https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/issue/feed Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 2022-11-22T18:53:55+07:00 SEMNAS INOTEK inotek@unpkdr.ac.id Open Journal Systems Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2645 Analisa Kualitas Layanan Menggunakan Metode KANO (Pada Jasa Pengiriman Barang PT. XYZ) 2022-08-29T09:14:54+07:00 Mochammad Eko Prasetyo mekop59@gmail.com Wiwik Sulistiyowati wiwik@umsida.ac.id <ol> <li><em> XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang. PT. XYZ memiliki kantor cabang hampir diseluruh wilayah yang ada di Indonesia. Kualitas diperlukan dalam penyediaan jasa ataupun produk kepada pelanggan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Dimana kepuasan pelanggan adalah tujuan utama perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan terhadap kualitas layanan jasa pengiriman PT. XYZ dengan menggunakan </em><em>metode Kano yang yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan atas jasa yang telah diterimanya yakni dengan membandingkan hasil dari kuisioner functional (Positif) dan Dysfunctional (Negatif). Kano menilai kualitas layanan berdasarkan lima dimensi kualitas layanan yaitu Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance, dan Emphaty. Atribut kebutuhan diperoleh dari hasil wawancara kemudian hasil wawancara tersebut diterjemahkan kedalam atribut – atribut kebutuhan. Maka diperoleh 19 atribut kebutuhan berdasarkan dimensi kualitas layanan. </em><em>Didapatkan 9 atribut yang memerlukan strategi perbaikan. Hal ini menunjukan secara umum bahwa pelanggan jasa pengiriman PT. XYZ belum merasa puas atas pelayanan yang diberikan dan</em> <em>yang perlu dilakukan perbaikan.</em></li> </ol> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Mochammad Eko Prasetyo; Wiwik Sulistiyowati https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2646 Perancangan Aplikasi Kinerja Karyawan Berbasis Android Di Umkm Handmade Tas Fashion 2022-08-29T09:23:56+07:00 Anggi Fiolitta anggi.fio28@gmail.com Rohman Dijaya rohman.dijaya@umsida.ac.id <p><em>faaz collection is a company. handmade bag A company that still collecting data company. manually Resulting in less than accurate. dataIn this research writer provide solutions to design an application based on android by means of taking data manual is a collection to faaz diinputkan employee performance based on the </em><em>application</em><em>. androidThis study using. quantitative research methodology Design application employee performance based on android this in a waterfall</em><em>. System development life cycle is a system that was developed to include all data needed to form, create. information systemIn making the android application was supported by emulator or device smartphone asus zenfone zoom s as testing an application. emulatorOn the research and test results have been made which is to simplify the application of the company in the monitoring, employee performance helped with rekapan, absentee manage easily, absentee have the charts order so that the owners can monitor the development of the company through charts.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Anggi Fiolitta S.; Rohman Dijaya https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2647 Analisa Pengaruh Jarak Kampuh dan Arus Pengelasan Terhadap Ketangguhan Baja WF 2022-08-29T10:38:08+07:00 Ivan Junaidy A Karim ivan.junaidy@unkhair.ac.id Ahmad Seng ivan.junaidy@unkhair.ac.id Kifli Umar ivan.junaidy@unkhair.ac.id Muslim Adnan ivan.junaidy@unkhair.ac.id <p><em>Penggunaan baja WF (Wide flange) sangat banyak di gunakan pada konstruksi jembatan bangunan gedung dan konstruksi lainnya. Proses pengelasan sambungan plat baja karbon rendah dengan menggunakan metode pengelasan SMAW dengan kampuh V serta variasi arus dan jarak kampuh sering untuk mendapatkan ketangguhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak kampuh dan arus listrik terhadap kekuatan baja kontruksi WF (Wide Flange) pada las SMAW menggunakan kampuh V dengan jarak kampuh 2 mm, 3 mm, dan 4 mm, dengan elektroda E6013 berdiameter 2,6 mm pada polaritas DC+ dengan arus pengelasan 60 ampere, 75 ampere, dan 90 ampere, proses pembuatan spesimen uji menggunaka standar ASTM A370. Hasil pengujian impack metode charpy tersebut menunjukkan bahwa nilai ketangguhan tertinggi adalah kelompok jarak kampuh las 3 mm sebesar </em><em>1,262</em><em> KJ/m<sup>2</sup>, 1,226 KJ/m<sup>2</sup>, dan 1,058 KJ/m<sup>2 </sup></em><em>di ikuti dengan kelompok jarak kampuh 4 mm sebesar </em><em>1,147 KJ/m<sup>2</sup>, 1,133 KJ/m<sup>2</sup>, dan 1,102 KJ/m<sup>2</sup></em><em>, dan kelompok jarak kampuh 2 mm memiliki nilai ketangguhan rendah sebesar </em><em>1,009 KJ/m<sup>2</sup>, 1,000 KJ/m<sup>2</sup>, dan 0,931 KJ/m<sup>2</sup>. </em><em>Melalui patahan dengan diberikan variasi jarak kampuh las dan arus listrik. Jenis perpatahan yang terjadi pada sambungan las dengan jarak kampuh 2 mm, 3 mm, dan 4 mm dengan arus listrik 60 ampere, 75 ampere, dan 90 ampere adalah patah getas.