PG Kunir 1927-1937 : Riwayat Pabrik Gula Modern Sekaligus Terakhir di Keresidenan Kediri

Authors

  • Mochamad Abu Yazid Bustami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zainal Afandi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yatmin Yatmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Hindia Belanda, Perkebunan, Pabrik Gula, Tulungagung

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sejarah dan perkembangan pabrik gula Kunir yang berlokasi di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung pada kurun waktu 1930-1937. Pembahasan ini meliputi proses pembangunan sampai dengan tutupnya pabrik gula Kunir akibat krisis malaise tahun 1930 kemudian dibuka kembali pada tahun 1937. Metode dalam penulisan penelitian ini terdiri dari pengumpulan data atau heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan diakhiri dengan penulisan sejarah atau historiografi. Sumber data yang digunakan dalam penulisan ini berasal dari dokumen-dokumen berupa foto saat pabrik gula Kunir masih beroperasi, surat kabar, dan majalah. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan, sebagian besar bangunan pabrik telah berubah menjadi lahan perkebunan tebu dengan menyisakan beberapa struktur fondasi yang saat ini menjadi aset milik PTPN X dari pabrik gula Mojopanggung. Beberapa bangunan pendukung seperti rumah dinas pabrik juga masih tersisa dan dialihfungsikan sebagai cafe. Kajian ini menjadi penting mengingat masih minimnya pabrik gula di wilayah Kediri yang menjadi obyek kajian penelitian sejarah.

References

Stroomberg, J. 2018. Hindia Belanda 1930. (Terjemahan Heri Apriyono). Yogyakarta: IRCiSoD.

Tichelaar, J.J. 1927. De Java-Suikerindustrie en Hare Beteekenis Voor Land en Volk. Soerabaia: H. Van Ingen.

Stibbe, Th.G.H. 1921. Verslag van Suiker-enquette-commissie. Soerabaia: Fuhri & Co.

Taylor, Steven J, 2016. Introduction to Qualitative Research Methods. New Jersey: John Wiley & Sons.

Salim & Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citrapustaka Media.

Kusumastuti, Adhi & Khoiron, Ahmad Mustamil. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Wiratama, Nara Setya., Budianto, Agus., Afandi, Zainal. 2021. Perkembangan Sosialisme di Dunia Abad Ke-19 Serta Pengaruhnya di Indonesia. 2: 128-140: https://jurnal.um-palembang.ac.id/JDH/article/viewFile/4247/2790.

Widiatmoko, Sigit., Wiratama, Nara Setya., Budiono, Heru. 2022. Sejarah Perkembangan Industri Batik di Kediri. Wiksa : Prosiding Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI.

Islami, Nadya Titah., Budiono, Heru., Widiatmoko, Sigit. 2022. Makna Edukasi Relief Sri Tanjung di Candi Surowono, Desa Surowono, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1389.

Meiasih, Yuli., Lestari, Siska Nurazizah., Afandi, Zainal. 2020. Perkembangan Industri Batik Tradisional Sri Siji Nusantara Indah di Desa Gejagan Keamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun 2000-2020. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1593.

Gonar, Priska Ratnasari., Budiono, Heru., Widiatmoko, Sigit. 2021. Makna Ritual “Saung Ta,a” Dalam Upaara Adat Kematian Pada Masyarakat Desa Bea Ngecung Kecamatan Rana Mese Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2021. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1434.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Abu Yazid Bustami, M., Afandi, Z., & Yatmin, Y. (2022). PG Kunir 1927-1937 : Riwayat Pabrik Gula Modern Sekaligus Terakhir di Keresidenan Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 429–439. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1970

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>