IMPLEMENTATION OF THE SINGLE LINKAGE METHOD IN DETERMINING THE PROMOTION MENU IN THE BENGKEL CAFE KEDIRI
PDF

Keywords

Cafe
Menu
Promosi
Single Linkage Clustering

How to Cite

Febriana, F. I. ., Farida, I. N. ., & Swanjaya, D. . (2021). IMPLEMENTATION OF THE SINGLE LINKAGE METHOD IN DETERMINING THE PROMOTION MENU IN THE BENGKEL CAFE KEDIRI. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 187–192. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/535

Abstract

Banyaknya pesaing bisnis di bidang cafe membuat pengusaha cafe harus mampu bersaing dengan pengusha cafe lainnya. Dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi diharapkan mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan menentukan menu promosi yang tepat. Dalam pengelompokkan menu makanan ini digunakan algoritma Single Linkage Clustering (Metode Hierarki) untuk megelompokkan menu makanan dan minuman dari data hasil penjualan di Bengkel Cafe & Resto  yang terjual setiap bulan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Euclidien Distance (Jarak)  untuk melakukan perhitungan jarak, kemudian dilakukan proses  clustering  (pengelompokkan) data  yang  akan dibagi  menjadi  menjadi 3  kelompok  cluster  yaitu kelompok/cluster   menu yang dikategorikan menu kurang laku, kelompok/cluster menu sedang dan kelompok/cluster menu kurang laku dengan menginputkan data hasil penjualan tersebut  selama satu bulan kedalam sistem kemudian akan dihasilkan menu rekomendasi yang akan dipertimbangkan sebagai menu promosi.   Tujuan yang hendak ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membangun sistem untuk mengetahui penjualan  makanan  dan  minuman yang kurang   diminati/menu  kurang laku  menggunakan metode Single Linkage Clustering. Dari hasil   percobaan   dengan menggunakan metode Single Linkage Clustering   menggunakan sampel data selama 1 bulan yaitu bulan Juli   2018 dengan menu sebanyak 34 menu makanan dan minuman  didapatkan rekomendasi menu yang tergolong kurang laku sebanyak 27 menu yang akan dipertimbangkan sebagai menu promosi.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pada metode ini algoritma clustering khususnya metode Single Linkage Clustering  dapat digunakan untuk mengelompokkan menu dan sistem rekomendasi untuk memudahkan pihak manager resto  dalam pemilihan menu yang tepat sebagai menu promosi.

PDF

References

Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Johnson, R.A & Wichern, D.W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice International Inc.

Santoso, Budi. 2007. Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Garaha Ilmu

Kadir, Abdul. 2008. Pemrograman Database MySQL untuk pemula.Yogyakarta: Mediakom.

Johnson, R.A & Wichern, D.W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice International Inc.

Vena, B.G. 2017. Penerapan Metode Clustering Untuk Mendukung Strategi Penjualan Dan Rekomendasi Menu Di Kafe Kennedy . Artikel skripsi,1-8. Diakses pada 26 Oktober 2017

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Fitri Indah Febriana, Intan Nur Farida, Daniel Swanjaya

Downloads

Download data is not yet available.