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ivan Junaidy A Karim; Ahmad Seng, Kifli Umar, Muslim Adnan https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2649 Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Dengan Metode Servqual QFD Dan IPA Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bengkel Cat 2022-08-30T14:55:02+07:00 Jovanka Roy Hastian jovankaroy10@gmail.com Wiwik Sulistiyowati wiwik@Umsida.ac.id <p>Bengkel cat alimin airbrush merupakan bengkel cat yang bergerak pada bidang jasa pengecatan dan perbaikan kendaraan. Pada memberikan pelayanannya terdapat berbagai keluhan yang membuat pelanggan merasa kurang puas, yaitu dengan berbagai keluhan seperti lamanya pengerjaan, pewarnaan yang dianggap masih kurang, dan tempat antrian atau parkir yang terbatas. Maka dari itu diperlukan pelayanan yang lebih optimal lagi agar pelanggan lebih senang. Dengan menggunakan hasil dari pengukuran kepuasan pelanggan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, menjelaskan apa penyebab ketidakpuasan pelanggan dan yang lebih utama yaitu memberikan rekomendasi agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan</p> <p>Dengan adanya permasalahan tersebut perlu dilakukan perbaikan pada kualitas pelayanan agar dapat menimalisir adanya ketidakpuasan konsumen, dan juga meningkatakan kinerja di bengkel cat alimin <em>airbrush</em>. Pada penelitihan ini menggunakan metode <em>Service Quality</em> (SERVQUAL) untuk evaluasi dan perbaikan kualitas pelayanan dan juga dapat melakukan <em>improvement </em>dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, untuk dapat memenuhi dan menanggapi kebutuhan pelanggan yaitu dengan <em>Quality function development </em>(QFD), dan kemudian menggunkan metode <em>Importance Performance Analysis </em>(IPA) guna menentukan kepuasan pelanggan secara keseluruhan hingga dapat atribut pelayanan yang perlu diperbaiki dan yang dipertahankan.</p> <p>Dari hasil penelitihan yang dilakukan, dapat diharapkan bisa dijadikan acuan dan rekomendasi perbaikan kualitas layanan pada bengkel cat alimin <em>airbush</em>. Dengan menggunakan metode <em>Service Quality</em> (SERVQUAL), <em>Quality function development </em>(QFD), dan <em>Importance Performance Analysis </em>(IPA). Sehingga kualitas pelanan yang diharapkan konsumen benar benar dapat dijalankan dengan baik.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jovanka Roy Hastian; Wiwik Sulistiyowati https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2650 Analisis Kepuasan Pelanggan Gojek Di Pandaan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) 2022-08-30T15:05:20+07:00 Rion Prihans Pamungkas rionprihan@gmail.com Wiwik Sulistiyowati wiwik@umsida.ac.id <p>Perusahaan jasa pelayanan yang saat ini berkembang adalah perusahaan angkutan roda dua dikenal dengan sebutan gojek. Gojek merupakan penyediaan layanan jasa ojek online yang selalu meningkatkan kualitas layanan serta menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan dengan layanan transportasi lainnya. Namun gojek memiliki permasalahan yang terkait dengan persoalan pelayanan. Pelayanan berbasis online ini hanya dibatasi untuk pengguna ponsel android, sehingga pelanggan hanya dibatasi oleh kalangan tertentu. Jika diperhatikan ada banyak hal yang harus diperbaiki dalam layanan Gojek yang saat ini terutama masalah keselamatan, kenyamanan dan ketetapan untuk kejadian nyata untuk keluhan tentang kesalamatan banyak yang mengeluh mengenai tidak diberikan helm, tidak diberikan jas hujan dan driver mengebut saat mengemudi. Untuk keluhan kenyamanan banyak keluhan tentang keramahan, kebersihan <em>driver</em> dan kebersihan kendaraan. Untuk keluhan mengenai ketetapan banyak keluhan mengenai estimasi waktu diaplikasi tidak sesuai dengan kenyataan dan juga tarif tidak pasti. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh gojek di pandaan, maka menggunakan metode SEM (<em>Structural Equation Modelling</em>). SEM adalah teknik analisis multivariat yang dibangun berdasarkan teori yang mendukung penelitian. Permodelan ini digunakan untuk menjelaskan hubungan antara konstruk kualitas layanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian ini hanya dari tiga variabel saja yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dalam model dan hipotesa yang diterima hanya tiga dari lima hipotesa yang ditentukan, yaitu bukti fisik, ketanggapan, dan jaminan.