Abstract
Kegiatan Evaluasi Pelayanan di Puskesmas Berbek Kabupaten Nganjuk seringkali berjalan kurang efisien karena informasi yang berasal dari survey kepuasan masyarakat belum mendukung kegiatan evaluasi. Ada beberapa permasalahan pada sistem informasi kepuasan masyarakat sebelum dikembangkan yaitu proses pengolahan data kepuasan masyarakat membutuhkan waktu lama, laporan kepuasan pasien belum dapat memberikan informasi dengan jelas dan ketika akan mengakses kembali informasi mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi kepuasan masyarakat di Puskesmas Berbek Kabupaten Nganjuk untuk memudahkan pengumpulan data, evaluasi pelayanan dan penanganan pada Puskesmas Berbek. Pengolahan data survei indeks kepuasan masyarakat menggunakan metode service quality (SERVQUAL) pada semua poli/unit Puskesmas Berbek. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi berbasis website tentang nilai hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan penanganan pasien di Puskesmas Berbek.
References
Beny, I., Erwin, D., & Sayed, A. 2021. Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pela-yanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Servqual. Journal of Computer Engineering System and Science, VI, 10-19.
Fenty, A., Saida, S., & Taqwan, T. 2017. Aplikasi Kepma Untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android. Management Sistem Informasi dan Teknologi, 18-24.
Yoyon Efendi, S. S. 2020. Aplikasi Survey Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Berbasis Mobile. Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 397-404.
Yudo Devianto, S. D. 2018. Aplikasi Pengambilan Keputusan Indeks Kepuasaan Masyarakat Dengan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Pada Unit Pelayanan Masyarakat Dengan Alat Microcontroller Sebagai Alat Bantu Survey. ILMIAH FIFO, 13-21.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Dani Ardyan Syah Putra, Danang Widodo, Niska Shofia