https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/issue/feed Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 2021-03-07T08:38:32+07:00 SEMNAS INOTEK inotek@unpkdr.ac.id Open Journal Systems Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/503 Analisis Faktor-Faktor Stimulus Facebook Live Marketing Berdasarkan Perspektif Kerangka Kerja Stimulus-Organism-Response (S-O-R) 2020-10-27T09:03:29+07:00 Wisnu Kurniadi wisnukurniad27@gmail.com Teduh Dirgahayu teduh.dirgahayu@uii.ac.id <p>Social commerce (s-commerce) adalah salah satu bentuk evolusi dari e-commerce dengan memanfaatkan data dan interaksi jejaring media sosial. Facebook live merupakan salah satu trend marketing dari s- commerce saat ini. Konten berbagi video siaran langsung tersebut dapat menghubungkan banyak audiens secara real- time. Namun, karena seller online shop terkadang tidak memiliki toko fisik, dengan demikian resiko dan keraguan pelanggan kian membesar. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan teknik stimulus yang tepat guna meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga dapat berdampak pada niat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor stimulus dari facebook live marketing yang dapat mempengaruhi niat pembelian oleh konsumen (purchase intention). Model yang dikembangkan diadopsi dari kerangka kerja Stimulus-Organism-Response (SOR framework), karena SOR framework dapat digunakan untuk melakukan prediksi terhadap perilaku individu dalam menggunakan e- commerce. Model penelitian diuji secara empiris dengan data survei 100 pengguna facebook live marketing. Teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan tools SmartPLS 3.0 digunakan untuk membantu proses analisis. Hasilnya menunjukkkan bahwa promotion dan support for recommendation berdampak positif terhadap perceived utilitarian value, selain itu similarity, expertise, promotion, entertainment dan support for social interaction secara positif mempengaruhi perceived hedonic value. Akhirnya dengan dimediasi oleh trust, perceived utilitarian value dan perceived hedonic value terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Wisnu Kurniadi, Teduh Dirgahayu https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/504 Pengenalan Angka Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network 2020-10-27T09:11:29+07:00 Mochamad Bagus Setiyo Bakti bagussetyabakti@gmail.com Yuliana Melita Pranoto ymp@stts.edu <p><em>Bahasa isyarat adalah metode komunikasi dengan menggunakan gerakan tangan yang biasanya dilakukan oleh tuna rungu. Di Indonesia sendiri mempunyai 2 jenis bahasa isyarat yaitu BISINDO dan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Perbedaannya dalam isyarat dasar BISINDO menggunakan dua tangan sedangkan SIBI hanya satu tangan. Dalam paper ini akan membahas pengenalan isyarat angka SIBI dengan menggunakan metode Convolutional &nbsp;Neural Network &nbsp;(CNN). &nbsp;Arsitektur CNN yang&nbsp; digunakan adalah arsitektur &nbsp;LeNet. &nbsp;Arsitektur &nbsp;CNN diproses dalam 3 tahap, 25 epoch, 50 epoch dan 100 epoch. Berdasarkan percobaan yang dilakukan nilai akurasi yang didapat terus meningkat dalam tiap tahapnya, mulai 67.66%, 89.44% sampai nilai akurasi tertinggi dalam proses training sebesar 96.44%. Begitupun dalam proses prediksi data juga mengalami kenaikan dalam tiap tahapnya, mulai </em><em>79.23%, 90.45% sampai didapatkan nilai akurasi tertinggi dalam prediksi data 98.89%. Dari total 90 data testingset, hanya sekali keasalahan dalam prediksi data.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Mochamad Bagus Setiyo Bakti, Yuliana Melita Pranoto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/505 Faktor Yang Harus Dipenuhi Oleh Sistem Informasi Pemerintahan (E-Government) Dalam Menghadapi Disrupsi Revolusi Industri 4.0 2020-10-27T09:19:18+07:00 Roman Andrianto Pangondian roman.andrianto.p@mail.ugm.ac.id Paulus Insap Santosa insap@ugm.ac.id Eko Nugroho nugroho@ugm.ac.id <p><em>Teknologi Informasi serta Komunikasi (TIK) dalam revolusi industri 4.0 memegang peran vital dalam mendukung pertumbuhan sebuah organisasi dan individu yang menggunakannya. Dasar dari sebuah pengembangan TIK tersebut diantaranya adalah infrastruktur TIK yang memadai, perangkat keras serta perangkat lunak, sumber daya manusia yang berkualitas serta keamanan dari TIK itu sendiri. Pada era disrupsi saat ini pemerintah mendorong kementerian/lembaga &nbsp;melakukan &nbsp;transformasi &nbsp;yang &nbsp;sebelumnya &nbsp;segala&nbsp; informasi &nbsp;masih &nbsp;bersifat &nbsp;manual &nbsp;menjadi sebuah informasi yang disajikan secara elektronik, hal ini bertujuan agar segala hal yang berhubungan dengan tupoksi kementerian/lembaga tersebut menjadi transparan dan dapat di akses oleh masyarakat luas, yang mana hal tersebut belum sepenuhnya berjalan di Indonesia. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa faktor, metode dan proses bisnis seperti&nbsp; apa yang dapat diimplementasikan &nbsp;agar layanan e-government di Indonesia siap dalam menghadapi era disrupsi revolusi industri 4.0 dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan/studi literatur. Hasil dari penelitian ini &nbsp;diharapkan &nbsp;dapat &nbsp;menjadi &nbsp;masukan &nbsp;terkait &nbsp;hal &nbsp;apa &nbsp;saja &nbsp;yang &nbsp;harus &nbsp;dipenuhi &nbsp;demi &nbsp;terciptanya &nbsp;layanan &nbsp;e - government yang lebih modern</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Roman Andrianto Pangondian, Paulus Insap Santosa, Eko Nugroho https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/508 Pengembangan Desain Mobile Learning Pada Implementasi Model Blended Learning di PTAIN 2020-10-27T10:19:33+07:00 Sutiah Sutiah sutiah@pai.uin-malang.ac.id Supriyono Supriyono priyono@ti.uin-malang.ac.id <p><em>Teknologi pembelajaran semakin berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi. Pembelajaran berbasis mobile saat ini lebih memudahkan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian berikut ini membahas perancangan Mobile Learning dengan tujuan dapat memenuhi peningkatan kualitas kegiatan belajar dan mengajar dilingkungan PTAIN. Metode Blended Learning yang digunakan dalam penelitian berikut ini dapat menghasilkan tingkat kualitas pembelajaran pada PTAIN. Pengembangan desain mobile learning dengan &nbsp;menerapkan &nbsp;perancangan &nbsp;sistem &nbsp;informasi &nbsp;yaitu &nbsp;data &nbsp;flow&nbsp; diagram, &nbsp;entity &nbsp;relationship &nbsp;diagram. &nbsp;Hasil penelitian ini menunjukkan konsep pemodelan secara logik dan menghasilkan skema database. Pengembangan perancangan Mobile learning menunjukkan hasil yang sesuai dengan skenario sistem dan proses rekayasa kebutuhan. Rekomendasi yang dihasilkan dalam bentuk generate database dan perancangan mobile learning yang ditampilkan dalam bentuk desain secara logik.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Sutiah Sutiah, Supriyono Supriyono https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/509 Pengembangan Manajemen Proyek Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Metode Accelerated SAP Pada Odoo ERP 2020-10-27T10:28:35+07:00 Supriyono Supriyono priyono@ti.uin-malang.ac.id Sutiah Sutiah sutiah@pai.uin-malang.ac.id <p><em>Odoo merupakan sebuah aplikasi bisnis open source dan memiliki kemampuan dalam proyek ERP yang mempunyai banyak modul lengkap mulai dari CRM, Sales Management, Purchase Management, Accounting, POS, Project Management dll. Odoo juga dilengkapi oleh website builder yang mana ini dapat memudahkan pengguna dalam membuat website tanpa memiliki skill programming yang tinggi. Salah satu modul odoo adalah project management. Project management adalah cara untuk mengatur diskrit kerja untuk mencapai tujuan tertentu denga n mengelola cara kerja yang tergantung pada faktor yang berkaitan. Metode Accelerated SAP (ASAP) adalah sebuah metode kerangka yang diterapkan ke dalam project management untuk meningkatkan efisiensi dalam penanganan sebuah proyek Pembelajaran berbasis ICT. Pengembangan Metode Accelerated SAP ke dalam modul Project pada odoo ERP dapat di implementasikan dalam proyek perencanaan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT pada sebuah pengembangan perangkat lunak tersebut dapat dilakukan lebih efisien dan menghasilkan kualitas produk yang baik. Hasil akurasi metode Accelerated SAP mencapai 85 % pada implementasi manajemen proyek perangkat lunak.