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Rion Prihans Pamungkas; Wiwik Sulistiyowati https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2651 Klasifikasi Kualitas Telur Ayam Menggunakan Metode K-Means Clustering 2022-08-30T15:11:57+07:00 Rio Aprillyano shooterexus@gmail.com Ardi Sanjaya dersky@gmail.com Danang Wahyu Widodo danayudo@yahoo.com <p><em>Klasifikasi Kualitas Telur Ayam Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk mendapatkan telur ayam yang berkualitas diperlukan sebuah proses sortir. Dalam proses sortir telur ayam, rata&nbsp; - rata pedagang masih menggunakan sortir manual yang tentunya kurang efisien dan kurang akurat karena dibutuhkan banyaknya pekerja untuk memilah telur tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut penulis ingin membuat sistem identifikasi kualitas telur ayam berbasis pengolahan citra untuk mensortir telur ayam. Sistem dibangun menggunakan metode akuisi citra, K-Means Clustering, citra bentuk, dan citra ciri tekstur. Berdasarkan hasil Training data diperoleh akurasi 90,83% untuk citra bentuk, akurasi 80,83% untuk citra tekstur. Untuk hasil pengujian didapatkan akurasi sebesar 75% dari total 20 citra pengujian dan terdapat 5 kesalahan identifikasi data.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Rio Aprillyano; Ardi Sanjaya, Danang Wahyu Widodo https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2652 Pengujian Black Box dan Kuesioner Pada Game Gems Advanture 2022-08-30T15:16:56+07:00 Rizal Dwi Saputro rizalcahya66@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Siti Rochana rizalcahya66@gmail.com <p><em>Game atau permainan merupakan media yang digunakan sebagai sarana hiburan, perkembangan yang sangat pesat pada sector game juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik, menghibur dan interaktif. Pembahasan pada penelitian ini adalah mengenai hasil mengujian dari game edukasi yang dikembangkan peneliti berjudul Gems Adventure. Pengujian yang dilakukan penulis menggunakan teknik black box dan kuesioner terhadap pengguna sebagai tingkat keberhasilan dan kelayakan game Gems Adventure. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, pengujian game, analisis hasil pengujian dan kesimpulan. Dari hasil pengujian black box bahwa game Gems Adventure dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan hasil pengujian kuesioner dari 21 orang menuntukan rata-rata prosentase penilaian sebesar 88%.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Rizal Dwi Saputro; Patmi Kasih, Siti Rochana https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2653 Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Futsal Menggunakan Metode AHP Dengan Pembobotan ROC 2022-08-30T15:22:11+07:00 Ilham Permana Putra ilhampermanaputra1@gmail.com Ratih Kumalasari Niswatin ratih.workmail@gmail.com Ardi Sanjaya dersky@gmail.com <p><em>Futsal merupakan olahraga yang sangat populer oleh masyarakat. Pada masa sekarang kompetisi futsal banyak di selenggarakan di banyak kota. Olahraga futsal sangat digemari karena permainanya yang simple dan tidak membutuhkan lahan luas. Dengan banyaknya kompetisi pada setiap kota, semakin banyak juga tim futsal yang mulai terbentuk. Salah satu tim futsal yang terbentuk adalah TBS FUTSAL CLUB </em>di Kota Kediri<em>.</em> <em>Pemilihan pemain futsal sangat berpengaruh pada hasil yang akan dicapai. Dalam hal ini pelatih memegang peranan penting dalam setiap pemilihan pemain dan strategi. Untuk mencetak pemain yang baik pelatih diharuskan memiliki kemampuan dan kejelian untuk memilih pemain yang akan dibawa dalam setiap kompetisi. Banyaknya pemain yang mengikuti latihan memungkinkan pelatih untuk melakukan penyeleksian pemain. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dibangun sistem pemilihian pemain futsal yang akan menjadi solusi untuk pelatih dalam menentunkan pemain.</em> <em>Untuk menghitung keakuratan, sistem tersebut menggunakan algoritma Analytical Hierarcy Process (AHP) dengan pembobotan Rank Order Centroid (ROC) yaitu algoritma yang menyajikan perhitungan sederhana dan mudah dipahami</em> <em>&nbsp;</em><em>Dalam penelitian ini menggunakan 20 data pemain, data tersebut memiliki nilai di setiap kriteria yang akan dihitung menggunakan metode AHP, sehingga menghasilkan perangkingan dengan nilai tertinggi yaitu Fajar Prasetya dengan nilai 0,581551</em><em>.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ilham Permana Putra; Ratih Kumalasari Niswatin, Ardi Sanjaya https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2654 Racang Bangun Sistem Informasi Antrian Vaksin 2022-08-30T15:27:36+07:00 Yulia Murhatiningtyas yuliatya736@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Danar Putra Pamungkas danar@unpkediri.ac.id <p><em>Banyaknya warga&nbsp; khususnya pada kecamatan Tanjunganom belum melakukan vaksinasi baik vaksin dosis pertama sampai sekarang. Kurangnya inofrmasi jadwal serta kuota vaksin untuk puskesmas Tanjunganom sangat terbatas. Selain itu terhambatnya pemerataan vaksinasi membuat petugas vaksin puskesmas Tanjunganom sangat kesulitan. