Identifikasi Jenis Buah Apel Berdasarkan Ekstraksi Bentuk dan Warna
PDF

Keywords

buah apel
jenis buah apel
template matching correlation

How to Cite

Prianggara, F. W. ., Setiawan, A. B. ., & Farida, I. N. . (2020). Identifikasi Jenis Buah Apel Berdasarkan Ekstraksi Bentuk dan Warna. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 215–219. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.147

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti, bahwa buah apel memiliki bentuk dan warna yang berbeda, setiap buah apel mempunyai bentuk dan warna yang hampir sama, hal ini biasanya membuat bingung orang-orang awam yang akan mengidentifikasi jenis buah apel. Permasalahan peneliti adalah bagaimana merancang sistem identifikasi jenis buah apel, bagaimana mengimplementasikan metode Template Matching agar dapat mengidentifikasi jenis buah apel. Penelitian ini menggunakan metode Template Matching sebagai perhitungan warnanya, menggunakan Proses Image Processing. Proses tersebut meliputi grayscale pada Image.Pengujian pada skenario dari data training dan data testing. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa identifikasi menggunakan metode Template Matching dapat digunakan untuk identifikasi citra buah apel namun memiliki kelemahan dalam tingkat akurasi.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.147
PDF

References

Huda, Hanifah Hasna, Grahita Aditya, Rahmawati Sri Praptiningsih. 2015. Efektivitas Konsumsi Buah Apel (Pyrus Malus) Jenis Fuji Terhadap Skor Plak Gigi dan pH Saliva. Medali Jurnal. Vol. 2, No. 1.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Anggelin, A.F., A. Sanjaya, A.B. Setiawan. 2018. Pengenalan Pola Huruf Jepang (Hiragana) Menggunakan Partisi Citra. Generation Jurnal. Vol. 2, No. 1.

Pamungkas, D.P., A.B. Setiawan. 2018. Implementasi Ekstrasi Fitur dan K-Nearest Neightbor untuk Identifikasi Wajah Personal. JOUTICA. Vol. 3, No. 2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ferdian Wahyu Prianggara, Ahmad Bagus Setiawan, Intan Nur Farida

Downloads

Download data is not yet available.