Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Tematik Integratif Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar
Keywords:
pengembangan, multimedia interaktif, tematik integratif, pandemiAbstract
Selama pandemi, siswa harus belajar dari rumah. Permasalahannya adalah pembelajaran daring belum menggunakan media yang bervariatif, hanya melalui Whatsapp dan Youtube saja, sehingga terkesan monoton, kurang menarik serta membuat siswa jenuh. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis tematik integratif sebagai inovasi media pembelajaran di masa pandemi untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa media dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi meliputi PJOK mendapat skor 95%, IPA mendapat skor 83%, dan B. Indonesia mendapat skor 90% dengan ketiganya termasuk kriteria sangat valid. Validasi ahli media mendapat skor 85% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan memperoleh nilai 97% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan memperoleh rata-rata posttest 88 dan N-Gain sebesar 0,76 masuk dalam kriteria peningkatan tinggi serta ketuntasan belajar sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, multimedia interaktif dapat dinyatakan valid, praktis, efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
References
Ardiyanti, Wulan. Ulhaq Zuhdi. 2021. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR Abstrak” 9 (3): 13.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Penelitian Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Diputra, K S. 2016. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2): 125–33.
Hernaningtyas, Ikhtiari Septiya, Roro Eko Susetyarini, dan Rohmad Widodo. 2016. “Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (Mic) Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 1 (4): 256. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol1.no4.256-266.
Kumalasari, Maharani Putri. 2018. “Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 2 (1): 1–11. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2345/1726.
Lestari, Novia. 2020. “MEDIA PEMBELAJARAN Berbasis MULTIMEDIA Interaktif - Google Books.” Penerbit Lakeisha. 2020. https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_Berbasis_MULTIMEDIA_I/Rsr5DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=media+interaktif&printsec=frontcover.
Ma’aniyah, Siti, dan Mintohari. 2019. “Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar.” Jpgsd 7 (2): 2749–59.
Mukmin, Bagus Amirul, dan Nurita Primasatya. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 5 (2): 211–26. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854.
Sahari, Sutrisno, dan Wahyudi. 2020. “Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash Sebagai Inovasi Pembelajaran DARING Untuk Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6 (1): 174–83. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14711.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliani, Meda, dan Simarmata Janer. 2020. “Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Pendidikan.” Yayasan Kita Menulis. 2020. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_untuk_Pendidikan_Teo/iuz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+daring+untuk+pendidikan&printsec=frontcover%0Ahttps://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iuz4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA34&dq=pengertian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Reni Oktafiana, Sutrisno Sahari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.