ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, FASILITAS DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOMELY KOFFE KEDIRI

Authors

  • Dinar Mahardika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/tts2w840

Keywords:

Customer Experience, Fasilitas, Store Atmosphere, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience, fasilitas, dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Homely Koffe Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal-komparatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, customer experience dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan fasilitas tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan, ketiga variabel berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya menciptakan pengalaman yang menyenangkan serta suasana kafe yang mendukung untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan studi kepuasan pelanggan, khususnya di sektor bisnis kafe lokal, serta memberikan rekomendasi praktis bagi pelaku usaha dalam merancang strategi layanan dan suasana yang lebih berorientasi pada pengalaman pelanggan.

References

[1] Wika R. (Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY). 2018 n.d.

[2] Ana WR, Samari, Sardanto R. Analisis citra merek, kualitas pelayanan, kualitas produk ditinjau kepuasan pelanggan cafe belikopi bandar kediri 1,2,3. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi Fak Ekon Dan Bisnis UNP Kediri 2023.

[3] Pragana YA, Kurniawan R. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kursus Mengemudi Cv. Wijaya Kediri. … DAN BISNIS Dan … 2022:234–43.

[4] Kediri SD. Pertumbuhan Ekonomi. SATU-DATA Kota Kediri n.d.:3. https://satudata.kedirikota.go.id/data_iku/detail/21-pertumbuhan-ekonomi.

[5] Deliyani E, Prambudi B. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Penumpang Mrt Jakarta. J Ekobis Ekon Bisnis Manaj 2020;9:124–31. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i2.62.

[6] Addin S. PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT KAI KOMMUTER JABODETABEK STASIUN DEPOK JAWA BARAT (Studi Kasus Pada Penumpang Commuter Jabodetabek Stasiun Depok Jawa Barat). J Penelit Ekon Dan Bisnis 2019;3:1–10.

[7] Kotler P. Manajemen pemasaran jilid 2 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; editor: Adi Maulana, Wibi Hardani. 13th ed. Jakarta : Erlangga, 2009; 2009.

[8] Susanti EN, Prasojo A, Raharjo IB. Store Atmosphere , Price Discount Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di CV Torta Indonesia. Simp Manaj Dan Bisnis II 2023;2:683–92.

[9] Christy yonathan novan yudhistira. Pengaruh Pertunjukan Live Music Terhadap Kepuasan Pengunjung Di It ’ S Coffee Espresso Bar Yogyakarta. J Pendidik Seni Musik 2015:1–8.

[10] Gunawan CB, Syahputra S. Analisis perbandingan pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan coffee shop di Bandung. J Manaj Maranatha 2020;20:51–62. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2935.

[11] Ifada A, Rizqiyanti DM, Yusuf A. Pengaruh Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Seblak Prasmanan Teh Windy di Karawang. J Nas Manaj Pemasar SDM 2024;5:199–210. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v5i2.1812.

[12] Yulita R, Safrizal. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAND HAWAII HOTEL PEKANBARU. J Ilm Multidisiplin 2023. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.455.

[13] Dwi Ayu Indriani1, Rino Sardanto2 MWW. Pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan di pdam kabupaten nganjuk 2017:893–902.

[14] Tuahena I, Martosenjoyo T, Radja AM. Persepsi Pengunjung Terhadap Kenyamanan Fasilitas Ruang Terbuka Publik Fort Rotterdam. Nat Natl Acad J Archit 2019;6:62. https://doi.org/10.24252/nature.v6i1a6.

[15] Philip K. ekonometirkaspss24 2018.

[16] Nurhayati EC. Pengaruh aksesibilitas, fasilitas, dan daya terhadap kepuasan wisatawan 2019;3:67–82.

[17] Risky T, Bustami T. Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffeeshop the Coffeebox Manna. J Entrep Dan Manaj Sains 2023;4:577–90. https://doi.org/10.36085/jems.v4i2.5549.

[18] Nuslih Jamiat 1, Cahyadi Supyansuri 2. Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS J Adm Bisnis 2020;6:1–15. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.406.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Mahardika, D., Kusumaningtyas, D., & Widodo, M. W. (2025). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, FASILITAS DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOMELY KOFFE KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1011-1018. https://doi.org/10.29407/tts2w840

Similar Articles

1-10 of 270

You may also start an advanced similarity search for this article.