PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TIKTOK, CONTENT MARKETING, DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP MINAT BELI SKINCARE MS GLOW
DOI:
https://doi.org/10.29407/yv8yam67Keywords:
Celebrity Endorser, Content Marketing, Product Quality, Minat Beli, Generasi ZAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Celebrity endorser, strategi Content marketing, dan Product quality terhadap minat beli Generasi Z terhadap produk perawatan kulit MS Glow. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui desain survei. Untuk menganalisis data, digunakan metode regresi linier berganda. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 responden yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser TikTok, strategi content marketing, dan product quality secara signifikan memengaruhi minat beli produk MS Glow di kalangan Generasi Z, baik secara simultan maupun parsial. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokus analisis pengaruh endorser TikTok dan strategi pemasaran konten terhadap minat pembelian produk perawatan kulit di antara Generasi Z yang aktif di media sosial.
References
[1] Arni PS, Nuraini D. Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan kepercayaan merek Sebagai Variabel mediasi Pada Pelanggan Skincare Ms Glow Di Surabaya. Insight Manag J 2022;3:22–30. https://doi.org/10.47065/imj.v3i1.214.
[2] Keristina. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Skincare Ms Glow Melalui Media Sosial Instagram. Skripsi Tidak Diterbitkan 2024.
[3] Bloom N, Reenen J Van. pengaruh konten digital marketing dan electronic word of mouth terhadap minat beli di Tiktok Shop. NBER Work Pap 2023:89.
[4] Putri CAP, Subagyo, Widodo W. Pengaruh live streaming, online customer review dan cashback promotion terhadap minat beli produk pada fitur TikTok shop. Simp Manaj dan Bisnis 2023;2:189–98.
[5] Angela V. Analisis Pengaruh Endorser TikTok Terhadap Minat Beli Generasi Z dengan Persepsi Nilai sebagai Variabel Mediasi (Studi Produk Scarlet Whitening) 2016:1–23.
[6] Manajemen SN, Akuntasi E, Ekonomi F, Kediri UNP, Merek AC, Produk K, et al. Analisis citra merek, kualitas produk, kemasan terhadap keputusan pembelian pada ud padi desa nganjuk 2024:80–9.
[7] Studi P, Feb M, Kediri UNP, Promosi P, Pelayanan K, Lokasi DAN, et al. Pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap minat beli konsumen di janji jiwa kediri 1),2),3) 2024;3:504–12.
[8] Pratiwi D, Hermawati A, Kurniawati D. Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP J Ilm Manaj Pancasila 2023;3:1–11. https://doi.org/10.35814/jimp.v3i1.4654.
[9] Ningsih DK. Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Dear Me Beauty 2023.
[10] Riyanti AS. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Janji Jiwa Di Nganjuk. Fak Ekon Dan Bisnis Univ Nusant Pgri Kediri 2022:123.
[11] Aryani N, Harwani Y. Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorser, dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Fashion (Studi Pada Generasi Z di Indonesia). JFM J Fundam Manag 2022;2:284–96.
[12] Nugrah, Latief F, Agunawan. Pengaruh Celebrity Endorse dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Minuman YOTTA. J Manaj dan Akunt 2023;1:71–80.
[13] Putri MK, Dermawan R. Influence of Content Marketing and Influencer Marketing on the Purchase Intention of Somethinc Products on TikTok Gen Z Users in Surabaya. Indones J Bus Anal 2023;3:1663–72. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i5.5437.
[14] Hardiyanah T, Hidayati R, Nasution AH, Muslikh M, Marhamah S. Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya. J Accounting, Manag Econ Res 2023;1:75–92. https://doi.org/10.33476/jamer.v1i2.29.
[15] Tsaniya R, Telagawathi NLWS. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt. J Manaj Perhotelan dan Pariwisata 2022;5:32–9. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.34390.
[16] Saputra H, Muhazirin B, Panjaitan HP. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido Kangen Pekanbaru. Lucr J Bisnis Terap 2021;1:48–61.
[17] Sugiono. Pdf-Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-Rampampd-Sugiyono-2020_Compress.Pdf 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aura Diva Widodo, Dyah Ayu Paramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
