ANALISIS DIGITAL MARKETING LEOPARD GECKO PADA ABAZ’SE

Authors

  • Andre Darma Putra Mahardika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hery Purnomo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/7xhn6j93

Keywords:

Digital Marketing, Marketing Strategy, Word Of Mouth, Loyalitas konsumen, Leopard Gecko

Abstract

Digital marketing merupakan revolusi dalam pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Penelitian ini bertujuan memahami strategi digital marketing Abaz’Se dalam memasarkan Leopard Gecko dan produk terkait. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Abaz’Se memanfaatkan media sosial, khususnya TikTok dan Facebook, untuk menyebarkan konten visual dan edukatif seperti foto produk, video, serta panduan PDF. Strategi ini efektif dalam menarik minat, membangun kepercayaan, dan meningkatkan loyalitas konsumen, terutama pemula. Dukungan algoritma media sosial serta komunitas pecinta reptil memperkuat promosi melalui word-of-mouth. Konsumen menyarankan peningkatan kualitas konten dan ekspansi ke lebih banyak platform digital. Secara keseluruhan, penerapan digital marketing memberikan dampak positif terhadap pemasaran Abaz’Se, walaupun masih terdapat peluang untuk pengembangan strategi yang lebih inovatif dan menyeluruh.

References

[1] S. Susanto, F. Wahyudi, S. Bangun, T. W. Nurdiani, dan H. Purnomo, “Analysis of The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction and Its Impact on Reuse Intention of Mobile Banking Payment in E-Commerce Transactions,” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 3, no. 2, hlm. 274–280, 2023, doi: 10.57152/malcom.v3i2.933.

[2] R. Y. Lestari, S. Ratnanto, dan H. Purnomo, “Analisis Store Atmosphere, Lokasi Usaha, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Homely Koffee Kota Kediri,” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi, vol. 6 (1), no. 2, hlm. 347–359, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/708

[3] Y. Kusumawati, Samari, dan H. Purnomo, “Upaya meningkatkan volume penjualan melalui kualitas produk, harga dan promosi pada ud jawa mandiri,” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi, vol. 6 (1), hlm. 97–108, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/926

[4] K. F. Syahroq, H. Purnomo, dan D. K. H. Soejoko, “Analisis Dukungan Selebriti, Gambaran Merek, Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Konsumen Produk Busana 3second,” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, vol. 6 (1), hlm. 325–331, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/694

[5] Ayu Alfyya Fathinasari, H. Purnomo, dan Poniran Yudho Leksono, “Analsis of the Study of Digital Marketing Potential on Product Purchase Decisions in Generation Z,” Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, vol. 6, no. 5, hlm. 1075–1082, 2023, doi: 10.37275/oaijss.v6i5.174.

[6] I. Nurjanah dan D. Purnama, “Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Profitabilitas Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Hutang,” Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, vol. 1, no. 2, hlm. 260–269, 2021, doi: 10.46306/rev.v1i2.35.

[7] N. Nadella dan D. R. Rahadi, “Pengembangan Kompetensi Di Masa Pandemi COVID 19,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol. 4, no. 1, hlm. 72–83, 2020, doi: 10.31842/jurnalinobis.v4i1.167.

[8] G. Juliandra, M. I. Gunawan, N. Tanjung, M. Fajar, dan F. A. Nofirda, “Analisis Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pekanbaru,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, hlm. 5249–5253, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13189

[9] M. Dwi Ardiansyah Putra, S. Sulaeman, dan N. Nasrullah, “Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja di Market Place,” Jurnal sosial dan sains, vol. 4, no. 1, hlm. 85–94, 2024, doi: 10.59188/jurnalsosains.v4i1.1224.

[10] Achmad Fauzi, Shifa Ashila Salwa, Aniar Safitri, Eka Amelia Chiesa Julianti, dan Sindy Nur Fazriyah, “Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Digital Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 2, no. 1, hlm. 11–17, 2022, doi: 10.56127/jekma.v2i1.409.

[11] Laila Fitria, Fauzi Arif Lubis, dan N. Nurbaiti, “Analisis Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Suhada Grup,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 5, no. 3, hlm. 212–223, 2024, doi: 10.38035/jmpis.v5i3.1904.

[12] A. A. Mekarisce, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat,” JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, vol. 12, no. 3, hlm. 145–151, 2020, doi: 10.52022/jikm.v12i3.102.

[13] R. Haryanto, A. Setiawan, R. Nurhayati, I. Gede, A. Mertayasa, dan A. R. Nugraha, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review,” Edunomika, vol. 08, no. 02, hlm. 1–10, 2024.

[14] M. Penjualan, “Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan 1,” vol. 16, no. 2, hlm. 38–47, 2024.

[15] E. S. Keytimu, M. Bunga, Y. K. I. D. D. Dhae, dan A. H. J. Fanggidae, “Analisis Digital Marketing Dalam Penjualan Majalah Kesehatan Pada Pt . Digital Marketing Analysis In Sales Of Health Magazines At Pt .,” Glory: JurnalEkonomi&IlmuSosial, hlm. 1061–1068, 2021.

[16] G. Honestya dan J. Veri, “Systematic Literature Review : Pengaruh Digital Marketing Terhadap Penjualan Produk Kecantikan,” Digital Transformation Technology, vol. 4, no. 1, hlm. 523–531, 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i1.4205.

[17] S. Pamungkas dan M. Sigit, “Pengaruh Digital Marketing di Era Pandemi COVID-19 terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, vol. 01, no. 04, hlm. 121–134, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/selma/index

[18] Ismayantika Dyah Puspasari, Sudarmiatin, dan Agus Hermawan, “Strategi Penguasaan Pasar Usaha Kecil melalui Pengelolaan Laba untuk Bangkit dari Kegagalan,” Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, vol. 6, no. 1, hlm. 53–62, 2022, doi: 10.33795/jraam.v6i1.005.

[19] M. Wida Rahmayani, N. Hernita, A. Gumilang, dan W. Riyadi, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas,” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 14, no. 1, hlm. 131–140, 2023, doi: 10.32670/coopetition.v14i1.1428.

[20] W. C. Lee dan S. Aulia, “Analisis Digital Marketing Media Sosial Instagram Dare Photobooth,” Prologia, vol. 7, no. 2, hlm. 263–268, 2023, doi: 10.24912/pr.v7i2.21349.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Mahardika, A. D. P., & Purnomo, H. (2025). ANALISIS DIGITAL MARKETING LEOPARD GECKO PADA ABAZ’SE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 351-358. https://doi.org/10.29407/7xhn6j93

Similar Articles

261-266 of 266

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>