PENGARUH KEMASAN, INFLUENCER, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI LIP CREAM HANASUI DI SHOPEE

Authors

  • Silvia Tatika Wiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hery Purnomo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jb68qy36

Keywords:

kemasan, influencer, ulasan , minat, Hanasui, Shopee

Abstract

Studi ini berupaya untuk menyelidiki dampak kemasan, peran influencer, dan ulasan pelanggan terhadap minat beli lip cream Hanasui di Shopee. Untuk memenuhi tujuan ini, penelitian menggunakan metodologi survei kuantitatif yang memanfaatkan skala Likert. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada 78 mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas PGRI Kediri angkatan 2021. Data yang terkumpul akan diolah menggunakan SPSS versi 23 untuk melakukan analisis deskriptif, pengujian hipotesis, analisis regresi linier berganda, penentuan koefisien determinasi, dan validasi hipotesis. Diperoleh hasil pengujian bahwa variabel kemasan, influencer, dan ulasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli lip cream Hanasui di Shopee. Hanasui harus berkonsentrasi pada peningkatan kualitas kemasannya dan menciptakan strategi kolaborasi dengan para influencer yang selaras dengan target pasar untuk memperluas basis pelanggannya.​ ​​ Selain itu, upaya mendorong testimoni positif dari pelanggan dan pelaksanaan strategi promosi yang komprehensif dapat mendongkrak minat pembelian produk lip cream di Shopee.

References

[1] Ernesvita G, Subagyo, Titi Laras. Implementation of Chatbot and Auto Promote in Improving Customer Experience on E-Commerce Sites. Int J Res Rev 2024;11:359–64. https://doi.org/10.52403/ijrr.20240140.

[2] Ernestivita G, Subagyo. Digital Transformation, Marketing, Business Size, Financial Literation on Smes’ Competitive Advantage. Trikonomika 2023;22:100–7. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v22i2.4357.

[3] Perdagangan PK. Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023 2024:1–8.

[4] Wardhana B. FMCG Report Semester I 2024: Boikot Picu Perubahan Peta Persaingan Produk Global & Lokal di E-commerce Pada Sektor FMCG. Compas Dashboard 2024.

[5] Fatika RA. 5 Merek Lipstik Lokal Terfavorit di 2024. GoodStats 2024.

[6] Ratnanto S, Subagyo. the Mediation Role of Purchase Intention on Brand Image and Store Image on Drug Purchasing Decisions in Pharmacy. Int Conf Bus Soc Sci 2024;3:900–9. https://doi.org/10.24034/icobuss.v3i1.462.

[7] Hery P, Samari, Soejoko DKH. Brand Perception Pada Purchase Decision Melintasi Purchase Interest Produk RTD Teh Merek Pucuk Harum Di Masyarakat Kota Kedir. Jemb J Ilm Manaj 2022;19. https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.15495.

[8] Ridha A, Kati S, Hasan H, Anastasya L. Analisis Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Produk Viral pada E-Commerce Shopee di Kota Makassar. J Econ Bussiness Manag Issues 2023;2:245–55.

[9] Kairupan DJI, Raharusun NA. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Korean Skincare Pada Kalangan Mahasiswa Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Manag Account Expo 2022;5:93–105. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.693.

[10] Mailani A, Syarif AM, Azizah A, Delima PS, Putri T, Riofita H. Analis Pengaruh Packaging Produk terhadap Niat Beli Konsumen di Industri Kosmetik. J Manaj Dan Akunt 2023;1:10–5.

[11] Septiyadi AL, Made I, Dirgantara B. Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro J Manag 2021;10:1–14.

[12] Maturbongs T, Tanihatu MM, Saleky SR. T. Maturbongs, M. M. Tanihatu, and S. R. J. Saleky, “Desain Kemasan dan Label Produk Enbal pada UMKM Nen Te Idar Desa Ngilngof, Maluku Tenggara,” Jurnal Administrasi Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 168–178, 2024 2024;3:168–78.