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Supriyono Supriyono, Sutiah Sutiah https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/510 Usability Testing for E-commerce Taxpayers in the era of Industrial Revolution 4.0 2020-10-27T10:56:31+07:00 Dhyan Kurnia Prasetyanti dee.prasetyanti@gmail.com Paulus Insap Santosa insap@ugm.ac.id Wing Wahyu Winarno wing@mail.ugm.ac.id <p>Pada perkembangan revolusi industri 4.0 Indonesia juga perlu mempertimbangkan penghasilan pajak di masa depan dari pembayar pajak e-commerce. Laporan pajak online (e-filing) di Indonesia telah disosialisasikan dan digunakan sejak tahun 2015. Tujuan penulisan artikel ini adalah&nbsp; untuk mengetahui &nbsp;seberapa banyak pengguna e- commerce &nbsp;yang menggunakan&nbsp; e-filing untuk&nbsp; pelaporan &nbsp;pajak &nbsp;dan &nbsp;berbagai &nbsp;permasalahan &nbsp;terkait peraturan&nbsp; pajak. Metode penelitian menggunakan tinjauan pustaka&nbsp; dari penelitian sebelumnya serta sampling terhadap pengguna e- Filing dari pembayar pajak e-commerce yang diimplementasikan dalam bentuk kuesioner kemudian dianalisis menggunakan &nbsp;metode SUS <em>(System&nbsp; Usability Score)</em>. &nbsp;Hasil &nbsp;dari &nbsp;penelitian &nbsp;ini &nbsp;adalah &nbsp;63,17&nbsp; menunjukkan &nbsp;bahwa menggunakan e-Filing adalah maginal tinggi. Banyak responden mengalami kesulitan dalam menggunakan e-filing sehingga mereka membutuhkan bantuan petugas pajak untuk mempelajari lebih lanjut tentang e-filing. Nilai tertinggi adalah 70 berarti e-filing dapat digunakan dan yang terendah adalah 47,5 berarti responden diperlukan membantu petugas pajak untuk menggunakannya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan terhadap e-filing masih belum maksimal dan perlu adanya bantuan dari petugas pajak untuk informasi mengenai cara pengisian e-filing, serta aturan pajak &nbsp;yang digunakan &nbsp;untuk pengguna&nbsp; e-commerce &nbsp;perlu disosialisasikan &nbsp;oleh &nbsp;pemerintah&nbsp; karena mereka adalah bidang bisnis baru di masa depan.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Dhyan Kurnia Prasetyanti, Paulus Insap Santosa, Wing Wahyu Winarno https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/511 Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta 2020-10-27T12:15:10+07:00 Flourensia Sapty Rahayu sapty.rahayu@uajy.ac.id Limia Kristiani limiakristiani@gmail.com Sharon Fuhrensia Wersemetawar fuhrenchiaw@gmail.com <p><em>Media sosial telah menjadi tren yang tidak&nbsp; dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini termasuk di kalangan remaja. Penggunaan media sosial di kalangan remaja menimbulkan dampak baik itu positif maupun negatif. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh media sosial adalah aspek perilaku sosial. Remaja sebagai seorang manusia yang sedang mengalami peralihan dari masa anak-anak ke dewasa rentan terhadap pengaruh- pengaruh&nbsp; negatif &nbsp;termasuk &nbsp;dari &nbsp;media &nbsp;sosial. &nbsp;Penelitian &nbsp;ini &nbsp;bertujuan &nbsp;untuk &nbsp;mengetahui &nbsp;gambaran &nbsp;perilaku penggunaan serta dampak media sosial terhadap perilaku sosial remaja khususnya di kecamatan Depok, kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk penggalian data adalah kuesioner yang dibagikan ke 376 siswa SMA, SMK dan SMP di kecamatan Depok. Hasil penelitian menunjukkan ada dampak positif dan negatif dari media sosial. Dampak positifnya adalah remaja mendapatkan banyak teman, dapat memperat hubungan satu sama lain, serta dengan penggunaan media sosial remaja dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan ekspresif. Selain itu mereka juga dapat belajar tentang tata krama dan etika dalam berkomunikasi. Dampak negatif yang dirasakan adalah penggunaan media sosial membuat remaja menjadi malas dan jarang bersosialiasi secara langsung dengan orang lain sehingga berpotensi membuat remaja menjadi pribadi yang anti sosial.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Flourensia Sapty Rahayu, Limia Kristiani, Sharon Fuhrensia Wersemetawar https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/512 Pembangunan Ontology Berbasis Metode Methontology Untuk Domain Tuberculosis 2020-10-27T12:21:59+07:00 Khavid Wasi Triyoga khavid@student.uns.ac.id Denis Eka Cahyani denis.eka@staff.uns.ac.id Sari Widya Sihwi sari@staff.uns.ac.id <p><em>Aplikasi knowledge base untuk penyakit tuberculosis seperti repository telah banyak dikembangkan. Pada &nbsp;pengaplikasiannya, &nbsp;metode&nbsp; yang &nbsp;digunakan &nbsp;kebanyakan &nbsp;menggunakan &nbsp;metode&nbsp; konvensional &nbsp;yang &nbsp;memiliki banyak keterbatasan dalam representasi pengetahuan. Ontology adalah ide baru dalam penerapan pengetahuan yang lebih jelas dan kompleks dibandingkan menggunakan metode konvensional. Selain itu <strong>ontology </strong>juga memiliki kelebihan dalam &nbsp;semantic &nbsp;basic &nbsp;query dibandingan dengan &nbsp;metode&nbsp; konvensional. &nbsp;Hasil dari &nbsp;penelitian &nbsp;ini &nbsp;adalah &nbsp;sebuah ontolog<strong>y </strong>yang mampu menjadi dasar penerapan knowledge penyakit tuberculosis.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Khavid Wasi Triyoga, Denis Eka Cahyani, Sari Widya Sihwi https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/513 Analisis Kinerja QoS (Quality of Service) Jaringan WLAN Ukhuwahnet Pada Universitas Muslim Indonesia 2020-10-27T12:28:33+07:00 Erick Irawadi Alwi erick.alwi@umi.ac.id Lutfi Budi Ilmawan lutfibudi.ilmawan@umi.ac.id <p><em>Universitas Muslim Indonesia merupakan sebuah instansi di bidang pendidikan yang menggunakan jaringan internet sebagai salah satu penunjang sarana dan prasana untuk mengelola dan mengatur data informasi serta digunakan mahasiswa untuk mencari referens mengenai perkuliahan mereka.&nbsp; Universitas Muslim Indonesia memiliki 13 fakultas, dimana setiap fakultas menggunakan jaringa wireless LAN sebagai sarana untuk mahasiswa dalam menggunakan jaringan internet, kelemahan dari jaringan wireless LAN dimana buruknya jaringan internet pada jaringan wireless LAN. Maka dari itu peneliti ingin menganalisis Quality of Service (QoS) jaringan wireless LAN pada setiap fakultas di lingkup Universitas Muslim Indonesia. Dengan adanya kualitas jaringan pada Universitas Muslim Indonesia maka akan dilakukan metode wawancara dan observasi terlebih dahulu mengenai masalah yang terjadi pada jaringan wireless LAN pada tiap fakultas, setelah itu akan dilakukan analisis terhadap jaringan wireless LAN dengan menggunakan parameter - parameter Quality of Service yaitu delay, packet loss, bandwidth, troughput.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Erick Irawadi Alwi, Lutfi Budi Ilmawan https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/514 ANALISIS PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP BUDAYA KNOWLEDGE SHARING 2020-10-27T12:37:58+07:00 Rahmad Hidayad rahmad.hidayad@mail.ugm.ac.id Silmi Fauziati silmi@ugm.ac.id Eko Nugroho nugroho@ugm.ac.id <p><em>Pengetahuan dalam organisasi adalah pondasi utama dalam persaingan. Pengetahuan dimiliki oleh individu-individu &nbsp;dalam &nbsp;organisasi&nbsp; yang &nbsp;berkaitan &nbsp;dengan &nbsp;proses bisnis. &nbsp;Untuk &nbsp;mengelola &nbsp;pengetahuan &nbsp;tersebut dikembangkan teknologi Knowledge Management System (KMS). KMS berfungsi untuk membantu mengelola pengetahuan sehingga tidak hilang dan dapat dipergunakan untuk mendorong kemajuan organisasi. Hambatan utama dalam &nbsp;penerapan &nbsp;KMS&nbsp; adalah &nbsp;motivasi. &nbsp;Penelitian &nbsp;ini &nbsp;menganalisis &nbsp;pengaruh &nbsp;KMS &nbsp;memanfaatkan &nbsp;Moodle &nbsp;dan OpenKM &nbsp;dan &nbsp;metode &nbsp;gamifikasi. &nbsp;Analisis&nbsp; dilakukan untuk &nbsp;mengukur &nbsp;pengaruh &nbsp;KMS &nbsp;terhadap &nbsp;performa &nbsp;sharing knowlwedge. Terdapat 4 hipotesis yang diuji dengan hasil keseluruhannya diterima. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan gamifikasi memberikan pengaruh positiv dalam proses knowledge sharing.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Rahmad Hidayad, Silmi Fauziati, Eko Nugroho https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/515 Identifikasi User Requirement dan Fitur Utilities LMS Open Source pada Pelatihan Masyarakat Pedesaan 2020-10-27T12:57:14+07:00 Eko Budi Susilo eko.budi.s@mail.ugm.ac.id P. Insap Santoso insap@ugm.ac.id Rudy Hartanto rudy@mail.ugm.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui User Requirement dan ketersediaan Fitur Utilities LMS (Learning Management System) pada proses bisnis pelatihan masyarakat pedesaan. Pelatihan masyarakat pedesaan merupakan pelatihan yang melibatkan peserta pelatihan dari wilayah administratif penduduk desa yang beraktivitas sebagai pegiat pemberdayaan desa dan memiliki keterbatasan dalam pengetahuan teknologi digital. Perbedaan karakteristik pada proses bisnis pembelajaran dan mempertimbangkan karakteristik pengguna dengan keterbatasan pengetahuan teknologi digital maka hal tersebut menjadi penentu dalam pemilihan dan pengembangan LMS yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan wawancara dan studi literatur. Penelusuran proses bisnis pelatihan dan pengidentifikasian kebutuhan pengguna (user requirement) didasarkan pada teori UCD (User Centered Design). Sedangkan penelusuran Fitur Utilities dilakukan dengan studi literature pada penelitian hasil evaluasi komparasi LMS yang dilakukan sebelumnya. Hasil identifikasi user requirement dan Fitur Utilities dapat diambil irisan antara keduanya sehingga hal tersebut menyimpulkan bahwa platform LMS Moodle sangat memungknkan untuk digunakan.