analisis volume penjualan beras lokal ditinjau dari harga, kualitas produk, dan pelayanan di toserba bahagia Nganjuk

Main Article Content

Audi Yosrul Mustofa
Sigit Wisnu Setya Bhirawa
Basthoumi Muslih

Abstract

ABSTRAK


 


 


Audi Yosrul Mustofa: Analisis Volume Penjualan Beras Lokal Ditinjau dari Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Toserba Bahagia Nganjuk, Skripsi, Manajemen, FEB UNP Kediri, 2021.


 


Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Pelayanan, Volume Penjualan


 


Usaha perdagangan di Indonesia saat pandemi Covid-19 semakin pulih dan berkembang. Hal tersebut terbukti dengan bermunculannya usaha dagang yang ada mulai dari yang berskala kecil, menengah hingga yang besar, retail konvensional seperti toko kelontong, peracangan maupun retail modern seperti toserba, swalayan, supermarket hingga berlevel perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis volume penjualan beras lokal ditinjau dari segi harga, kualitas produk dan pelayanan di Toserba Bahagia Nganjuk.


Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Toserba Bahagia yang membeli beras lokal dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling dan ditentukan 70 sampel. Instrumen menggunakan angket yang skornya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.


Hasilnya, variabel harga, kualitas produk dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap volume penjualan beras lokal di Toserba Bahagia Nganjuk. Secara parsial, harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap volume penjualan beras lokal yang juga merupakan variabel paling dominan. Hanya kualitas produk dan pelayanan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan beras lokal. Peneliti selanjutnya sebaiknya memperluas variabel penelitian, hal ini diusulkan karena telah terbukti bahwa variabel harga, kualitas produk dan pelayanan memiliki dampak yang hanya sebesar 42,2%  terhadap volume penjualan, sehingga faktor yang lain seperti testimoni, harapan, kepercayaan dan keterlibatan konsumen perlu dikaji.

Article Details

How to Cite
Mustofa, A. Y., Bhirawa, S. W. S., & Muslih, B. (2021). analisis volume penjualan beras lokal ditinjau dari harga, kualitas produk, dan pelayanan di toserba bahagia Nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1346–1352. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1122
Section
Articles

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta.

Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. CV. Yrama Widya.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2