

Downloads

Download data is not yet available.