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Eko Budi Susilo, P. Insap Santoso, Rudy Hartanto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/516 Pengujian Kegunaan Aplikasi APOA Menggunakan System Usability Scale untuk Mendukung Revolusi Industri 4.0 2020-10-27T14:03:14+07:00 Anggi Destiyarto anggi.destiyarto@mail.ugm.ac.id Sri Suning Kusumawardani suning@mail.ugm.ac.id Ridi Ferdiana ridi@mail.ugm.ac.id <p><em>Revolusi Industri 4.0 mengubah pola kebutuhan pengguna terhadap aplikasi. Penerapan teknologi informasi &nbsp;dalam kegiatan &nbsp;keimigrasian &nbsp;merupakan &nbsp;hal &nbsp;yang&nbsp; tidak &nbsp;dapat &nbsp;dihindarkan &nbsp;untuk &nbsp;menjaga&nbsp; kedaulatan negara. &nbsp;Peningkatan &nbsp;sektor &nbsp;pariwisata &nbsp;dan &nbsp;perdagangan&nbsp; internasional &nbsp;telah &nbsp;membuat &nbsp;pengamanan &nbsp;orang&nbsp; asing menjadi lebih kompleks. Keamanan pada wilayah Indonesia menghadapi lebih banyak unsur kriminal, penyeberangan ilegal, identitas dan dokumen palsu, atau penyelundupan. Aplikasi Pengawasan Orang Asing (APOA) dibangun untuk memantau lalu lintas orang asing serta keberadaan dan kegiatannya di wilayah Indonesia. Keberadaan orang asing dapat dilaporkan dalam waktu 1x24 jam sejak orang asing tersebut mulai menginap. &nbsp;Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kegunaan dari aplikasi berbasis web yang telah diimplementasikan. Fokus survei penelitian ini adalah pengujian kegunaan aplikasi APOA yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Pengujian kegunaan dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden, yang diproses menggunakan System Usability Score (SUS). Rata-rata skor SUS adalah 58,18 menunjukkan bahwa aplikasi APOA berada pada posisi marginal rendah. Ini berarti bahwa aplikasi belum dapat digunakan dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut, namun masih diperlukan untuk responden sebagai sarana pelaporan orang asing. Skor SUS tertinggi adalah 77,5 berarti dapat digunakan dan yang terendah adalah 45,0 yang berarti tidak dapat digunakan.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Anggi Destiyarto, Sri Suning Kusumawardani, Ridi Ferdiana https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/517 Sistem Informasi Memori Organisasi Pada Sistem Penjaminan Mutu Internal 2020-10-27T14:14:20+07:00 Sulartopo Sulartopo sulartopo@stekom.ac.id Danny Manongga danny.manongga@staff.uksw.edu Albert Kriestian NAN albert.kriestian@staff.uksw.edu <p><em>Banyak pendekatan yang telah dikembangkan dalam pengelolaan aset informasi/data perguruan tinggi, khususnya yang terkait dengan penjaminan mutu internal. Penelitian ini memperkenalkan upaya awal mengembangkan kerangka kerja untuk mengelola aset informasi/data terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) menggunakan Sistem Informasi&nbsp; Memori Organisasi &nbsp;(SIMO). &nbsp;Studi kasus mengambil pada unit kerja &nbsp;program studi, penelitian- pengabdian dan penjaminan mutu dengan target audiens adalah pengelola ketiga unit kerja tersebut. Kerangka kerja yang diusulkan disebut Sistem Informasi Memori Organisasi pada Sistem Penjaminan Mutu Internal (SIMO-SPMI) yang menggambarkan interaksi antara komponen memori program studi, memori penelitian-pengabdian, dan memori penjaminan &nbsp;mutu &nbsp;serta komponen &nbsp;sistem informasi &nbsp;yang mendukung upaya&nbsp; untuk &nbsp;pelaksanaan &nbsp;penjaminan &nbsp;mutu internal program studi khusus bidang akademik. Penelitian ini berkaitan dengan penerapan pengelolaan aset informasi/data di lingkungan perguruan tinggi, dengan pendekatan implementasi bottom-up yang dimulai pada tingkat program studi dan kemudian setelah berhasil dapat dilanjutkan ke tingkat fakultas maupun universitas.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Sulartopo Sulartopo, Danny Manongga, Albert Kriestian NAN https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/518 Identifikasi Kemampuan Akademik Mahasiswa Menggunakan K-Means Clustering 2020-11-02T08:47:14+07:00 Eka Rahmawati erahmawati053@gmail.com Yulison Herry Chrisnanto y.chrisnanto@gmail.com Asri Maspupah asri.maspupah89@gmail.com <p><em>Peningkatan peran&nbsp; dosen dalam penjaminan mutu&nbsp; di &nbsp;perguruan tinggi &nbsp;akan tercapainya kinerja akademik yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Untuk menganalisa kinerja akademik sendiri berarti mengidentifikasi keunikan-keunikan yang ada pada mahasiswa sehingga dalam mengidentifikasi keunikan- keunikan tersebut akan terdapat variabel-variabel&nbsp; yang berpengaruh terhadap kemampuan akademik &nbsp;mahasiswa. Dalam mengidentifikasi kemampuan akademik mahasiswa tidak semua variabel yang digunakan akan berpengaruh terhadap kemampuan akademik mahasiswa. Salah satu cara untuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap kemampuan akademik mahasiswa yaitu dengan algoritma K-Means Clustering. Penelitian ini menghasilkan sistem yang dapat &nbsp;mencari kombinasi variabel untuk dapat &nbsp;mencerminkan&nbsp; suatu kemampuan &nbsp;akademik &nbsp;dari &nbsp;mahasiswa sehingga terdapat variabel yang tidak berpengaruh terhadap kemampuan akademik mahasiswa dengan menggunakan K-Means Clustering. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat variabel yang tidak berpengaruh terhadap kemampuan akademik sehingga terdapat 23 data kemampuan akademik mahasiswa yang tidak sesuai dengan kategori cluster sebelumnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat 73 data kemampuan akademik mahasiswa yang sesuai dengan kategori cluster sebelumnya sehingga memiliki nilai akurasi 73% dan dari semua jumlah cluster yang dimasukkan, untuk cluster yang berjumlah 3 memiliki nilai silhouette coefficient yang paling mendekati nilai Si=1 dengan nilai 0.835409226.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Eka Rahmawati, Yulison Herry Chrisnanto, Asri Maspupah https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/519 SISTEM ESTIMASI BIAYA DAN SUMBER DAYA PROYEK PERANGKAT LUNAK BERBASIS COCOMO II MENGGUNAKAN NEURAL NETWORK 2020-11-02T08:53:53+07:00 Joko Irawan gonzalesokko@gmail.com Yulison Herry Chrisnanto y.chrisnanto@gmail.com Asri Maspupah asri.maspupah89@gmail.com <p>Estimasi biaya &nbsp;dan &nbsp;sumber &nbsp;daya &nbsp;perangkat &nbsp;lunak merupakan&nbsp; bagian &nbsp;tak terpisahkan &nbsp;dari proyek perangkat lunak. Saat melakukan estimasi sering menghadapi dua permasalahan yaitu estimasi berlebihan dan estimasi yang kurang. Estimasi berlebihan akan menimbulkan penambahan alokasi biaya dan sumber daya, sedangkan estimasi yang&nbsp; &nbsp;kurang&nbsp;&nbsp; akan&nbsp; &nbsp;mengurangi&nbsp; &nbsp;kualitas&nbsp; &nbsp;produk.&nbsp; &nbsp;Untuk&nbsp; &nbsp;mengantisipasi&nbsp; &nbsp;terjadinya&nbsp; &nbsp;kesalahan&nbsp; &nbsp;estimasi&nbsp; &nbsp;maka dikembangkan suatu metode untuk mengestimasi biaya dan sumber daya proyek perangkat lunak berbasis Constructive Cost Model 1997 (COCOMO II) dengan menggunakan Algoritma Backpropagation Neural Network. COCOMO II menghasilkan nilai estimasi dari data latih, sedangkan Algoritma Backpropagation digunakan untuk menghasilkan nilai estimasi &nbsp;data &nbsp;uji. &nbsp;Hasil &nbsp;dari &nbsp;perhitungan &nbsp;Backpropagation &nbsp;dilakukan &nbsp;penggabungan &nbsp;dengan &nbsp;model &nbsp;COCOMO&nbsp; II sehingga menghasilkan estimasi biaya dan sumber daya proyek perangkat lunak. Jumlah data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 data. Model yang dikembangkan ini dievaluasi menggunakan PRED. Berdasarkan hasil dari penelitian &nbsp;diperoleh &nbsp;bahwa &nbsp;penggunaan&nbsp; model &nbsp;COCOMO II, dan &nbsp;algoritma &nbsp;Backpropagation &nbsp;memiliki kedekatan dalam &nbsp;melakukan &nbsp;estimasi &nbsp;biaya, &nbsp;dan &nbsp;sumber &nbsp;daya &nbsp;proyek &nbsp;perangkat &nbsp;lunak &nbsp;dengan&nbsp; nilai &nbsp;PRED &nbsp;sebesar &nbsp;75%. Kesimpulan &nbsp;dari&nbsp; penelitian &nbsp;ini &nbsp;model &nbsp;COCOMO &nbsp;II, &nbsp;dan &nbsp;algoritma &nbsp;Backpropagation &nbsp;dapat &nbsp;mengurangi &nbsp;tingkat kegagalan dalam proyek perangkat lunak, berdasarkan estimasi biaya, dan sumber daya.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Joko Irawan, Yulison Herry Chrisnanto, Asri Maspupah https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/520 Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Calon Transmigran Menggunakan Simple Additive Weighting dan Profile Matching 2020-11-02T09:00:07+07:00 Mathilda Fitri Wardani mathildafitri81@gmail.com Gunawan Abdillah mathildafitri81@gmail.com Agus Komarudin mathildafitri81@gmail.com <p><em>Transmigrasi &nbsp;merupakan &nbsp;salah&nbsp; satu &nbsp;program &nbsp;pemerintah &nbsp;dalam &nbsp;mengatasi &nbsp;masalah&nbsp; kepadatan penduduk &nbsp;dengan&nbsp; memindahkan &nbsp;penduduk &nbsp;dari &nbsp;suatu &nbsp;daerah &nbsp;yang &nbsp;padat &nbsp;penduduk &nbsp;ke &nbsp;daerah&nbsp; lain &nbsp;yang &nbsp;jarang penduduk di wilayah Indonesia berlandaskan pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 2000 dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Transmigrasi. Calon transmigran tidak dapat menentukan sendiri daerah tujuan transmigrasi melainkan harus disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga pemerintah diharuskan untuk dapat memilih daerah tujuan transmigrasi yang tepat sasaran untuk calon transmigran. Penelitian ini telah membangun sistem yang mampu merekomendasikan prioritas calon transmigran beserta daerah tujuan transmigrasi dari segi usia, jumlah anggota keluarga, pekerjaan, pendidikan dan keterampilan dengan bobot yang ditentukan oleh pengguna. