UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI PADA UD JAWA MANDIRI
pdf

Keywords

Harga, Kualitas Produk, Tahu, Promosi, Volume Penjualan

How to Cite

Kusumawati, Y., Samari, S., & Purnomo, H. (2021). UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI PADA UD JAWA MANDIRI. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 97–108. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/926

Abstract

Kebutuhan konsumsi manusia tidak terbatas. Salah satunya yaitu, usaha produsen tahu dapat menghasilkan tahu yang memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. UD Jawa Mandiri bergerak di bidang produksi tahu yang mengutamakan strategi pemasaran. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan parsial dan simultan, pada variabel promosi, kualitas produk dan harga terhadap volume penjualan. Jumlah responden yang digunakan sebesar 96 orang menggunakan pendekatan accindental sampling. Metode analisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh terhadap volume penjualan (Y) produk tahu di UD. Jawa Mandiri secara parsial sebesar 3,001 dengan signifikansi sebesar 0,032. Variabel Harga (X2) memiliki pengaruh terhadap volume penjualan (Y) produk tahu di UD. Jawa Mandiri secara parsial sebesar 2,559 dengan signifikansi sebesar 0,026. Variabel Promosi (X3) memiliki pengaruh terhadap volume penjualan (Y) produk tahu di UD. Jawa Mandiri secara parsial sebesar 2,667 dengan signifikansi sebesar 0,030. Variabel Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Promosi (X3) memiliki pengaruh terhadap volume penjualan (Y) produk tahu di UD. Jawa Mandiri secara simultan sebesar 5,705 dengan signifikansi sebesar 0,025 dengan determinasi seluruhnya adalah 49%. UD. Jawa Mandiri harus selalu konsisten dalam menjaga kualitas produk, memberikan harga kompetitif dan teknik promosi menarik untuk mendapatkan nilai volume penjualan sesuai visi dan misi yang dibentuk.

pdf

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astuti, sari bayu. 2016. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Tahu Pada Toko Berkah Abadi Pusat Tahu Khas Bandung.”

Basu, Swastha, Handoko Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Doloksaribu, Sartika, and Edwin Agung Wibowo. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Jig Di Pt. Mitra Global Bersama.” Program Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan 4: 1–18.

Faricha, Nalaila. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada UKM Khilda Collection.”

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, and Amstrong. 2014. Pemasaran Strategik. 3rd ed. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. 12th ed. jakarta: erlangga.

Ichsannudin, & Purnomo, H. (2021). Monograf: Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (1 ed.). Media Sains Indonesia, Bandung. https://books.google.co.id/books/about?id=SMIqEAAAQBAJ

Purnomo, H., Kusuma Hadi Soejoko, D., Ratnanto, S., & Joko Suprajitno, E. (2021). Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Hotel Lotus Garden & Resort Kediri). Jurnal Manajemen - UKI Atma Jaya Jakarta, 17(2), 98–114. https://doi.org/https://doi.org/10.25170/jm.v17i2.1768

Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2020). Signifikansi Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel (1 ed.). CV. Ajie Media Nusantara, Nganjuk.

Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2021). Signifikansi harga, fasilitas dan layanan terhadap kepuasan konsumen jasa hotel. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen (EKOBIS) ; STIE MUhammadiah Jakarta, 11(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167

Ratnanto, S., & Purnomo, H. (2020). Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “ Soto Dok Lamongan ” Nganjuk. SENMEA V & Call Paper, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, UNPGRI Kediri, September, 542–550. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/297

Somadi, Najmuddin. 2015. “Hubungan Gaya Hidup Dan Konsep Diri Dengan Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Jakarta.” https://psychology.binus.ac.id/2015/09/02/hubungan-gaya-hidup-dan-konsep-diri-dengan-keputusan-pembelian-kendaraan-bermotor-roda-dua-di-jakarta/.

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tjiptono, Fandy. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogjakarta: Gramedia

Tumbel, Altje, and Frendy Mokalu. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan Cv. Minahasa Mantap Perkasa.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(1): 254–65.