Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Macam-Macam Gaya Antara Lain: Gaya Otot, Gaya Listrik, Gaya Magnet, Gaya Gravitasi Dan Gaya Gesek Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Meisy Della Meyrelda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pengembangan media, multimedia interaktif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran materi macam-macam gaya yang diajarkan di SD kelas IV belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan multimedia interaktif. (2) Untuk membuktikan kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D, yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah meliputi, (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelola data dari hasil tinjauan ahli dan pengembangan media pembelajaran yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur pengembangan multimedia interaktif meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain, (3) mengembangkan media, (4) mengimplementasikan media pembelajaran multimedia interaktif, dan (5) mengevaluasi akhir media pembelajaran multimedia interaktif. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mencapai 4,44 dengan kategori valid revisi kecil, kepraktisan mencapai 4,475 dengan kategori praktis revisi kecil, dan keefektifan mencapai 92,5% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian produk pengembangan multimedia interaktif dinyatakan layak untuk digunakan.

References

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Leksana, Dinar Mahdalena, Mungin Eddy Wibowo dan Imam Tadjri. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa, Jurnal Bimbingan Konseling Volume 2 (1). Semarang: journal.unnes.ac.id

Putra, Ilham Eka. 2014. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfatan Multimedia Animasi Interaktif, Jurnal Teknoif Volume 1 (2). Padang: ejournal.itp.ac.id

Riduwan. 2010. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Subali, Bambang dan Siti Mariyam. 2013. Pengembangan Kreativitas Keterampilan Proses Sains Dalam Aspek Kehidupan Organisme Pada Mata Pelajaran IPA SD, Jurnal Cakrawala Pendidikan (3). Yogyakarta: journal.uny.ac.id

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Menyusun Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Meyrelda, M. D. ., Putri, K. E. ., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Macam-Macam Gaya Antara Lain: Gaya Otot, Gaya Listrik, Gaya Magnet, Gaya Gravitasi Dan Gaya Gesek Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 36–45. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1400

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.