[13] Hery P, Yulia N. The Impact of Branding, Advertising, and Social Media Marketing on Consumer Purchase Intention, Brand Loyalty, and Brand Equity in the Indonesian Market. J Manag Bussines 2024;6:1356–70. https://doi.org/doi.org/10.31539/jomb.v6i3.9653.

[14] Hery P, Subagyo, Faisol. Marketing Efforts Through Social Media on Brand Equity and Consumer Behavior. Int J Econ Lit 2024;2:3092–102.

[15] Perkasa AHM. ZAP Beauty Index 2023 Ungkap Preferensi Kecantikan Perempuan Indonesia. Marketeers 2022.

[16] Adrianto R, Kurnia. Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. J Ris Manaj Komun 2021;1:54–60. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.117.

[17] Janet. 6 Tips for Responding to Positive Reviews With Reply Examples. Broadly 2023.

[18] Salsabilla N, Handayani T. Pengaruh Online Customer Review Terjadap Minat Beli Di Sosial Media Tiktok. J Ilm Manajemen, Ekon Akunt 2023;7:1759–69. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3272.

[19] Suma E, Yusuf SA, Umar J. Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen. J Adm Bisnis 2023;13:1–83. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.111-115.

[20] Stevani N, Junaidi A. Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia 2021;5:198. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121.

[21] Penny, Makaba KA. Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific Di Shopee. J Manaj Bisnis Jayakarta 2024;6:26–42. https://doi.org/10.53825/jmbjayakarta.v6i01.282.

[22] Syarifuddin, Ibnu AS. Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS. Palangkaraya: Bobby Digital Center; 2022.

[23] Muliati SS, Qadri RA. The Influence of Social Media Influencers, Product Packaging and Consumer Knowledge On Purchase Intention of Batam City Souvenirs With Perveiced Value as An Intervening Variable Pengaruh Social Media Influencer, Product Packaging dan Consumer Knowledge Te. Manag Stud Entrep J 2023;4:5139–47.

[24] Marsha Putri S, Rosmita. Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9. Jiabis J Adm Bisnis Dan Ilmu Sos 2024;2:86–97.

[25] Jesslyn, Alzah SF, Serpian, Novianti AH. Pengaruh Ulasan Pelanggan Online Dan Iklan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tik Tok Di DKI Jakarta. J Bus Adm 2023;3:74–85.

[26] Kusnadi Y, Islamuddin I. Pengrauh Rating, Ulasan dan Gratis Ongkir terhadap Minat Beli Konsumen pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu). J Entrep Dan Manaj Sains 2024;5:585–602. https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6434.

[27] Nurfauziah S, Herawati S. Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Tokopedia Di Kota Cimahi. J Manaj Din 2024;6:41–9.

[28] Kotler P, Keller KL. Marketing Management. 15th ed. Global Edition e15. England : Pearson Education Limited; 2016.

[29] Putri Nugraha J, Alfiah D, Sinulingga G, Rojiati U, Saloom G, Rosmawati, et al. Teori Perilaku Konsumen. Cetakan ke. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management; 2021.

[30] Schiffman L, Kanuk LL. Perilaku konsumen. 2021.

[31] Nugraha JP. Teori Perilaku Konsumen. Cetakan ke. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management; 2021.

[32] Isalman, Ilyas, Istianandar FR, Sahdarullah. Peran Kredibilitas Influencer Lokal Di Instagram Terhadap Persepsi Kualitas Dan Minat Beli Konsumen Milenial. JIMFE (Jurnal Ilm Manaj Fak Ekon 2023;9:91–106. https://doi.org/10.34203/jimfe.v9i1.6205.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Wiyanti, S. T., & Purnomo, H. (2025). PENGARUH KEMASAN, INFLUENCER, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI LIP CREAM HANASUI DI SHOPEE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 620-629. https://doi.org/10.29407/jb68qy36

Similar Articles

1-10 of 102

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5