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian sekaligus terobosan buat mengatasi persoalan tersebut. Sistem informasi penjadwalan vaksin dirasa bisa serta cocok sebagai solusi untuk persoalan tersebut. Selain sistem informasi penjadwalan vaksin penulis pula memakai algoritma FIFO (First In First Out), dimana prosedur pemecahan&nbsp; ini digunakan untuk menerapkan disiplin antrian yang tak berprioritas. prosedur pemecahan&nbsp; ini menggunakan struktur data. FIFO sendiri ialah algoritma yang bersifat berurutan dan&nbsp; bergiliran namun tetap di alur atau jalurnya sesuai menggunakan yang pertama kali masuk serta lalu diproses sinkron dengan giliran. aplikasi ini berbasis web dimana akan menyasar segala lapisan rakyat sebagai sasaran pasarnya. asal hasil implementasi, aplikasi bisa mengatasi masalah di puskesmas Tanjunganom dimana warga&nbsp; dapat mendaftar secara online serta melakukan cetak di gadget masing-masing. aplikasi ini dapat menampilkan informasi serta melakukan pengelolaan sistem informasi penjadwalan vaksin secara responsive sesuai menggunakan kebutuhan warga.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Yulia Murhatiningtyas; Patmi Kasih, Danar Putra Pamungkas https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2655 Klasifikasi Penyakit Daun Jagung Berdasarkan Ruang Warna HSV dan Fitur Tekstur Dengan Algoritma K-NN 2022-08-30T15:38:15+07:00 Moch Aris Setyawan arizsetyawan71@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Made Ayu Dusea Widyadara madedara@gmail.com <p><em>Produk komoditas jagung menjadi sangat penting karena termasuk bahan pangan pokok karboridrat penganti beras dan sagu. Jagung memiliki kadungan serat, vitamin B3, vitamin B5, asam fenolat dan masih banyak lagi dan bagus untuk dikonsumsi. Dalam mengelola pertanian jagung tentu memiliki banyak kendala diantaranya penyakit yang menyerang pada daun jagung yang dibiarkan dapat menurunkan produktivitas hasil panen menurun hingga mengalami gagal panen. Blight, Common Rust, Gray Leaf Spot adalah penyakit yang ditemui pada daun jagung, penyakit ini memiliki gejala tertentu yang dapat dikenali dan di tanggulangi jika melihat gejala pada daun jagung. Namun mata manusia memiliki keterbatasan dalam mengidentifikasi gejala yang tampak pada daun jagung yang terserang penyakit, juga mengenali ciri-ciri daun yang berpenyakit sehingga mengakibatkan salah dalam pencegahan dan penanggulannya yang mengakibatkan penambahan biaya perawatan. Dengan memanfatkan teknologi pengolahan citra digital maka hal demikian dapat diatasi dengan tepat, jadi dalam penelitian ini akan mengusung metode Klasifikasi dengan algoritma K-NN dengan menggunkan <strong>k </strong>= 3, <strong>k </strong>= 5, <strong>k </strong>= 7, <strong>k </strong>= 9&nbsp; dan <strong>k </strong>= 15, serta untuk ekstraksi fiturnya menggunkan ruang warna HSV dan tekstur GLCM. Hasil uji coba pada penelitian ini mampu menidentifikasi penyakit daun jagung sebesar 84 % untuk <strong>k</strong> = 3 sedangkan untuk <strong>k</strong> selanjutnya yaitu 80,5 %, 73,5 %, 72 % dan 70 % pada fitur tekstur dengan Average 76% sedangkan untuk fitur warna akurasi tertinggi yaitu 64 % dengan Average 56,2 %. Secara keseluruhan bahwa fitur tekstur paling baik dalam proses klasifikasi penyakit daun jagung.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Moch Aris Setyawan; Patmi Kasih, Made Ayu Dusea Widyadara https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2668 Sistem Informasi Survey Pengukuran Tingkat Kesadaran Keamanan Informasi Menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys (MCDA) 2022-09-07T15:32:00+07:00 Gadang Putro Bagus Setiyawan gpbase.gp@gmail.com Risa Helilintar risa.helilintar@gmail.com Resty Wulanningrum resty@unpkediri.ac.id <p><em>Kesadaran terhadap keaanan informasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam pemfaatan teknologi dan informasi. Insiden Keamanan informasi akan terjadi akibat dari&nbsp; jika tingkat kesadaran masih rendah. Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat kesadaran keamanan informasi terhadap Karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri . Tujuan&nbsp; dari penelitian ini untuk mebangun sebuah tools yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesadaraan keamanan informasi karyawan dengan demikian maka dapat digunakan mendukung kebijakan terkait dengan keamanan dan informasi Sehingga harus mendapat perhatian khusus dan perlu suatu tindakan yang nyata untuk mendukung karyawan dalam melakukan&nbsp; peningkatan&nbsp; level kesadaran informasi . Metode yang digunakan adalah metode Multiple Criteria Decision Analysis (MCDA) dengan menggunakan&nbsp; enam area pengukuran dan tiga dimesi pembobotan yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Bahasa pemrogaman menggunakan PHP dan database MySQL. Dari data yang diperoleh pada penelitian dapat diketahui nilai tertinggi ada pada jawaban Setuju dengan skor 868, Sangat setuju dengan skor 596, Netral dengan skor 343, Tidak Setuju dengan skor 89 dan Sangat Tidak Setuju dengan skor 54. Selain itu kita dapat ketahui kecenderungan dalam 7 area semua user lebih cenderung dan kuat pada Menyadari Konsekuensi setiap tindakan bahwa user menyadarai bahwa dari setiap tindakan yang akan dilakukan maka akan menimbulkan konsekuensi pada dirinya.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Gadang Putro Bagus Setiyawan; Risa Helilintar, Resty Wulanningrum https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2662 Perancangan Sistem Point of Sales Berbasis Web (Studi Kasus Budiman Cwie Mie Pasuruan) 2022-08-31T16:37:46+07:00 Wahyu Digda Sadewa wdigda25@gmail.com Suprianto Suprianto suprianto@umsida.ac.id <p><em>Budiman Cwie Mie merupakan sebuah UMKM yang menjual cwie mie khas Malang yang berdomisili di Kota Pasuruan, tepatnya di Jalan Menara Nomor 34, Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo. Produk utama yang dijual adalah Cwie Mie Original dan Cwie Mie Pedas. Bisnis ini sudah buka mulai tahun 2009, kemudian vakum selama 8 tahun, kemudian diteruskan oleh anaknya pada tahun 2019 dengan mengusung konsep baru, sehingga rasa dari cwie mie disesuaikan dengan selera orang lokal Pasuruan. Budiman Cwie Mie masih menggunakan cara manual untuk menghitung total pembayaran makanan yang dipesan oleh pelanggan. Cara yang dilakukan adalah dengan menulis di nota kertas lalu merekap hasil penjualan yang telah ditulis ke dalam buku pemasukan, begitu juga dengan pencatatan pengeluaran untuk kebutuhan usaha di Budiman Cwie Mie yang masih tergolong manual. Penelitian ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) yang merupakan metode model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan jangka pendek. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah aplikasi Point Of Sales berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran yang secara otomatis akan terekap oleh sistem dan menghasilkan laporan keuangan secara ringkas dan rapi</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Wahyu Digda Sadewa, Suprianto Suprianto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2663 Sistem Informasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Berbasis Web 2022-08-31T16:43:43+07:00 Joko Purwanto jokopurwanto190301@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Danar Putra Pamungkas danar@unpkediri.ac.id <p>Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Banjarsari merupakan pusat layanan kegiatan kesehatan dasar masyarakat. Posyandu sendiri dilaksanakan oleh kader posyandu. Layanan yang diberikan antara lain penimbangan, pemantauan status gizi, serta pemberian vaksin. Semua kegiatan dicatat dan direkap oleh kader melalui pembukuan. Dalam hal ini, tidak sering kader posyandu mengalami kesulitan dalam hal pencatatan kegiatan dan juga menentukan status gizi. Tidak lupa kader kesulitan dalam mencari data. Karena semua pencatatan kegiatan posyandu dilakukan dengan manual yakni berupa tabel dan tulis. Untuk penyimpanan data kegiatan sendiri disimpan dalam buku besar. Sering juga hilangnya buku besar karena banyaknya data arsip kegiatan. Dalam hal tersebut untuk membantu masalah yang sering dialami kader yakni dengan menggunakan sistem serta model penyimpanan data yang baik. Hasil dari penelitian ini yakni sistem informasi dimana sistem dapat melakukan pencatatan data, menentukan status gizi, dan mencari data. Sehingga sistem ini dapat membantu kader posyandu dalam mengolah data kegiatan posyandu secara cepat dan efisien.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Joko Purwanto, Patmi Kasih, Danar Putra Pamungkas https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2664 ANALISA GAS BUANG PADA MOTOR HONDA REVO FI 2019 110CC DENGAN MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR 2022-08-31T16:50:53+07:00 Eriq Helmy Aziz Eriqhelmyaziz1997@gmail.com Ali Akbar aliakbar@umsida.ac.id Rachmat Firdaus rachmatfirdaus@umsida.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan &nbsp;untuk mengetahui hasil analisa gas buang pada percampuran bahan bakar shell super , shell v-power, pertamax dan pertamax turbo pada kendaaraan bermotor&nbsp; Pengujian properties dari shell super, shell v-power , pertamax dan pertamax turbo. Properties bahan bakar yang dihitung adalah yang berkaitan dengan karakteristik utama pembakaran yaitu: nilai Emisi gas buang sesuai dengan standar ASTM dengan perbandingan&nbsp; 50 : 50&nbsp; percampuran bahan.dengan mengetahui berapa hasil nilai</em> HC, CO, CO<sup>2</sup> dan CO pada kendaraan bermotor.