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting dan Profile Matching. Hasil dari uji coba sistem ini menghasilkan presentase akurasi sistem untuk penentuan calon transmigran sebesar 50% dan akurasi sistem untuk penentuan daerah tujuan transmigrasi sebesar 90%.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Mathilda Fitri Wardani; Gunawan Abdillah; Agus Komarudin https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/521 ANALYSIS OF ELECTRONIC PROCUREMENT SYSTEM (SPSE) WEBSITE QUALITY USING WEBQUAL 4. 2020-11-02T09:06:57+07:00 Erwin S. Panjaitan erwin@mikroskil.ac.id Lihardo Rawaja Haloho haloholihardo@gmail.com <p><em>WebQual merupakan salah satu metode pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir (end-user), yang telah mengalami perubahan mulai dari WebQual 1.0 sampai dengan WebQual 4.0. Penelitian ini menggunakan model WebQual 4.0. yang mengacu pada tiga variabel yaitu kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi sistem menilai kualitas website. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik kualitas website sistem pengadaan secara elektronik Pemerintah Kabupaten Simalungun. Sampel penelitian sebanyak 42 orang, dimana penentuan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pernyataan tentang persepsi pengguna tentang website. Data akan diproses untuk mendapatkan nilai WebQual Index yang digunakan untuk menentukan nilai kualitas sistem. Hasil nilai WebQual Index dari masing-masing variabel yaitu kegunaan adalah 0,85, kualitas informasi adalah 0,87 dan kualitas interaksi sistem adalah 0,86. variabel yang paling mempengaruhi kualitas website sistem pengadaan secara elektronik Pemerintah Kabupaten Simalungun dari penialaian responden adalah variabel kualitas informasi dengan WebQual Index sebesar 0,87. Hasil analisis WebQual Index menunjukkan bahwa kualitas website sistem pengadaaan secara elektronik Pemerintah Kabupaten Simalungun &nbsp;sangat baik dengan nilai Webqual Index sebesar 0,86</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Erwin S. Panjaitan, Lihardo Rawaja Haloho https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/522 Meningkatkan Keamanan Pesan Menggunakan Enkripsi Arnold Cat Map Dan Steganografi Pixel Value Differencing 2020-11-02T09:14:17+07:00 Nizar Haris Masruri nizar.masruri@students.amikom.ac.id Kusrini Kusrini kusrini@amikom.ac.id Andi Sunyoto andi@amikom.ac.id <p><em>Pesan tidak hanya berupa text, namun juga berbentuk gambar.&nbsp; Sebuah pesan gambar terkadang merupakan informasi yang sangat rahasia contohnya gambar informasi barang bukti. Untuk itu dibutuhkan teknik untuk melindungi pesan tersebut agar tidak diketahui oleh pihak lain. Pixel Value Differencing (PVD) merupakan salah satu teknik penyisipan pesan ke dalam data digital seperti gambar (citra) dengan kelebihan kapasitas penampung yang besar. PVD menghitung selisih nilai piksel dengan cara membagi piksel-piksel citra menjadi blok-blok yang terdiri dari dua buah piksel yang posisinya berdekatan yang digunakan sebagai tempat penyisipan pesan. Untuk meningkatkan keamanan, maka dilakukan enksripsi pada pesan citra agar konstruksi citra menjadi tidak beraturan sehingga tidak mudah untuk diketahui &nbsp;dan dimanipulasi oleh pihak lain. Paper ini akan menggabungkan steganografi PVD dan metode enskripsi Arnold Cap Map (ACM). Untuk mengetahui kualitas citra yang tersisipi pesan, maka dilakukan evaluasi kualitas citra dengan perhitungan nilai Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR). Hasil pengujian menunjukkan bahwa citra dengan resolusi 512x512 piksel menghasilkan nilai MSE : 0.36311 dan PSNR &nbsp;(db): &nbsp;57.3356, &nbsp;sedangkan &nbsp;citra &nbsp;dengan&nbsp; resolusi &nbsp;256x256 &nbsp;piksel &nbsp;menghasilkan &nbsp;nilai &nbsp;MSE &nbsp;: &nbsp;11.1786 &nbsp;dan PSNR(db) : 42.4521.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Nizar Haris Masruri, Kusrini Kusrini, Andi Sunyoto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/523 ANALISA PENGGUNAAN CHARCOAL UNTUK SALURAN TRANSMISI 150KV DI TRANSMISSION LINE SUTT JALUR BANGKALAN - SAMPANG 2020-11-02T09:20:54+07:00 Riza Alfita yogya_001@yahoo.co.id Muhammad Rinaldi muhammadrinaldi1602@gmail.com Achmad Fiqhi Ibadillah fiqhi.achmad@gmail.com <p>Jaringan transmisi Bangkalan - Sampang tercatat sering terjadi gangguan yang diakibatkan oleh sambaran petir terutama pada T70 - T77 yang berada pada Bukit Gigir yang kondisi struktur tanah nya berupa batuan. Sehingga nilai pentanahannya tercatat melebihi standart, yaitu 10 Ω untuk tegangan 150kV. Salah satu cara yang dicoba untuk memperbaiki nilai pentanahan pada daerah bertanah batuan adalah dengan mengebor tanah hingga mencapai kedalaman tertentu dan menanamkan&nbsp; <em>ground rod </em>dengan dicampurkan semen konduktif, semen konduktif sebagai penguat sifat konduktif sehinga nilai pentanahan dapat semakin kecil dan gangguan sambaran petir dapat di ketanahkan dengan baik.</p> <p>Metode RCPS <em>(Root Cause Problem Solving) </em>mencari pemecahan masalah dengan penyelesaian terhadap akar masalahnya. Tahanan jenis tanah merupakan kunci utama yang menentukan tahanan tanah dan pada kedalaman berapa batang elektroda harus ditanam agar diperoleh nilai resistansi yang rendah. Setelah penambahan semen konduktif, hasil nilai pentanahan T70 - T77 turun sekitar 60% dari 3 tahun sebelumnya.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Riza Alfita, Muhammad Rinaldi, Achmad Fiqhi Ibadillah https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/524 Pengaruh Perlakuan Alkali Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Poliester Berpenguat Serat Anyaman Batang Pisang 2020-11-02T09:28:16+07:00 Kristomus Boimau kristomus.boimau@staf.undana.ac.id Jermias M. Pell kristomus.boimau@staf.undana.ac.id Jefri S. Bale kristomus.boimau@staf.undana.ac.id Paulus Woru kristomus.boimau@staf.undana.ac.id <p><em>Penggunaan dan pemanfaatan komposit terus berkembang dan semakin diminati oleh industry kecil maupun industri besar. Pengembangan material komposit berbasis serat alam telah diteliti dan dikembangkan sebagai salah satu alternative pengganti komposit berpenguat serat sintesis yang mana limbahnya mencemari lingkungan. Pisang merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan serat namun belum dimanfaatkan secara optimal sebagai penguat material komposit polimer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan alkali 5% pada serat batang pisang terhadap kekuatan tarik komposit polyester dengan penguatan serat anyaman. Specimen uji tarik dibuat sesuai standar ASTM 0638-2 dengan fraksi volume serat sebesar 10%, 15% dan 20%.</em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tarik meningkat seiiring dengan meningkatnya fraksi volume serat. Tegangan tarik terbesar diperoleh pada fraksi volume 20% dengan nilai 24,6 MPa dan regangannya sebesar 0,006 serta modulus elastisitas sebesar 2,67 GPa. Sedangkan nilai terendah diperoleh pada fraksi volume 10% dengan nilai </em><em>10,28 MPa dan regangannya sebesar 0,008 serta modulus elastisitas sebesar 1,3 GPa</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Kristomus Boimau, Jermias M. Pell, Jefri S. Bale, Paulus Woru https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/525 Prototyping Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Posyandu 2020-11-02T09:33:32+07:00 Made Ayu Dusea Widyadara madedara@gmail.com Risa Helilintar risa.helilintar@gmail.com <p><em>Data &nbsp;pelayanan &nbsp;Kesehatan &nbsp;Ibu&nbsp; dan&nbsp; Anak &nbsp;(KIA)&nbsp; meliputi &nbsp;pencatatan &nbsp;pendaftaran &nbsp;pasien &nbsp;baru, pencatatan kunjungan dan pemeriksaan pasien, pencatatan rekam medis, pencatatan surat rujukan pasien, dan laporan pelayanan &nbsp;KIA &nbsp;masih &nbsp;dilakukan &nbsp;dengan &nbsp;menggunakan &nbsp;buku &nbsp;kohort &nbsp;(buku &nbsp;kertas &nbsp;besar&nbsp; dengan &nbsp;banyak &nbsp;tabel). Sedangkan pada peserta KIA data disimpan dalam buku KIA yang merupakan gabungan dari Kartu Menuju Sehat (KMS) ibu hamil, KMS balita, Kartu Keluarga Berencana, Kartu perkembangan anak, dll. Akibatnya sering terjadi duplikasi data medis seperti pencatatan ulang dengan pasien yang sama sehingga riwayat medis tidak bisa berkesinambungan, kesalahan dalam pencatatan, serta pada proses pencarian dan pembuatan laporan membutuhkan waktu &nbsp;lama. &nbsp;Penggunaan &nbsp;teknologi &nbsp;informasi &nbsp;dapat &nbsp;meningkatkan &nbsp;efektivitas &nbsp;dan&nbsp; efisiensi &nbsp;dalam &nbsp;sebuah &nbsp;proses kegiatan agar lebih cepat dicapai. Dalam mengatasi permasalahan ini dibutuhkan teknologi informasi KIA berbasis website &nbsp;yang &nbsp;dilengkapi &nbsp;dengan &nbsp;sistem&nbsp; pencatat &nbsp;data&nbsp; pasien, &nbsp;rekam&nbsp; medis pasien, &nbsp;dan laporan &nbsp;pelayanan &nbsp;KIA. Harapan dengan dibangunnya sistem Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), maka data KIA pada posyandu menjadi lebih berkualitas, terintegrasi, dan lebih mudah dalam pembuatan laporan. Pemberian imunisasi dan vitamin kepada anak dan balita lebih terkendali. Serta tercipta keseragaman dalam pengolahan informasi dan data posyandu secara online.