Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Ahmad Zakiamani SMPN Islam Teknologi Rambah

Keywords:

perangkat pembelajaran, model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan pemahaman matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru dalam merancang perangkat belajar matematika yang berpedoman dengan kurikulum 2013 dan belum mahirnya dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai pada K13. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk belajar matematika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berkriteria valid sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pemahaman matematik siswa dalam pelajaran transformasi. Model yang dipakai pada penelitian pengembangan ini ialah model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Instrumen penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah lembar validasi perangkat belajar (silabus, RPP, dan LKPD). Analisis data yang dipakai pada penelitian ialah statistik deskriptif. Penelitian ini akan memperoleh produk perangkat belajar matematik dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang valid (silabus sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid, RPP sebesar 3,84 dengan kategori sangat valid, LKPD sebesar 3,69 dengan kategori valid. Berdasarkan hal tersebut, perangkat belajar yang dikembang telah melengkapi kriteria valid sebagai upaya peningkatkan kompetensi pemahaman matematik siswa.

References

Aan Putra, H. S. 2019. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 6(1): 39-49. www.doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Aprida Pane, M. D. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2): 333–352

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. 2019. Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2): 179–189. www.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Dian Kristanti, S. J. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, 4(1): 38–50.

Elsa Desmaniati, R. F. 2019. Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Flipped Classrom pada Peserta didik Kelas IX SMAN 1 Padang. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1): 1–12.

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, U. S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Kiki Fauziah, I Nengah Parta, S. R. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganTeori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9): 1721–1729. www://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6735

Kiong, T. T., Yunos, J. B. M., Mohammad, B. Bin, Othman, W. B., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. B. (2012). The Development and Evaluation of the Qualities of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, October 17th 2012. Selangor, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Lina Afriyani, Zulkarnain, H. N. 2015. The Development of Mathematic ’ s Learning Tools of VIII Grade Based on Curriculum 2013 on The Quadratic Equation Subject. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences 2017. Pekanbaru:Faculty of education, Universitas Riau.

Muhammad Khalifah Mustami, M. I. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. , Jurnal Lentera Pendidikan, 18(2): 236–247.

Nienke Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer, Dordrecht.

Nu’man, S. dan M. 2012. Pengembangan Bahan Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Komputer untuk Memperkuat Konsepsi Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2): 200–216. www.doi.org/10.21831/cp.v5i2.1557

Nur Atika, Yenita Roza, A. M. 2020. Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal Of Educational sciences, 4(2): 368–379.

Ruslan Saputra, Irham Falahudin, G. T. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2: 249–268.

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Siti Mawaddah, R. M. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1) : 76–85. www.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Tjeerd Plomp, N. N. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of The Seminar Conducted, Shanghai: The East China Normal University.

Zaini, A. 2015. Pengembangan Perangkat IPA Biologi Berorientasi Hutan Mangrove untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS, November 1st 2015. Solo : FKIP Universitas Sebelas Maret

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Zakiamani, A. . (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 717–728. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1620

Issue

Section

Articles