Mathematics Education Games For Children Class 4 Using the Finite State Machine Method
PDF

Keywords

Anak SD Kelas 4
Edukasi,Game
Matematika

How to Cite

Rifai, M. ., Farida, I. N. ., & Widodo, D. W. . (2021). Mathematics Education Games For Children Class 4 Using the Finite State Machine Method. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 235–240. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/543

Abstract

Perilaku anak-anak lebih menyukai bermain game dan melupakan kegiatan utama mereka untuk belajar menjadi permasalahan yang harus ditindak lanjuti,, terutama pelajaran matematika yang seharusnya menjadi kegiatan yang wajib mereka kerjakan sebagai seorang siswa. Sehingga diperlukan sebuah game edukasi matematika yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta mampu menambah motivasi anak untuk menarik minat belajar siswa.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Merancang Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas 4?  (2) Bagaimana menarik  minat siswa  untuk  semangat  belajar  matematika  menggunakan  Game Edukasi Matematika? (3) Bagaimana implementasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas?.Penelitian ini menggunakan metodeFinite State Machine (FSM), yaitu salah satu bidang Artificial Intelegence (AI) yang dapat diaplikasikan pada game AI. Prinsip kerjanya dengan menggunakan tiga hal berikut : state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi). FSM  ini  digunakan ketika  penguna  memainkan  game  edukasi  matematika  ini.  Berdasarkan hasil dari  pengujian aplikasi, disimpulkan dari hasil seluruh kusioner yang telah dihitung bahwa presentase game edukasi matematika ini yaitu sebanyak 87% responden setuju bahwa siswa senang bermain game edukasi matematika ini, juga cukup mudah untuk dimainkan bagi siswa untuk dapat menambah motivasi siswa untuk semakin bersemangat dalam belajar.

PDF

References

Handriyantini, E. 2009. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar, e-Indonesia Invitiative 2009 (eII2009).

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker. Yogyakarta: C.V. Andi Offset

Clark, D. 2006. Games And E-Learning. http://www.caspianlearning.co.uk/Whtp_caspian_g ams_1.1.pdf Diakses 20 September 2018

Setiawan, I. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis Finite State Machine. Untiversitas Diponegoro. Semarang.

Sholihin. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct2. ISSN : 2503-07103, 1 April 2016. Diambil Dari : journal.unisla.ac.id/ pdf/112112016/Jurnal %20Game.pdf. Diakses 15 Oktober 2018

Permana, S.D.H. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Universitas Trilogi. Jakarta Selatan. 59- 64.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Mukhlas Rifai, Intan Nur Farida, Danang Wahyu Widodo

Downloads

Download data is not yet available.