SISTEM JALUR E-LAUDRY MENGGUNAKAN METODE DJIKSTRA
PDF

Keywords

rute
jarak terpendek
openstreetmaps
metode djikstra

How to Cite

Setiawan, A. B. ., & Nurhidayati, Y. . (2020). SISTEM JALUR E-LAUDRY MENGGUNAKAN METODE DJIKSTRA. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 271–276. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.413

Abstract

Usaha laundry adalah usaha yang bergerak dibidang jasa cuci dan setrika. Berkembangnya bisnis laundry kiloan menjadikan persaingan di sektor ini menjadi semakin ketat. Untuk menjaga agar usaha ini tidak sepi oleh pelanggan penyedia jasa laundry harus memiliki ciri khas untuk menarik pelanggan salah satunya menyediakan jasa antar jemput pakaian. Oleh sebab itu diperlukan sebuah aplikasi sistem pengambilan keputusan yang dapat membantu merekomendasikan rute terpendek. Tujuan untuk merekomendasikan rute terpendek menggunakan metode djikstra ada untuk mempermudah sistem pengambilan keputusan.

Algoritma Dijkstra sebagai metode pencarian rute terpendek. Algoritma Dijkstra merupakan algoritma penelusuran yang menyelesaikan permasalahan rute terpendek dengan satu sumber asal untuk suatu node dengan nilai sisi non negatif, menghasilkan pohon jalur terpendek.

Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai urutan customer yang terdekat sampai yang terjauh yang harus dikunjungi menggunakan algoritma Dijkstra, dan memberikan informasi rute jalan yang bisa dilewati menggunakan data dari OpenStreetMaps. Sistem juga dapat memberikan nilai jarak tempuh dan waktu tempuh. Untuk pengembangan lebih lanjut sistem E-Laundry diharapkan dapat digunakan pada multi platfom.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.413
PDF

References

Ahuja, R.K., T.L. Magnanti , J.B. Orlin. 1993. Network Flow: Theory, Algorithms and Applications. Prentice Hall, New Jersey.

. Anonimous. 2013. Antar Jemput Laundry Kiloan. “Dari Jasa Antar Jemput Secuter

. Dewi, L.J.E., “Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata di Bali dengan menggunakan Algoritma Dijkstra”, SNATI, 2010

. Fahronzi, Luthfi, 2013. “Aplikasi Location Basedservice (Lbs) Untuk Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra Dengan Studi Kasus : Pt. Coca Cola Amatil Indonesia Sales Office Pekanbaru’’. Skrips. Dipublikasikan. Pekanbaru: Fakultas Teknik, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

. Faizah, Ifatul, 2010. “Rancang Bangun Perangkat Lunak Penentuan Rute Perjalanan Wisata Di Malang Menggunakan Algoritma Dijkstra”. Skripsi. Dipublikasikan. Malang : FT UIN Malang

. Fitria, Apri Triansyah. Oktober 2013,” Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 2, Oktober 2013.

. Munir, Rinaldi,2005. Matematika Diskrit. Bandung: Informatika Bandung.

. Munir, R. 2008. Matematika Diskrit. Penerbit Informatika. Bandung

. Rutter, S.J., “Dijkstra’s Algorithm Final Project”, EDUC, 2009.

. Sarwoko, E. A. 2003. Perancangan Arsitektur Pemaralelan untuk mencari Shortest Path dengan Algoritma Djikstra. Jurnal Matematika dan Komputer. 6: 137-143.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ahmad Bagus Setiawan, Yuly Nurhidayati

Downloads

Download data is not yet available.