DAMPAK PEMBANGUNAN BENDUNG GERAK WARU TURI TERHADAP SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DESA GAMPENG KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 1988-2019

Authors

  • Ajengtria Agustin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nara Setya Wiratama Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yatmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pembangunan, Bendung Gerak, Waru Turi, Sosial-ekonomi

Abstract

Bendung merupakan salah satu bangunan infrastruktur sumber daya air yang memberikan banyak manfaat seperti irigasi, PLTA dan kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Indonesia memiliki banyak bendung, salah satunya adalah di Kabupaten Kediri yaitu Bendung Gerak Waru Turi yang ada di Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Sejarah Pembangunan Bendung Gerak Waru Turi (2) Tujuan Pembangunan (3) Dampak Pembangunan Bendung Terhadap Sosial-ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan yaitu (1) Pembangunan Bendung Gerak Waru Turi dibangun pada tahun 1988 dan selesai pada tahun 1991 (2) Tujuan dibangun Bendung Gerak Waru Turi sebagai irigasi (3) Pembangunan memiliki dampak positif seperti memajukan perekonomian masyarakat. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu setelah ada pembangunan Bendung Gerak Waru Turi sistem irigasi terpenuhi, dan memajukan perekonomian bagi masyarakat Gampeng.

References

Afandi, Zainal., Yatmin., Budianto, Agus., Heru, Budiono., Widiatmoko, Sigit., Wiratama, Nara Setya., Lestari, Siska Nurazizah., Alkari., & Ferdian, Ferry. 2022. Pelatihan Pembuatan Vidio Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster untuk Guru di SMAN 6 Kediri. http://www.abdira.org/index.php/abdira/article/view/63/pdf.

Hadiutomo, Kusno. 2012. Mekanisasi Pertanian. Bogor: IPB Press.

Hasoloan, Jimmy. 2010. Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawan, Paulus & Kembar, Sri Budhi Made (Eds). 2015. Pengantar Ekonomi Mikro & Makro. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Maryono, Agus. 2005. Menangani Banjir, Kekeringan, dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santoso, Agus Muji., Hanggara, Guruh Sukma., Afandi, Zainal., Mujiwati, Endang Sri., Budiono, Heru., Primandiri, Poppy Rahmatika., Setyowidodo, Irwan., Nurfahrudianto, Aan., Irmayanti, Elis., Azizah, Siti., Darmawan, Ericka., Ristanto, Rizhal Hendi., Siswati, Bea Hana., Amin, Mohamad., Puspitasari, Yulianna., Julianto, Tri. 2021. Penerapan Vidio Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Ramuan Herbal Selama Pandemi Covid-19 Bagi Kelompok Remaja Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/34/30.

Soemargono. 2021. Metodologi Penelitian Sejarah. Klaten: Lakeisha.

Sugiyono. 2014. Buku Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Adi, dkk. 2020. Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan. Malang: Inteligensia Media.

Widiatmoko, Sigit., Grasia, Gress., Krisnajaya, Azmin., & Despriliani, Ririn. 2021. Pemberdayaan Komunitas Pecinta Sejarah dan Seni Budaya di Karawang Melalui Pelatihan Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24554.

Wiratama, Nara Setya., Budianto Agus., & Afandi Zainal. 2021. Perkembangan Sosialisme di Dunia Abad Ke-19 Serta Pengaruhnya di Indonesia. https://jurnal.um-palembang.ac.id/JDH/article/view/4247.

Yatmin, & Afandi Zainal. 2022. Studi Tentang Candi Ngetos di Kabupaten Nganjuk di Tinjau Dari Kajian/Konografi. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/17516.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Agustin, A., Wiratama, N. S., & Yatmin, Y. (2022). DAMPAK PEMBANGUNAN BENDUNG GERAK WARU TURI TERHADAP SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DESA GAMPENG KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 1988-2019. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 454–462. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1944

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>