Sistem Monitoring dan Pemberian Pakan Otomatis pada Budidaya Ikan Lele Berbasis Internet of Things
PDF

Keywords

Arduino
Internet of Things
Pakan Otomatis
Monitoring

How to Cite

Kurniawan, C. M. A., Sahertian, J. ., & Sanjaya, A. . (2020). Sistem Monitoring dan Pemberian Pakan Otomatis pada Budidaya Ikan Lele Berbasis Internet of Things . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 224–228. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.201

Abstract

Kebutuhan akan protein hewani yang berasal dari ikan sangat tinggi. Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki kandungan protein tinggi. Protein yang terkandung dalam ikan lele diantara lain ada asam amino, metionin dan leusin. Akan tetapi dalam budidaya ikan lele terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi oleh peternak salah satunya adalah sifat kanibal pada lele dan kondisi air kolam budidaya. Berdasarkan masalah tersebut penulis mengembangkan sebuah sistem yang dapat memberikan pakan secara otomatis pada waktu tertentu dan melakukan monitoring pada keadaan air kolam berbasis internet of things. Penelitian ini menggunakan Nodemcu dan Arduino sebagai mikrokontroler utama, RTC untuk mengatur jadwal pemberian pakan, modul Loadcell untuk menimbang berat pakan yang diberikan, Turbidity sensor untuk mengetahui tingkat kekeruhan air, pH meter sensor untuk mengetahui kadar pH air kolam dan Espcam untuk mengambil gambar kolam. Seluruh alat tersebut akan dirangkai dan dikoneksikan ke web server. Koneksi tersebut dilakukan agar user dapat memantau keadaan kolam secara real time. Sistem ini dibuat dalam bentuk purwarupa dan diuji menggunakan kolam buatan. Pada pengujiannya sisitem berhasil berjalan dengan baik walaupun terdapat masalah pada pemgambilan data kadar pH air. Masalah tersebut diakibatkan pH meter sensor hanya bisa digunakan untuk sampling. Karena setiap pengambilan data probe pH harus dikalibrasi ulang dengan air dengan pH netral jika kalibrasi tidak dilakukkan maka nilai dari data tersebut tidak akan berubah.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.201
PDF

References

Al Qalit, Fardian, Aulia Rahman. 2017. RANCANG BANGUN PROTOTYPE PEMANTAUAN KADAR PH DAN KONTROL SUHU SERTA PEMBERIAN PAKAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG BERBASIS. Jurnal Online Teknik Elektro Volume 2 No.3 2017.

Rohadi Erfan, Adhitama Widya Dodik, Ekojono, Asmara Andrie Rosa, Ariyanto Rudi, Sirajuddin Indrazno, Ronilaya Ferdian, Setiawan. 2018. SISTEM MONITORING BUDIDAYA IKAN LELE BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN RASPBERRY PI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 5, No. 6, November 2018.

Fanny astria, Mery Subito, Deny wiria nugraha. 2014. RANCANG BANGUN ALAT UKUR PH DAN SUHU BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) GATEWAY. Jurnal MEKTRIK Vol. 1 No. 1, September 2014.

Hermansyah, Elang Derdian, F.trias Pontia .W. 2017. RANCANG BANGUN PENGENDALI pH AIR UNTUK PEMBUDIDAYAAN IKAN LELE BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura Vol.2, No.1, 2017.

Hendra S. Weku, Dr.Eng Vecky C. Poekoel, ST., MT.,Reynold F. Robot, ST.,M.Eng. 2015.RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER.E-journal Teknik Elektro dan Komputer vol. 5 no. 7 2015.

Damar Irawan, Mia Rosmiati, Anang Sularsa. 2017. PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING PENJADWALAN PEMBERIAN MAKAN IKAN LELE BERBASIS SMS GATEWAY. e-Proceeding of Applied Science Vol.3, No.3 Desember 2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Candra Mega Adi Kurniawan, Julian Sahertian, Ardi Sanjaya

Downloads

Download data is not yet available.