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Made Ayu Dusea Widyadara, Risa Helilintar https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/526 Sistem Informasi Penjualan Daging Sapi Berbasis Web 2020-11-02T09:43:19+07:00 Zam Zam Ibnu Azhar Assronjani azharzam46@gmail.com Rina Firliana rina@unpkediri.ac.id Kartika Rahayu Tri Prasetya Sari kartika@unpkediri.ac.id <p><em>Perkembangan sistem komputerisasi tidak telepas dari perkembangan teknologi yang hampir mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkannya tentu &nbsp;akan&nbsp; meningkatkan &nbsp;efisien &nbsp;dan&nbsp; efektivitas &nbsp;kerja. &nbsp;Kios &nbsp;Mbaran&nbsp; Jaya &nbsp;merupakan &nbsp;salah&nbsp; satu&nbsp; kios daging di Tulungagung yang mempunyai beberapa mitra kerja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah lemahnya pada sistem informasi persediaan dan pemesanan daging menghasilkan masalah yaitu penumpukan daging dan kehabisan daging di salah satu kios. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pengembangan waterfall. Dengan 4 tahapan diantaranya analisa sistem, desain, implementasi, dan pengujian. Untuk proses perencanaan sendiri dengan melakukan pengumpulan data berupa identifikasi masalah dengan cara observasi guna menentukan kebutuhan user, kemudian untuk proses analisa menggunakan analisa proses bisnis.penelitian ini sendiri diharapkan mampu mengintergrasikan stakeholder yang terkait. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lagi agar lebih sempurna untuk verifikasi dan pengembangan ke aplikasi mobile.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Zam Zam Ibnu Azhar Assronjani, Rina Firliana, Kartika Rahayu Tri Prasetya Sari https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/527 Pemilihan Roti Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) 2020-11-02T09:48:32+07:00 Riyanto Riyanto Riyanto082233465534@gmail.com Rina Firliana rina@unpkediri.ac.id Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id <p><em>Penelitian ini bermanfaat untuk membuat suatu aplikasi system pendukung keputusan pemilihan menu makanan &nbsp;pada &nbsp;Toko &nbsp;Roti &nbsp;barokah &nbsp;dengan &nbsp;menggunakan &nbsp;metode &nbsp;simple &nbsp;additive &nbsp;weighting &nbsp;(SAW).Aplikasi&nbsp; ini membantu pemilik rumah makan untuk merating menu makanan terbaik berdasarkan pembobotan nilai kriteria yg di perlukan.Sistem pendukung keputusan ini di rancang dengan model Waterfall dan di implementasikan ke dalam aplikasi Website. Aplikasi website ini nantinya akan di kembangkanbahasa pemrograman PHP,HTML dan hasilnya berupa aplikasi untuk merangking kue roti yang nantinya ini akan sangat membatu baik bagipemilik rumah makan maupun calon pembeli.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Riyanto Riyanto, Rina Firliana, Sucipto Sucipto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/528 Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree 2020-11-02T09:56:03+07:00 Muhammad Fikrun Nadhif fikrun.nadhifff@gmail.com Rini Indriati rini.indriati@unpkediri.ac.id Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id <p>Jaringan &nbsp;Komputer &nbsp;dapat &nbsp;diartikan &nbsp;sebagai &nbsp;dua &nbsp;atau &nbsp;lebih &nbsp;komputer &nbsp;yang &nbsp;dihubungkan &nbsp;dengan menggunakan &nbsp;sebuah &nbsp;sistem &nbsp;komunikasi. &nbsp;Latar &nbsp;belakang &nbsp;penelitian &nbsp;ini &nbsp;oleh, &nbsp;jaringan &nbsp;komputer &nbsp;yang&nbsp; belum menggunakan <em>router mikrotik </em>secara maksimal untuk manajemen <em>bandwidth </em>jaringan lokal menjadi tidak terkontrol yang menyebabkan pembagian <em>bandwidth </em>tidak merata dan tidak stabil. Untuk mengatasi tidak tekontrol dan tidak stabilnya jaringan maka perlu dilakukan manajemen <em>bandwidth</em>. Manajemen <em>bandwidth </em>dilakukan menggunakan <em>router mikrotik</em>. Metode yang digunakan untuk membagi <em>bandwidth </em>menggunakan <em>Queue Tree</em>. Dengan membatasi <em>bandwidth </em>untuk setiap <em>client </em>yang sedang aktif <em>internet </em>dengan aktifitas <em>streaming</em>, <em>browsing</em>, <em>upload </em>dan <em>download</em>. Untuk mengukur &nbsp;performasi &nbsp;jaringan &nbsp;komputer &nbsp;sesudah &nbsp;menggunakan &nbsp;Queue tree &nbsp;akan &nbsp;di&nbsp; ukur &nbsp;dengan &nbsp;parameter &nbsp;<em>QoS </em>(<em>Quality of Service</em>) mengacu ke tingkat kecepatan dan keandalan penyampaian berbagai jenis beban data dala suatu komunikasi, secara teknis yaitu <em>Delay</em>, <em>Throughput</em>, <em>Jitter</em>, dan <em>Packet Loss</em>. Kesimpulan dari penelitian ini manajemen <em>bandwidth </em>dengan metode <em>queue tree </em>ini dapat membantu admin dalam membagi <em>bandwidth </em>agar jaringan komputer menjadi rata dan stabil. Pengembangan hasil penelitian direkomendasikan untuk melakukan kontrol dan pengawasan agar <em>bandwidth </em>sesuai dengan dengan kebutuhan.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Muhammad Fikrun Nadhif, Rini Indriati, Sucipto Sucipto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/529 Implementasi Sistem Informasi Tugas Akhir Menggunakan Metode Classic Life Cycle 2020-11-02T10:18:16+07:00 Muhammad Andhika Dharmawan andikadarmawan454@gmail.com Rini Indriati rini.indriati@unpkediri.ac.id Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id <p><em>Dalam&nbsp; dunia &nbsp;teknologi &nbsp;internet &nbsp;sangatlah &nbsp;diperlukan &nbsp;dalam &nbsp;menyampaikan &nbsp;informasi.. &nbsp;Internet &nbsp;sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan seperti Universitas. Dukungan sistem informasi dalam peningkatan mutu pelayanan akademik yang terdiri dari banyaknya proses diantaranya perencanaan perkuliahan hingga proses akhir seperti halnya bimbingan skripsi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem yang belum mengaplikasikan proses pengajuan judul skripsi, mahasiswa harus menyerahkan berkas pengajuan judul untuk mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Hal ini yang mengakibatkan sistem menjadi kurang efektis sehingga perlu dikembangkan dalam bentuk aplikasi . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pengembangan metode classic life cycle, dengan 4 tahapan diantaranya analisa sistem, desain, implementasi, dan pengujian. Pada penelitian ini menggunakan pengujian blackbox, hasil dari &nbsp;penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat digunakan sebagai salah satu media untuk membantu mahasiswa dalam proses pengajuan judul skripsi kapan dan dimana saja secara online selama masih didukung dengan jaringan internet. Berdasarkan kesimpulan yang sudah dikemukakan dengan melakukan perbaikan pada tampilan agar responsive ketika aplikasi ini di akses melalui smartphone atau media yang lebih kecil dari laptop ataupun pc agar bisa menyesuaikan sesuai ukuran media yang digunakan .</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Muhammad Andhika Dharmawan, Rini Indriati, Sucipto Sucipto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/530 Penerapan Algoritma Levenshtein Distance pada Aplikasi Asisten Guru Bahasa Inggris 2020-11-02T10:24:03+07:00 M. Fahrur Azhri amfahrur@gmail.com Daniel Swanjaya daniel@unpkediri.ac.id Ratih Kumalasari Niswatin ratih.workmail@gmail.com <p><em>Many plagiarism acts among high school students when submitting assignments and lacking systems which are able to detect similarities in the contents of students’ tasks. In a nutshell, the teacher finds it difficult to get the authenticity of the tasks done by students. This study aims at creating an English teacher assistant application, to make it easier to correct the authenticity of students’ essay assignments so that the teacher can get the task that is the original work of the students themselves without any act of plagiarism. This application is divided into two stages, namely the stages of the text preprocessing and then the similarity calculation is done with the Levenshtein Distance algorithm. Stages of text preprocessing consist of tokenizing, purifying, stopword removal, stemming, and sorting. To get text similarity scores between students, calculations are made with the Levenshtein Distance algorithm by applying the limit of the text similarity value (threshold) to 70%, if the students’ text similarity is less than 70%, the document will be received by the system and entered into the database. Text similarity exceeds 70%, then the document will be rejected. Therefore, the results of this study can help English teachers, especially educational institutions, to obtain original documents and reduce plagiarism from an early age at the high school level.