Identifikasi Pola Kalimat Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode LALR dan Stemming
PDF

Keywords

Pola Kalimat
Metode Stemming
Bahasa Indonesia

How to Cite

Aprilliwanto, R. E. ., Sanjaya, A. ., & Widodo, D. W. . (2021). Identifikasi Pola Kalimat Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode LALR dan Stemming. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 119–126. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/915

Abstract

Salah satu fungsi Bahasa Indonesia diantaranya ialah sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Bahasa Indonesia memiliki berbagai pokok pembahasan diantaranya ialah identifikasi pola kalimat. Salah satu permasalahan yang dihadapi pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 4 Mlinjon sering kali mendapati siswa yang kesulitan dalam menerapkan pola kalimat dengan benar. Pengajar belum memiliki perangkat untuk membantu dalam mengoptimalkan pembelajaran Bahsa Indonesia khususnya tentang pola kalimat Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam pembelajaran pola kalimat Bahasa Indonesia dengan membuatkan aplikasi untuk identifikasi pola kalimat Bahasa Indonesia. Aplikasi ini memanfaatkan algoritma LALR untuk pembacaan input teks dan algoritma stemming untuk mencari kata dasar guna penentuan predikat. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa dari ke tiga pengujian menggunakan 10 data uji dengan pola kalimat SP, SPO dan SPOK didapati rata-rata prosentase keberhasilan sebesar 83,3%. Penggunaan sistem pemeriksaan pola kalimat pada siswa menggunakan metode LALR dan stemming dapat membantu dalam proses menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keteranggan (SPOK) pada saat proses belajar mengajar.

PDF

References

Tarigan, Henry G. 1986 Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Abidin, & Marsya. 2011. Stemming Bahasa Indonesia dengan Algoritma Nazief & Andriani. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Kusuma, H. Swanita, Wardan I. Yohanes, Banu I. 2019. Sistem Pemeriksa Pola Kalimat Bahasa Indonesia Berbasis Algoritme Left-Corner Parsing Dengan Stemming. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Teknik Elektronika dan Komputer.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2001. Bahasa Adalah Sistem Simbol Bunyi Yang Bermakna Serta Serartikulasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Jakatrta.

Soelistyowati. 2015. Bagian Terkecil Ujaran atau Teks Yang Mengungkapkan Pikiran Yang Utuh Secara Kebahasaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Jakarta.

Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Sulistyo. 2008. Proses stemming kata dalam Bahasa memiliki karakteristik tersendiri, yang tidak lepas dari pengaruh tata bahasanya. Jurnal Telematika, Vol. 6, No. 2, Hal. 34–40.

Jurafsky, D. & Martin, J.H. 2000. Speech and Language Processing – An Introduction to Natural Language Processing, Computational Linguistics, and Speech Recognition. Prentice-Hall, Inc.: New Jersey.

Bermudez, M.E. 1988. A Unifying Model for Lookahead LR Parsing. U.S.A: University of Florida.

Arif. 2018. Sistem Pemeriksaan Struktur Kalimat Pada Teks Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Part-Of-Speech Tagging dan Constraint-Based Formalism. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Rino Ekta Aprilliwanto, Ardi Sanjaya, Danang Wahyu Widodo

Downloads

Download data is not yet available.