Aplikasi Presensi Menggunakan Metode AHP Sebagai Sistem Pengambilan Keputusan Karyawan Teladan Pada Pemkot Kediri
PDF

Keywords

AHP
Aplikasi Presensi
Framework Laravel
Karyawan Teladan

How to Cite

Zamzami, E. ., Setiawan, A. B. ., & Farida, I. N. . (2022). Aplikasi Presensi Menggunakan Metode AHP Sebagai Sistem Pengambilan Keputusan Karyawan Teladan Pada Pemkot Kediri. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 062–069. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2561

Abstract

Pemerintah Kota Kediri Bagian Umum merupakan pusat dari segala koordinasi di Kota Kediri. Bedasarkan hasil survey peneliti dari 100 orang karyawan Non PNS Pemerintah Kota Kediri, 20 orang menyatakan bahwa dengan adanya presensi yang masih manual dapat menyebabkan manipulasi data presensi karyawan non PNS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan aplikasi presensi menggunakan metode AHP sebagai sistem pengambilan keputusan karyawan teladan pada Pemkot Kediri bagi karyawan non PNS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analytic Hierarchy Process yang dapat diimplementasikan untuk studi kasus karyawan teladan dalam aplikasi presensi pemerintah kota kediri bagian umum pada periode selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi presensi dengan fitur deteksi lokasi menggunakan framework laravel dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam penentuan karyawan teladan pada Pemerintahan Kota Kediri untuk karyawan non PNS berhasil dengan baik. Sehingga Metode Analytic Hierarchy Process ini dapat diimplementasikan untuk membantu Pemerintah Kota Kediri Bagian Umum dalam mengambil keputusan penentuan karyawan teladan pada periode selanjutnya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2561
PDF

References

Pipin A. Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu; 2013.

Febriani S. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Membandingkan Metode Simple Addictive Weighting (SAW) Dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Hartono J. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset; 2006.

Ansori Z, Yulmaini. Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi SDN 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Publika Pengabdi Masyarakat, 2019;1.

Prasetyo A. Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan. J Acad 2020;1.

Intern D. Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya. Dicoding Indones 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/#:~:text=Use Case Diagram adalah satu,merupakan sesuatu yang mudah dipelajari.

Suryadi A, Nurdiana D. Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Teknisi Lab Denga Multi Kriteria Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process). J Pendidik Mat 2015;5.

Maulana GG. Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. J Tek Mesin 2017;6.

Oktriwina AS. Apa Itu Class Diagram dan Fungsinya dalam Pemrograman. Glints 2021. https://glints.com/id/lowongan/class-diagram-adalah/#.YtrD_nZBxD9.

Auliazmi R, Rudiyanto G, Utomo RDW. Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru. J Seni Reka Ranc 2021;4.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Edwin Zamzami; Ahmad Bagus Setiawan, Intan Nur Farida

Downloads

Download data is not yet available.