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 M. Fahrur Azhri, Daniel Swanjaya, Ratih Kumalasari Niswatin https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/531 Disease Idenification of Rice Plants Using The Forward Chaining Method 2020-11-02T10:32:05+07:00 Hestia Sunjani hestiasunjani@gmail.com Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Teguh Andriyanto teguh@unpkediri.ac.id <p><em>Petani &nbsp;di &nbsp;Indonesia &nbsp;pada &nbsp;umumnya &nbsp;dan&nbsp; Kabupaten &nbsp;Tulungagung &nbsp;khususnya &nbsp;sering &nbsp;didapati mengalami gagal panen yang salah satunya disebabkan ada nya penyakit tanaman padi. Kesalahan ini diderita karena kurangnya informasi mengenai gejala-gejala yang di timbulkan&nbsp;&nbsp; dan kurang cepat nya para petani mengetahui penyebab penyakit tanaman padi tersebut. Oleh sebab itu dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam mendiagnosa penyakit tanaman padi. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi berbasis web yang telah dikembangkan mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Pada penelitian ini si peneliti di Desa Jeli &nbsp;Kec. karangrejo Kab. Tulungagung ini menghasilkan satu sistem pakar yang berfungsi untuk membantu CV Medika Alam Sakina sehingga lebih dimudakan untuk mengubah kodingan.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Hestia Sunjani, Sucipto Sucipto, Teguh Andriyanto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/532 Penentuan Kualitas Ayam Petelur Menggunakan Metode Simple Additive Weighting 2020-11-02T10:39:07+07:00 Putri Rahayu putrirhy005@gmail.com Rini Indriati rini.indriati@unpkediri.ac.id Teguh Andriyanto teguh@unpkediri.ac.id <p><em>Pengembangan usaha ternak ayam petelur khususnya pada peternakan CV. Santoso sering didapati mengalami kendala yang sering muncul diantaranya kualitas telur yang dihasilkan kurang bagus yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Umur Ayam, Nutrisi &nbsp;Pakan, Bobot Ayam, Suhu lingkungan.&nbsp; Hal ini disebabkan oleh pengaruh fisik dan sistem pemeliharaan pada peternakan. Oleh sebab itu dilakukan analisa menggunakan metode Simple Additive Weighting SAW yang dimaksudkan untuk membantu peternak mendapatkan kualitas telur yang bagus berdasarkan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode SAW mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Pada penelitian yang dilakukan di Desa Buntaran &nbsp;Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung ini menghasilkan alternatif tiap kriteria dan mencari nilai bobot tiap atribut kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menghasilkan alternatif yang optimal untuk membantu CV Santoso sehingga lebih mudah untuk menghasilkan kualitas ayam petelur unggul.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Putri Rahayu, Rini Indriati, Teguh Andriyanto https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/533 PEMODELAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM SISTEM ANALISA POLA KETERJANGKITAN PENYAKIT DI PUSKESMAS 2020-11-02T10:53:33+07:00 Rika Rianty rikarianty7@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com <p><em>Puskesmas adalah sebagai ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia berperan mewakili daerah kecamatan untuk menangani pasien dari setiap desa dengan jenis penyakit pasien yang berbeda-beda. Dalam usaha peningkatan kesehatan, penguasaan teknologi perlu ditingkatkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuat sistem yang bisa digunakan untuk menentukan hasil analisa pola keterjangkitan penyakit di Puskesmas Tiron. Pada penelitian ini telah dibangun sistem keterjangkitan penyakit di&nbsp; masyarakat wilayah puskesmas Tiron kecamatan Banyakan yang melakukan anlisa kelompok serta mencari pola dari sebuah nilai rekam medis. </em></p> <p><em>Algoritma yang digunakan sebagai proses utama dari analisa pola keterjangkitan penyakit adalah algoritma </em><em>apriori &nbsp;dengan &nbsp;menggunakan &nbsp;minimum &nbsp;support &nbsp;untuk &nbsp;menemukan &nbsp;aturan&nbsp; asosiasi. &nbsp;Aplikasi &nbsp;pola &nbsp;keterjangkitan penyakit menghasilkan aturan asosiasi periode 5 bulan terakhir yaitu dari bulan Juli sampai November 2018 dengan jumlah 222 data, dengan nilai minimum support 2%. Dengan demikian, dari 222 pasien yang terjangkit Flu juga terjangkit &nbsp;Diare &nbsp;dengan &nbsp;jumlah &nbsp;nilai &nbsp;sebesar&nbsp; 17%. &nbsp;Jadi, &nbsp;dapat &nbsp;diketahui &nbsp;keterjangkitan &nbsp;penyakit &nbsp;yang &nbsp;sering dikeluhkan pasien di Puskesmas Tiron Kecamatan Banyakan yaitu Flu dan Diare. Selain itu juga mendapatkan hasil </em><em>15% yaitu pasien yang terjangkit Batuk juga terjangkit Flu, dan terendah didapatkan hasil Diare juga terjangkit </em><em>Migrain sebesar 13%.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Rika Rianty, Patmi Kasih https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/534 Implementasi Pola Penjualan Barang di Minimarket Menggunakkan Metode Apriori 2020-11-02T14:24:17+07:00 Septiandy Adibya Pratama Putra adidtya86@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Julian Sahertian juliansahertian@unpkediri.ac.id <p><em>Hampir &nbsp;semua &nbsp;minimarket &nbsp;menggunakan &nbsp;sistem&nbsp; komputerisasi &nbsp;dalam &nbsp;menyimpan &nbsp;data penjualan. Data transaksi yang ada dalam database penjualan barang menyimpan jumlah record transaksi penjualan yang memiliki data yang sangat besar sehingga menyebabkan jumlah data terus menerus bertambah setiap harinya. Jumlah data yang begitu besar dapat menjadi masalah bagi minimarket tersebut jika tidak dapat dimanfaatkan datanya untuk meningkatkan penjualan barang. Dari permasalahan di atas maka dapat diselesaikan dengan cara membuat sistem yang dapat mengolah data yang selama ini hanya dijadikan sebagai arsip agar dapat digunakan untuk meningkatkan &nbsp;penjualan &nbsp;barang. &nbsp;Berdasarkan &nbsp;hasil &nbsp;dari &nbsp;simpulan&nbsp; ini &nbsp;adalah &nbsp;rancangan &nbsp;sistem &nbsp;yang &nbsp;dapat memberikan solusi berupa kombinasi produk sebagai acuan dalam penentuan diskon barang dan penataan letak barang. Hasil diperoleh dari data 500 transaksi diambil 4 barang dengan support tertinggi&nbsp; setelah itu dibuat 2 kombinasi itemset dari 4 barang tersebut menjadi 12 kombinasi barang. Dari 2 kombinasi itemset dibuat 3 kombinasi itemset &nbsp;menjadi 24 kombinasi &nbsp;barang. Setelah itu, dari &nbsp;24&nbsp; kombinasi barang diambil 5 kombinasi barang yang memiliki support dan confidance tertinggi untuk dijadikan hasil analisa.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Septiandy Adibya Pratama Putra, Patmi Kasih, Julian Sahertian https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/535 IMPLEMENTATION OF THE SINGLE LINKAGE METHOD IN DETERMINING THE PROMOTION MENU IN THE BENGKEL CAFE KEDIRI 2020-11-02T14:32:39+07:00 Fitri Indah Febriana indahfitri726@gmail.com Intan Nur Farida in.nfarida@gmail.com Daniel Swanjaya swanjayadaniel@gmail.com <p><em>B</em><em>anyaknya pesaing bisnis di bidang cafe membuat pengusaha cafe harus mampu bersaing dengan pengusha cafe lainnya. Dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi diharapkan mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan menentukan menu promosi yang tepat. Dalam pengelompokkan menu makanan ini digunakan algoritma Single Linkage Clustering (Metode Hierarki) untuk megelompokkan menu makanan dan minuman dari data hasil penjualan di Bengkel Cafe &amp; Resto &nbsp;yang terjual setiap bulan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Euclidien Distance (Jarak) &nbsp;untuk melakukan perhitungan jarak, kemudian dilakukan proses &nbsp;clustering&nbsp; (pengelompokkan) data&nbsp; yang&nbsp; akan dibagi &nbsp;menjadi &nbsp;menjadi 3&nbsp; kelompok &nbsp;cluster &nbsp;yaitu kelompok/cluster&nbsp; &nbsp;menu yang dikategorikan menu kurang laku, kelompok/cluster menu sedang dan kelompok/cluster menu kurang laku dengan menginputkan data hasil penjualan tersebut &nbsp;selama satu bulan kedalam sistem kemudian akan dihasilkan menu rekomendasi yang akan dipertimbangkan sebagai menu promosi.&nbsp; &nbsp;Tujuan yang hendak ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membangun sistem untuk mengetahui penjualan&nbsp; makanan &nbsp;dan&nbsp; minuman yang kurang&nbsp; &nbsp;diminati/menu &nbsp;kurang laku &nbsp;menggunakan metode Single Linkage Clustering. Dari hasil&nbsp; &nbsp;percobaan&nbsp;&nbsp; dengan menggunakan metode Single Linkage Clustering&nbsp;&nbsp; menggunakan sampel data selama 1 bulan yaitu bulan Juli&nbsp; &nbsp;2018 dengan menu sebanyak 34 menu makanan dan minuman &nbsp;didapatkan rekomendasi menu yang tergolong kurang laku sebanyak 27 menu yang akan dipertimbangkan sebagai menu promosi. &nbsp;Kesimpulan dari penelitian ini adalah &nbsp;pada metode ini algoritma clustering khususnya metode Single Linkage Clustering &nbsp;dapat digunakan untuk mengelompokkan menu dan sistem rekomendasi untuk memudahkan pihak manager resto &nbsp;dalam pemilihan menu yang tepat sebagai menu promosi.