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Eriq Helmy Aziz, Ali Akbar, Rachmat Firdaus https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2669 Implementasi Metode You Only Look Once (YOLOv5) Untuk Klasifikasi Kendaraan Pada CCTV Kabupaten Tulungagung 2022-09-07T15:38:09+07:00 Ricko Dwiyanto rickodwiyanto1@gmail.com Danang Wahyu Widodo danayudo@yahoo.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com <p>Kemacetan lalu lintas menjadi masalah serius pada kota-kota besar di Indonesia bahkan secara global. Dimana setiap tahun penambahan jumlah kendaraan semakin meningkat sedangkan penambahan jumlah panjang jalan hanya sedikit. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu adanya suatu kecerdasan buatan yang dimana dapat mendeteksi dan mengklasifikasi kendaraan untuk mempermudah pengenalan objek pada suatu gambar. Metode yang digunakan adalah metode <em>You Only Look Once</em> (YOLOv5) yang dapat mendeteksian objek secara real-time yang menggunakan model <em>Deep Learning</em>. Dengan memanfaatkan CCTV pemantau arus lalu lintas di Kabupaten Tulungagung. Menggunakan dataset gambar yang dihasilkan oleh CCTV sebayak 289 gambar dengan empat kategori objek yaitu motor, mobil, bus dan truk. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode YOLOv5 berhasil mengenali objek dari video yang dihasilkan oleh CCTV. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan data training data, algoritma dalam aplikasi cukup stabil dalam mendeteksi objek dengan nilai akurasi deteksi paling besar adalah 79,8 pada siang hari.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ricko Dwiyanto; Danang Wahyu Widodo, Patmi Kasih https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2670 Sistem Informasi Nomor Antrian Pasien Pada Puskesmas Sawahan Berbasis Android 2022-09-07T15:42:41+07:00 Erlyen Agustina erlyenagustina9360@gmail.com <p><em>Puskesmas memiliki peran penting sebagai organisasi yang berkomitmen dalam bidang pelayanan kesehatan. Puskesmas dianggap sebagai pusat kesehatan masyarakat yang lebih terjangkau,baik dari segi biaya dan lokasi, yang tersebar disetiap subdivisi. Penulis melakukan studi kasus di Puskesmas Sawahan yang terletak di Sidorejo,Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Saat ini keberadaan puskesmas khususnya didesa sebagai penyedia pelayanan kesehatan sangat penting bagi masyarakat. Puskesmas adalah tempat pelayanan medis, layanan kesehatan masyarakat,kesehatan sekolah,lkesehatan mulut, kesehatan mata dan masih banyak lagi. Biarpun lebih banyak orang menggunakan layanan puskesmas untuk isu-isu terkait khususnya didesa-desa,seperti puskesmas didesa sawahan. Di puskesmas beberapa pelayanan, yaitu ruang pendaftaran, ruang tindakan, laboratorium, Poli Gizi, Poli Umum, Poli Gigi, Apotik, dan Administrasi. Seluruh ruang tunggu dimasing-masing ruang pelayanan digabung menjadi satu sehingga ruang tunggu penuh pasien, apalagi nomor antrian masih menggunakan kertas atau masih manual. Sistem antrian berbasis android dapat membantu calon pasien yang ingin berobat dengan mudah mendapatkan nomor antrian tanpa harus datang ke puskesmas secara langsung. </em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Erlyen Agustina https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2671 Sistem Klasterisasi Algoritma K-means Untuk Menentukan Perkembangan Gizi Balita Dan Lansia Pada Posyandu Banjarsari 2022-09-07T15:48:01+07:00 Dimas Gilang Ramadhan dimasgilangramadhan2@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Rony Heri Irawan rony@unpkediri.ac.id <p><em>Pertumbuhan dan perkembangan balita dari lahir hingga mencapai usia balita harus dimonitoring setiap bulannya untuk mencegah penyakit atau gangguan yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Di Indonesia pertumbuhan dan perkembangan balita dimonitoring lewat lembaga Posyandu, yang akan mengadakan pertemuan setiap bulan dengan kelompok ibu-ibu balita di daerahnya masing-masing. Program </em><em>m</em><em>onitoring ini meliputi proses pemeriksaan berat badan balita dan pemberian imunisasi secara konsisten dengan jangka waktu tertentu. Dalam hal ini posyandu hanya mengetahui penentuan gizi kurang atau gizi baik pada saat diadakanya pemeriksaaan kesehatan sehingga tidak mengetahui dalam jangka waktu tertentu perkembangan balita atau lansia. Posyandu membutuhkan sistem bantu yang dapat digunakan untuk mengelompokkan data balita dan warga sesuai dengan status gizi dan perkembangannya dengan tujuan untuk mempermudah dalam melakukan pantauan kesehatan bagi balita dan lansia. Sistem yang dibangun dalam penelitian ini dibuat sebagai salah satu solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan. Sistem pengelompokan data balita dan lansia ini dibuat dengan teknik clusterisasi menggunakan K-Means Clustering untuk mengelompokkan balita dan lansia berdasarkan status gizinya berdasarkan standar kriteria-kriteria yang digunakan di Posyandu.