MEMBANGUN CITRA MERK MENU: STUDI KASUS STRATEGI PEMASARAN DI LEGAWA KOPI

Authors

  • Bimatara Aditya Christoper sebo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hery Purnomo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/m1sqrd40

Keywords:

citra merek, strategi pemasaran, menu kopi, loyalitas pelanggan, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Legawa Kopi dalam membangun citra merek menu, serta bagaimana strategi tersebut memengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap konsumen serta dokumentasi konten media social, Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran visual dan naratif yang diterapkan Legawa Kopi, seperti penamaan menu yang unik, penggunaan media sosial, serta pelayanan ramah dan informatif, efektif dalam meningkatkan minat beli, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus strategi citra merek berbasis menu, yang masih jarang dibahas dalam konteks pemasaran coffee shop lokal. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan strategis bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan pemasaran yang relevan dan berbasis pengalaman konsumen.

References

[1] Risal M, Salju. Pengaruh Bauran Pemasaran (4ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Studi Kasus Pada: Industri Kecil Pengolahan Rumput Laut di Provinsi Sulawesi Selatan. J Balanc 2017;14:3.

[2] Purnomo H, Arifiansyah R, Sudirman NA, Hasdiansa, Wulansari Ilma; Hasbiah S. Coffee Shop Marketing Strategy Using SWOT Analysis to Increase Business Competitiveness. Indones J Bus Entrep Res 2024;2:49–62.

[3] Nuryanti N, Fawazi MH, Basuki H, Wati JA. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. J Pendidik Dan Kewirausahaan 2023;12:299–310. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1111.

[4] Veronica, Clarencia Mirnanda; Subagyo; Purnomo H. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone. Simp. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusantara PGRI Kediri; 2024, p. 919–27.

[5] Safnur FA, Bismark IA. Jurnal Penelitian Nusantara Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Kabupaten Solok Selatan Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara 2026;1:119–24.

[6] Sakbania, Isnaini; Sugiono; Purnomo H. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Halbanero. Simp. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusantara PGRI Kediri; 2024, p. 430–9.

[7] Putri AAKS. Perkembangan Dan Implementasi Konsep Pemasaran. Albama J Bisnis Adm Dan Manaj 2024;17:13–24. https://doi.org/10.56606/albama.v17i1.153.

[8] Sholikah, Ainul; Fauji, Diah Ayu Septi; Purnomo H. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusat Oleh-Oleh GTT Kediri. Simp. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusantara PGRI Kediri; 2024, p. 203–12.

[9] Drucker P. ”The Practice of Management”, New York: Harper & Row 1996.

[10] Santoso G, Rini N, Ramadhani NE. JUBISDIGI : Jurnal Bisnis Digital Inovasi Dan Kreativitas Dalam Kewirausahaan : Strategi Bertahan Di Era Digital JUBISDIGI : Jurnal Bisnis Digital 2025;01:74–82.

[11] Makmur S. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volumepenjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Universitas Pasir Pangaraian. 2019.

[12] Nita SD, Ahmadi MA, Manajemen S, Surakarta UM. " PERAN KONTEN INTERAKTIF DALAM PEMASARAN DIGITAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERLIBATAN PENGGUNA : STUDI KASUS NETFLIX " 1 Program 2 Program Studi Manajemen , Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024;1:106–16.

[13] Sinaga F, Hendri A, Praminatih GA. Strategi Pemasaran Cafe Monkey Cave Espresso Pada Era New Normal. J Ilm Pariwisata Dan Bisnis 2023;2:1471–87. https://doi.org/10.22334/paris.v2i7.466.

[14] Subagyo GE. harga, fasilitas dan kualitas pelayanan sebagai kepuasan pengunjung kolam renang Tritayasa kediri 2020;10:18–30.

[15] Rachman A, Yochanan E, Samanlangi AI, Purnomo H. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1st ed. Kerawang: CV Saba Jaya Publisher; 2024.

[16] Subagyo, Purnomo H. Manajemen UMKM. Bandung: Media Sains Indonesia; 2022.

[17] Amalia N. Pengaruh Citra Merek , Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan ) 2019;6.

[18] Luntungan WGA, Tawas HN, Ekonomi F, Bisnis D, Manajemen J, Sam U, et al. strategi pemasaran bambuden bouleved Manado : analisis swot n.d.;7:5495–504.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

sebo, B. A. C., & Purnomo, H. . (2025). MEMBANGUN CITRA MERK MENU: STUDI KASUS STRATEGI PEMASARAN DI LEGAWA KOPI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 518-525. https://doi.org/10.29407/m1sqrd40

Similar Articles

1-10 of 297

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>