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Fitri Indah Febriana, Intan Nur Farida, Daniel Swanjaya https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/536 Pengelompokan Dan Prediksi Data Penjualan Pada Minimarket Sumber Rejeki 2020-11-02T14:37:50+07:00 Muhammad Nur Fachrudin fachrudinacinx@gmail.com Daniel Swanjaya danielswanjaya@unpkediri.ac.id Risa Helilintar risa.helilintar@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemilik kesulitan dalam menentukan perkiraan penjualan pada bulan berikutnya dengan menggunakan cara manual sehingga proses pengadaan barang tidak tepat sasaran. Dari latar belakang permasalahan tersebut bertujuan untuk memprediksi data penjualan bulan berikutnya. Metode untuk menghitung prediksi penjualan dengan dua metode, metode K-Means dan Metode Fuzzy Tsukamoto. Data yang digunakan penjualan beras strawberry pada tanggal 1 Januari 2018 sampai dengan 30 Juni 2018. Hasil penelitian prediksi beras untuk tanggal 1 Juli 2018. Hasil penelitian ini telah berhasil membuat system mengukur ketepatan prediksi penjualan pada hasil pengelompokan dengan menggunakan metode K-Means dan Fuzzy Tsukamoto. Sehingga pengguna lebih mudah dalam menentukan perkiraan penjualan beras pada bulan berikutnya secara efektif dan efisien</em>.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Muhammad Nur Fachrudin, Daniel Swanjaya, Risa Helilintar https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/537 DESIGN SYSTEM APPLICATION FOOD BASED ONLINE WITH SERVICE DELIVERY ORDER 2020-11-02T14:43:34+07:00 Aryo Widodo Saputro aryowidodo69@gmail.com Niska Shofia niskashofia@unpkediri.ac.id Julian Sahertian julian.sahertian@gmail.com <p>Perkembangan &nbsp;teknologi &nbsp;yang &nbsp;sangat &nbsp;cepat telah&nbsp;&nbsp; &nbsp;membawa &nbsp;manusia&nbsp; memasuki &nbsp;kehidupan &nbsp;yang berdampingan dengan informasi dan teknologi. Dengan teknologi informasi yang berkembang saat ini, pengelolaaan informasi dapat dilakukan secara lebih aktual dan optimal. Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk mencapai efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi, yang ditunjukkan untuk dengan kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan keakuratan informasi.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; &nbsp;Tempat ini belum memiliki <em>service delivery order </em>dan media pesanan <em>online</em>. Untuk lebih meningkatkan pelayanan, maka diterapkan <em>design system application food based online with service delivery &nbsp;order. </em>Karena dengan aplikasi tersebut pelanggan dapat melihat daftar menu melalui internet dan memesan <em>service delivery order </em>dengan nyaman tanpa menguras tenaga. Dengan sistem ini menu makanan yang dipesan oleh pelanggan akan diterima pada admin yang terdapat pada restoran, kemudian database pesanan dan menampilkan letak koordinat pemesan melalui <em>google map</em>, sehingga memudahkan petugas &nbsp;untuk mengetahui alamat pelanggan serta membawa pesanan ke pelanggan dengan aman, nyaman dan tepat sasaran. Berdasarkan kesimpulan hasil pengujian bahwa <em>design system application food based online with service delivery order </em>telah berhasil dibuat dan penggunaan aplikasi ini memudahkan konsumen dalam memesan makanan dari rumah. Disarankan agar dalam sistem aplikasi ini dikembangkan lagi menjadi aplikasi yang lebih baik.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Aryo Widodo Saputro, Niska Shofia, Julian Sahertian https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/538 Expert System For AC Central Diagnostics Using The VB-Based Forward Chaining Method 2020-11-02T14:48:46+07:00 Imam Machfudin imammmdecade@gmail.com Danar Putra Pamungkas danar@unpkediri.ac.id Danang Wahyu Widodo danangwahyuwidodo@unpkediri.ac.id <p>Seiring dengan berjalannya waktu dan teknologi harus diakui masih terbatasnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia ditambah lagi kondisi demografis Indonesia yang merupakan kendala dalam proses pemerataan mutu pendidikan. Ketidakmeratan mutu pendidikan ini dipengaruhi antara lain ketersedian materi penunjang pelajaran baik buku maupun alat peraga pelajaran. Karena hal tersebut aplikasi ini dirancang guna membantu pekerjaan teknisi khususnya taknisis ac central dalam mendiagnosis kerusakan pada AC Central.</p> <p>Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0, dan Ms Acces Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah para teknisi AC Central untuk melakukan pekerjaan supaya lebih cepat mengetahui kerusakan sebuah AC Central. Seluruh gejala kerusakan, penyebab kerusakan, dan solusi penangannya sudah terdapat dalam database. User dapat langsung mendiagnosis kerusakan AC Central dengan langsung membuka aplikasi dan menjawab beberapa rule pertnyaan yang merupakan gejala yang timbul. Setelah menyelesaikan pertanyaan yang tertera dalam aplikasi, user dapat menemukan solusi dan penanganannya.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Imam Machfudin, Danar Putra Pamungkas, Danang Wahyu Widodo https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/539 Sistem Bantu Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Dengan Simple Additive Weight (SAW) 2020-11-02T14:55:38+07:00 Mochamad Nur Cahyo nurcahyo838@gmail.com Intan Nur Farida in.nfarida@unpkediri.ac.id Patmi Kasih fatkasih@gmail.com <p><em>Kucing merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan manusia. Hewan ini juga tak luput dari penyakit hewan &nbsp;khususnya penyakit kulit. Penyakit kulit merupakan penyakit yang umum diderita oleh kucing tapi, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka penyakitnya dapat bertambah parah dan mengakibatkan kematian. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sistem yang dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit kulit pada kucing</em></p> <p><em>Algoritma yang digunakan dalam peneltian ini adalah algoritma SAW(Simple additive Weight) dengan menggunakan 5 tanda-tanda penyakit kulit sebagai inputan. Proses awal Aplikasi diagnosa penyakit kulit kucing yaitu user menginputkan data tanda penyakit setelah itu dilakukan perhitungan sistem. Dari penelitian ini dihasilkan penyakit kulit yang diderita user beserta pencegahannya. Dari hasil penlitian aplikasi diagnosa penyakit kulit kucing didapatkan akurasi &nbsp;100%, aplikasi ini &nbsp;diharapkan dapat membantu para pemelihara kucing merawat atau memberi pencegahan pada kucing yang terkena penyakit kulit.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Mochamad Nur Cahyo, Intan Nur Farida, Patmi Kasih https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/540 Penerapan Metode Triple Exponential Smoothing pada Aplikasi Peramalan Penjualan Jenis Meubel di UD. Karya Jati 2020-11-02T15:02:27+07:00 Nanda Wibi Saputra Nandawibi89.nws@gmail.com Ratih Kumalasari Niswatin ratih.workmail@gmail.com Daniel Swanjaya daniel@unpkediri.ac.id <p><em>Pemilik perusahaan mebel UD.Karya Jati sering mengalami masalah saat meramalkan penjualan meubelnyaPada bulan Juli 2018 berketepatan pada hari raya banyak konsumen yang mencari mebel jenis kursi dan meja ruang tamu sedangkan perusahaan menyediakan &nbsp;barang tersebut dengan jumlah sedikit. Hal ini akan membuat perusahaan akan menghadapi kehabisan persediaan, sehingga perlanggan terpaksa menunggu terlalu lama untuk produk yang diinginkan.</em></p> <p><em>Penelitian ini menggunakan algortima Exponential Smoothing untuk melakukan peramalan pada bulan berikutnya. Dalam metode Exponential Smoothing dibagi 3 yaitu Single, Double dan Triple. Yang dipakai dalam penelitian ini ada Triple Exponential Smoothing. Yang bertugas menghandel semua sistem yang berhubungan dengan penjualan adalah kasir. Proses awal kasir menginputkan data produk dan data penjualan bulan sebelumnya, kemudian dapat dilakukan proses peramalan. Dari hasil perhitungan peramalan menggunakan Triple Exponential Smoothing didapatkan nilai hasil peramalan penjualan jenis meubel, dengan adanya sistem ini dapat membantu UD. Karya Jati untuk meramalkan penjualan jenis meubel pada bulan berikutnya.