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Dimas Gilang Ramadhan; Patmi Kasih, Rony Heri Irawan https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/117-122 Perhitungan Kalori Gizi Pada Ibu Hamil Berbasis Website Menggunakan Metode Cooper 2022-09-07T15:52:33+07:00 Hasya Sabilah sabilahhasya@gmail.com Ade Eviyanti adeeviyanti@umsida.ac.id <p><em>Pada saat ini gizi pada ibu selama hamil sangat dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Poliklinik KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan salah satu dari beberapa pelayanan yang ada di Puskesmas&nbsp; yaitu&nbsp; tempat&nbsp; dimana&nbsp; mendapatkan&nbsp; pelayanan&nbsp; terkait&nbsp; dengan&nbsp; kesahatan&nbsp; ibu&nbsp; dan&nbsp; anak. Permasalahan yang saat ini semakin banyak dialami adalah ketika ibu hamil yang jarang sekali berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi tentang menu makanan yang harus dikonsumsi pada saat hamil yang dapat berakibat pada tambahnya angka kematian bayi khususnya di Indonesia. Karena pada kenyataannya banyak ibu hamil yang beranggapan bahwa makanan yang banyak itu sudah mencukupi kebutuhan gizi untuk janin yang dikandungnya. Tujuan dari penelitian&nbsp; adalah&nbsp; untuk&nbsp; membangun&nbsp; sebuah&nbsp; aplikasi&nbsp; berbasis&nbsp; web&nbsp; yang&nbsp; dapat&nbsp; digunakan&nbsp; sebagai media&nbsp; pemantauan&nbsp; gizi&nbsp; harian&nbsp; ibu&nbsp; hamil&nbsp; menggunakan&nbsp; metode&nbsp; Cooper.&nbsp; Dan pada&nbsp; pengujian&nbsp; dapat mengitung kebutuhan kalori dengan mengolah berat badan ideal, tinggi badan, aktifitas ibu hamil dan jumlah jam tidur ibu hamil. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh ibu hamil untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan gizi yang disarankan melalui perhitungan kalori dan menu makanan.&nbsp;&nbsp; </em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Hasya Sabilah; Ade Eviyanti https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2708 Sistem Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Pendidikan 2022-11-22T14:57:28+07:00 Mohammad Aziz Syafi’i m.azizsyafii88@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com <p><em>Lembaga GNOTA Kabupaten Kediri bekerja menyalurkan bantuan sosial pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kabupaten Kediri. Program ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Kediri berupa pemberian bantuan bagi keluarga yang kurang mampu sehingga mengurangi angka putus sekolah akibat keluarga kurang mampu secara ekonomi. Program bantuan sosial ini berlaku bagi siswa setingkat SD hingga Kuliah. Masalah yang rawan terjadi adalah akibat pengarsipan data yang terlalu banyak, sehingga itu menjadi kesulitan saat melakukan pencarian data secara manual. Berdasarkan permasalah tersebut, untuk membantu mempercepat kinerja petugas dibutuhkan suatu sistem yang mampu menyajikan informasi data yang cepat dan juga dibutuhkan sistem pencarian data. Dalam hal ini terdapat algoritma sequential search dimana algoritma ini bekerja dengan cara menyesuaikan data yang dicari dengan semua data yang terdapat pada database.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Mohammad Aziz Syafi’i, Patmi Kasih https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2709 Sistem Pendukung Keputusan Perawatan Kecantikan Menggunakan Metode Case Based Reasoning Berbasis WEB 2022-11-22T15:09:49+07:00 Laili Rahma Fauziyah lailirahmafauziyah@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Danar Putra Pamungkas danar@unpkediri.ac.id <p>Permasahan yang ada di Cahya Salon menginginkan seorang dokter yang bisa memberikan layanan konsultasi perawatan kecantikan. Akan tetapi kendala yang dihadapi yakni terletak pada pembiayaannya yang mahal, sebab Cahya Salon berkeinginan meningkatkan mutu dengan tidak mengharuskan menambah biaya perawatannya. Dengan begitu timbulah gagasan yakni mengadopsi ilmu pakar kecantikan di Cahya Salon kedalam suatu aplikasi sistem yang mendukung keputusan. Dimana sistem ini disusun dan dibangun mempergunakan metode case based reasoning berbasiskan web supaya konsumen bisa berkonsultasi dimana saja dan kapan saja, dengan begitu bisa mengefisienkan waktu pelayanan disaat hendak melaksanakan perawatan, konsumen telah mengetahui solusi mana yang menurutnya benar bagi permasalahan kecantikan yang dialami.&nbsp;Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana caraya mengadopsi keilmuan para ahli pada sistem Salon kecantikan ke dalam aplikasi ? Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan selaku alat yang bisa membantu pada pengambilan keputusan yang baik dan tepat bagi konsumen salon ? Bagaimana cara membuat sistem pendukung keputusan melalui penggunaan metode case based reasoning ? Penelitian ini menggunakan metode <em>case based reasoning</em> berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dimana tahapan waterfall ada 6 yaitu System Engineering, Analysis, Design, Coding, Testing, Maintenance. Kesimpulan penelitian ini adalah Pada penelitian ini telah membuat sistem rekomendasi dengan menerapkan metode case based reasoning. Pada penelitian ini telah mengadopsi keilmuan keilmuan para ahli pada sistem Salon kecantikan ke dalam aplikasi berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing dan perhitungan manual telah sesuai dengan apa yang diinginkan.</p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Laili Rahma Fauziyah, Patmi Kasih, Danar Putra Pamungkas https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2710 Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Studi Kasus CV. Jaya Mandiri Sampit 2022-11-22T15:34:30+07:00 Gery Hendri Veentoar gerytoar56@gmail.com Muhammad Najibulloh Muzaki m.n.muzaki@gmail.com Anita Sari Wardani anita@unpkediri.com <p><em>CV. Jaya Mandiri merupakan sebuah perusahaan &nbsp;yang bergerak pada penjualan bahan bangunan dan perkakas pembuatan bangunan, Permasalahan pada CV. Jaya Mandiri adalah ketidakakuratan data pada laporan dengan fakta dilapangan serta membutuhkan proses yang sangat lama untuk mendapatkan informasi dari hasil transaksi barang keluar dan barang masuk serta laporan penjualan. Lamanya proses informasi menyebabkan terjadinya kesalahan komunikasi jumlah barang ready stok antara pembeli dan perusahaan sehingga mengakibatkan batalnya transaksi dan menjadi kerugian bagi perusahaan. Sebagai solusi, Membangun suatu sistem informasi persediaan barang yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan diputuskanlah metode yang paling cocok untuk mengembangkan sistem informasi adalah metode Waterfall dengan media website dan bahasa pemograman PHP, HTML, Javascript, serta MYSQL sebagai database untuk media sistem informasi akan dijalankan lalu menggunakan UML sebagai pemodelan sistemnya. Hasil dari pengambangan sistem telah dapat memproses seluruh data transaksi yang terlah diinputkan secara otomatis sehingga mempercepat pengerjaan laporan dan secara akurat menyajikan informasi akurat&nbsp; yang dibutuhkan oleh perusahaan.</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Gery Hendri Veentoar, Muhammad Najibulloh Muzaki, Anita Sari Wardani https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2713 Analisa Kekuatan Material Bahan dan Rangka Alat Pengguling Sapi Berbobot 1.2 Ton Menggunakan Software Autodesk Inventor 2022-11-22T15:54:28+07:00 Feryzal Sutra Perdana feryzalsutraperdana@gmail.com Ali Akbar aliakbar@unsida.ac.id Haris Mahmudi harismahmudi@unpkediri.ac.id <p><em>Penelitian analisa kekuatan material ini menggunakan Stress Analysis pada rangka body dan pintu. Analisa ini bertujuan sebagai solusi yang dilakukan untuk menganalisa kekuatan rangka body dan pintu agar terhindar dari kegagalan kerja sehingga rangka tetap aman. Dalam penelitian simulasi dilakukan pada rangka body dan pintu pada alat pengguling sapi menggunakan Software Autodesk Inventor untuk mencari nilai Von Mises Stress, Displacement, dan Safety Factor. Penelitian ini menggunakan dua jenis material baja yaitu baja ST 37 berdiameter 33.7 mm, 48.3 mm, 60.1 mm dan baja Galvanized berdiameter 76.1 mm. Pada hasil simulasi rangka body Menggunakan Stress Analysis dengan pembebanan 1200 kg atau 12000 N diperoleh maksimum Von Mises Stress pada baja ST 37 sebesar 60.8331 Mpa, 27.5645 Mpa, 0.433804 Mpa sedangkan baja Galvanized diperoleh nilai 0.433804 Mpa. Pada rangka pintu menghasilkan nilai 231.751 Mpa, 84.9438 Mpa, 80.0075 Mpa dan baja Galvanized diperoleh nilai 69.7214 Mpa. Nilai Displacement pada rangka body pada material baja ST 37 diperoleh nilai 0.220276 mm, 0.0546783 mm, 0.000274408 mm dan baja Galvanized diperoleh 0.000274408 mm. Pada rangka pintu Displacement baja ST 37 diperoleh nilai&nbsp; 2.16627 mm, 0.909759 mm, 0.352747 mm dan untuk baja Galvanized diperoleh 0.252454 mm. Nilai Safety Factor pada rangka body baja ST 37 diperoleh nilai minimum 3.40275, 7.50965, 15 dan baja Galvanized diperoleh 15. Pada rangka pintu diperoleh nilai 2.16627, 0.909759, 0.352747 dan baja Galvanized diperoleh 0.252454. berdasarkan simulasi Stress Analysis tersebut diambil kesimpulan bahwa baja ST 37 berdiameter 60.1 mm dan baja Galvanized berdiameter 76.1 mm lebih aman digunakan</em></p> 2022-11-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Feryzal Sutra Perdana, Ali Akbar, Haris Mahmudi