PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK X

Authors

  • Retno Farah Puspitasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diah Ayu Septi Fauji Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/d4cpjh65

Keywords:

Brand Image, Brand Ambassador, Harga, Keputusan Pembelian, Produk Kosmetik X

Abstract

Penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh brand image, brand ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik X di kalangan remaja. Penelitiain ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik survei yang melibatkan 100 responden, yang Sebagian besar merupakan perempuan berusia 18 sampai 29 tahun di Kediri, aktif di media sosial, dan memiliki ketertarikan tinggi pada tren kecantikan. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui dampak masing-masing variabel secara terpisah maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa brand image, brand ambassador, dan harga baik secara individu maupun kolektif,  memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis ketiga variabel tersebut secara simultan, yang mengisi penelitian sebelumnya yang umumnya hanya meneliti satu atau dua faktor saja. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat ditengah persaingan industri kosmetik yang semakin ketat.

References

[1] Isbet NO, Darmaji AP, Hidayat Y, Sulaeman E. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS Glow. YUME J Manag 2022;5:180–90. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4574.

[2] Maknun L, Mahendri W. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Customer Experience Terhadap Word of Mouth Pada Skincare Brand Emina. J Inf Syst Manag Digit Bus 2024;1:33–42. https://doi.org/10.59407/jismdb.v1i2.183.

[3] Lestari D, Asriani A, Ningsih NW, Rosilawati W, Amrina DH. Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Dalam Perspektif Manajemen Islam. REVENUE J Manaj Bisnis Islam 2022;3:65–86. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10321.

[4] Dahmiri D, Hasbullah H, Sari SS. Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Jambi. J Manaj Terap dan Keuang 2020;9:15–22. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9235.

[5] NA’IN M. Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Semen Gresik Di Kota Gresik. Manajerial 2018;1:112. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v1i2.193.

[6] Romadhon EJ, Hakimah EN. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri Pengaruh Kinerja Sales Retail, Personal Branding, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Saus Jawara. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi Fak Ekon dan Bisnis UNP Kediri 2021:143–7.

[7] Cece I Sen. Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. e-Jurnal Manaj Kinerja 2015;1:101–10.

[8] Ade SM. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi. J Ekon 2016;7:113–25. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.

[9] Arianty N, Andira A. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio J Ilm Magister Manaj 2021;4:39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

[10] Rini yesi ayu puspita, Aliami S, Leksono poniran yudho. Performance Store Atmosphere, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Cafe Arni Rejoso-Nganjuk). Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi 2021:193–7.

[11] Jovanna DM, Hakimah EN. Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Fintech Gopay (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simp Manaj dan Bisnis 2022:852–6.

[12] Aziziyah NA, Hakimah EN. Dampak Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi 2021:645–9.

[13] Novita D, Putri Y, Amallia A, Yoga TC, Ridhaningsih F. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Buying Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pelanggan Tokopedia Kota Padang) 2024;1:1–23.

[14] Huda YK, Sardanto R, Timur J. Pengaruh Harga, Kualitas pelyanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Barbershop Wish Hairstudio Di Kediri 2022:178–89.

[15] Rangian MC, Wenas RS, Lintong DCA. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ms Glow Skincare Di Kota Tomohon. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt 2022;10:284. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41948.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Puspitasari, R. F., & Fauji, D. A. S. . (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK X. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 613-619. https://doi.org/10.29407/d4cpjh65

Similar Articles

1-10 of 361

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>