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Nanda Wibi Saputra, Ratih Kumalasari Niswatin, Daniel Swanjaya https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/541 Classification of Aglaonema Plants Berdasarkan Corak Daun 2020-11-02T15:09:06+07:00 Taufiq Nurhidayat taufiqnurhidayat29@gmail.com Patmi Kasih fatkasih@gmail.com Ardi Sanjaya dersky@gmail.com <p>Seiring berjalannya waktu teknologi mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya, baik dalam segi perangkat keras maupun dalam segi perangkat lunak. Salah&nbsp; satu teknologi &nbsp;yang terbentuk dari perkembangan perangkat lunak adalah teknologi pengolahan citra. Teknologi ini sering digunakan untuk pengembangan riset dan aplikasi. Oleh sebab itu banyak metode dan algoritma yang diciptakan untuk membantu para peneliti dalam menganalisa suatu obyek citra maupun media. Akan tetapi ada sesuatu yang kurang atau bagi pecinta tanaman, kususnya pecinta tanaman aglaonema atau sri rejeki. &nbsp;Karena dengan banyaknya &nbsp;persilangan tanaman sri rejeki khususnya masyarakat Kediri kurang begitu mengetahui akan macam-macam &nbsp;jenis tanaman sri &nbsp;rejeki. &nbsp;Oleh &nbsp;sebab &nbsp;itu &nbsp;penulis &nbsp;terdorong &nbsp;untuk &nbsp;membuat &nbsp;suatu&nbsp; aplikasi &nbsp;klasifikasi &nbsp;tanaman &nbsp;sri &nbsp;rejeki berdasarkan corak daun menggunakan metode KNN (K-Nearest Neighbor). untuk proses klasifikasi citra sri rejeki. Citra yang dipilih akan dilakukan konversi citra RGB (Merah Hijau Biru) menjadi warna ke abuan(grayscale), kemudian dilakukan proses deteksi tepi, kemudian diubah ke citra biner setelah keluar nilai citra 0 adalah nilai hitam dan 1adalah nilai putih, lalu nilai dinormalisasi metode KNN dihitung nilai jaraknya menggunakan jarak pendekatan<em>. </em>Proses terakhir mencari nilai jarak yang terdekat dari data yang sering muncul yang &nbsp;dijadikan &nbsp;acuan &nbsp;sebagai &nbsp;hasil &nbsp;dari &nbsp;klasifikasi &nbsp;kelas &nbsp;atau &nbsp;label &nbsp;jenis &nbsp;sri &nbsp;rejeki &nbsp;crispum, &nbsp;sri&nbsp; rejeki commutatum plant, dan sri rejeki costatum. Hasil pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini, untuk citra jenis sri rejeki diperoleh dengan jumlah data pelatihan sebanyak pengenalan 3 jenis tanaman sri rejeki data uji coba sebanyak 90 citra memperoleh persentase 75,55%. &nbsp;Pada aplikasi ini cara memotret memiliki peran penting dalam proses klasifikasi jenis tanaman sri rejeki. Semakin baik gambar, tingkat kecerahan dan banyaknya data training pada daun sri rejeki tersebut maka prosentase tingkat keberhasilan akan semakin tinggi. dan untuk progam ini masih berbasis desktop dan dapat dikembangkan dengan progam berbasis android supaya lebih mudah dan lebih simpel untuk digunakan.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Taufiq Nurhidayat, Patmi Kasih, Ardi Sanjaya https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/542 Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil 2020-11-02T15:14:43+07:00 Eko Nurkholis semnasinotek@unpkediri.ac.id Ardi Sanjaya dersky@gmail.com Ahmad Bagus Setiawan bagus.este@gmail.com <p><em>Penyewaan mobil merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Penentuan harga yang kurang tepat dapat menyebabkan enggannya pelanggan untuk menyewa atau melakukan transaksi dengan pihak penyewa. Selain itu kecepatan dalam menanggapi keinginan pelanggan juga harus diperhitungakan. Berkaitan dengan efektifitas pihak penyewa, maka pihak penyewa dituntut untuk membuat suatu sistem penentu harga sewa mobil. Dengan adanya sistem informasi dapat mempermudah pihak penyewaan mobil mengambil keputusan untuk menentukan harga sewa mobil. Pada sistem rekomendasi harga sewa mobil ini menggunakan metode Fuzzy Mamdani dengan menggunakan tiga variabel Fuzzy yaitu : kapasitas mesin, kapasitas tempat duduk, dan harga/budget yang dimiliki. Sistem rekomendasi harga sewa mobil ini dibuat untuk membantu pihak penyewa dalam merekomendasikan harga sewa mobil sesuai dengan kriteria yang&nbsp; diinginkan. &nbsp;Hasil penelitian ini &nbsp;adalah adanya aplikasi penentu harga sewa&nbsp; mobil dengan algoritma Fuzzy Mamdani yang dapat digunakan untuk merekomendasikan harga sewa mobil.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Eko Nurkholis, Ardi Sanjaya, Ahmad Bagus Setiawan https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/543 Mathematics Education Games For Children Class 4 Using the Finite State Machine Method 2020-11-02T15:22:18+07:00 Mukhlas Rifai mukhlasrifai123@gmail.com Intan Nur Farida in.nfarida@gmail.com Danang Wahyu Widodo danangwahyuwidodo@unpkediri.ac.id <p><em>Perilaku anak-anak lebih menyukai bermain game dan melupakan kegiatan utama mereka untuk belajar menjadi permasalahan yang harus ditindak lanjuti,, terutama pelajaran matematika yang seharusnya menjadi kegiatan yang wajib mereka kerjakan sebagai seorang siswa. Sehingga diperlukan sebuah game edukasi matematika yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta mampu menambah motivasi anak untuk menarik minat belajar siswa.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Merancang Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas 4?&nbsp; (2) Bagaimana menarik &nbsp;minat siswa &nbsp;untuk &nbsp;semangat &nbsp;belajar&nbsp; matematika &nbsp;menggunakan &nbsp;Game Edukasi Matematika? (3) Bagaimana implementasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas?.Penelitian ini menggunakan metodeFinite State Machine (FSM), yaitu salah satu bidang Artificial Intelegence (AI) yang dapat diaplikasikan pada game AI. Prinsip kerjanya dengan menggunakan tiga hal berikut : state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi). FSM&nbsp; ini &nbsp;digunakan ketika &nbsp;penguna &nbsp;memainkan &nbsp;game &nbsp;edukasi &nbsp;matematika &nbsp;ini.&nbsp; Berdasarkan hasil dari &nbsp;pengujian aplikasi, disimpulkan dari hasil seluruh kusioner yang telah dihitung bahwa presentase game edukasi matematika ini yaitu sebanyak 87% responden setuju bahwa siswa senang bermain game edukasi matematika ini, juga cukup mudah untuk dimainkan bagi siswa untuk dapat menambah motivasi siswa untuk semakin bersemangat dalam belajar.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Mukhlas Rifai, Intan Nur Farida, Danang Wahyu Widodo https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/544 Rancang Bangun Destilator Bioetanol Model Refluk untuk Mengolah Sampah Organik 2020-11-02T15:27:14+07:00 Akhmad Amirudin udinamir485@gmail.com Hesti Istiqlaliyah hestiisti@unpkediri.ac.id Am. Mufarrih ammufarih@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan bahan bakar yang bersifat <em>renewable. </em>Tercatat pada tahun 2004 &nbsp;produksi minyak di Indonesia lebih rendah dari pada kebutuhan konsumsinya. Bioetanol &nbsp;merupakan energi baru dan terbarukan yang sangat potensial untuk menggantikan bahan bakar minyak dengan daya tawar nilai oktan yang tinggi. Permasalahan dari perancangan ini adalah Bagaimana merancang alat destilator model <em>refluk </em>untuk mengolah sampah organik menjadi bioetanol dan bagaimana perbandingan hasil uji coba alat menggunakan filter batu alam maupun &nbsp;per &nbsp;spiral. &nbsp;Pada perancangan &nbsp;ini, metode yang &nbsp;digunakan&nbsp; adalah &nbsp;<em>Target &nbsp;Oriented &nbsp;Planing </em>dengan melakukan perancangan alat destilator moderl <em>refluk </em>kemudian diuji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Kesimpulan &nbsp;dari &nbsp;hasil &nbsp;perancangan &nbsp;ini &nbsp;adalah Telah &nbsp;dihasilkan rancangan &nbsp;berupa &nbsp;produk &nbsp;mesin Destilasi Model <em>Refluk </em>Untuk Mengolah Sampah Organik Menjadi Bioetanol dan dari hasil perbandingan mesin, penggunaan filter dengan &nbsp;batu &nbsp;alam &nbsp;menghasilkan &nbsp;kadar &nbsp;alkohol &nbsp;paling &nbsp;tinggi &nbsp;66&nbsp; % &nbsp;dengan &nbsp;lama &nbsp;fermentasi &nbsp;8&nbsp; hari, &nbsp;sedangkan penggunaan filter per spiral menghasilkan kadar alkohol paling tinggi 70 % dengan lama fermentasi 12 hari.</p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Akhmad Amirudin, Hesti Istiqlaliyah, Am. Mufarrih https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/545 Pengukuran Kompleksitas Sistem E-Learning di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metrik Function Oriented 2020-11-02T15:33:19+07:00 Fajar Rohman Hariri dosendeso@gmail.com Johan Ericka Wahyu Prakasa johan@uin-malang.ac.id <p><em>Aspek kualitas perangkat lunak menjadi suatu hal yang penting dalam pembangunan proyek perangkat lunak. Pengukuran terhadap perangkat lunak guna mengestimasi kualitas produk dengan cara membandingkan volume sistem dengan banyaknya error/kesalahan yang ditemukan selama proses pengerjaan. Setiap pengukuran yang dilakukan dibutuhkan tersedianya ukuran kuantitatif yang disebut metrik. Metrik dapat dipisahkan dalam dua kategori, yaitu Metrik Size Oriented dan Metrik Function Oriented. Metrik Size Oriented dilakukan dengan menghitung LOC (Line Of Code) dimana metode ini kurang akurat arena pengukurannya didasarkan pada bahasa pemrograman dan gaya pengkodean programmer sehingga tidak dapat dipastikan bahwa dua program yang mempunyai LOC sama akan membutuhkan waktu implementasi yang sama walaupun keduanya diimplementasikan dengan kondisi pemrograman yang standard. Dalam penelitian ini pengukuran kualiatas menggunakan Metrik Function Oriented karena metode ini &nbsp;merupakan pengukuran fungsionalitas yang ditujukan pada sistem pemrosesan data yang didominasi oleh operasi input dan output sehingga produktivitas pada bahasa permograman yang berbeda dapat dibandingkan. Metode melibatkan 5 komponen sistem software, diantaranya External Input, External Output, External Inquiry, Internal Logical File, External Interface File. Berdasarkan hasil tersebut, maka ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian dengan pengujian menyatakan perangkat lunak e-learning di UIN Maliki Malang sangat baik.</em></p> 2021-03-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Fajar Rohman Hariri, Johan Ericka Wahyu Prakasa