Analisis Tahapan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi: Studi Kasus untuk Dasar Pengembangan Desain Pembelajaran Mendalam
PDF

Keywords

Aktivitas Belajar
Pembelajaran biologi
Pembelajaran mendalam
Kemampuan Kolaborasi
pembelajaran abad 21

How to Cite

[1]
“Analisis Tahapan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi: Studi Kasus untuk Dasar Pengembangan Desain Pembelajaran Mendalam”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 696–700, Sep. 2025, doi: 10.29407/350efc65.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini berjenis studi kasus berfokus pada pengamatan pembelajaran mendalam terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu madrasah aliyah negeri di Kota Kediri dengan mata pelajaran biologi topik ekosistem dan berlangsung selama bulan Februari 2025. Data yang dihimpun oleh peneliti berupa tahapan aktivitas belajar siswa yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi kelas secara semi terstruktur yang diikuti dengan wawancara kepada guru biologi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan aktivitas belajar siswa yang tampak selama proses pembelajaran dengan tahapan kegiatan yang tercantum dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru. Penelitian ini mengungkapkan bahwa tahapan belajar siswa meliputi: aktivitas awal seperti siswa menyimak penjelasan guru dan mencatat informasi penting, aktivitas inti seperti mengerjakan lembar kerja siswa dengan berdiskusi yang dilanjutkan dengan presentasi sekaligus tanya jawab dengan waktu terbatas, serta aktivitas penutup berupa refleksi singkat yang dipandu oleh guru. Namun, interaksi antar siswa tergolong rendah dan belum mencerminkan aktivitas kolaboratif yang ideal. Penelitian ini merekomendasikan dikembangkan desain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu pendekatan pembelajaran mendalam. Rekomendasi ini diberikan agar tersedia alokasi waktu yang cukup untuk diskusi antar siswa, pembimbingan bagi siswa untuk bekerja secara kelompok dalam menyelesaikan masalah, siswa perlu diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, dan perlu diberi peluang untuk siswa dapat berbagi pendapat maupun ide dengan siswa lain. 

PDF

References

Agustini, A., Grashinta, A., Putra, S., Sukarman, S., Guampe, F. A., Akbar, J. S., ... & Rulanggi, R. (2024). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Ardiansyah, A., & Meillynia, B. V. (2022). Pembelajaran Di Era Emergency Remote Teaching: Analisis Faktor Penghambat Partisipasi Diskusi Online Mahasiswa dan Strategi untuk Mengatasinya. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1).

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Hartono. (2008). PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa.

Nofiyati, I. (2012). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Ceramah Bervariasi dan Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII E Semester II Tahun Ajaran 2010/2011 di SMP Stella Matutina Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW).

Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analisis keterampilan kolaborasi siswa SMA pada pembelajaran biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82-89.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.

Santika, I. W. E., & Eka, W. (2022). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal bali dalam membentuk profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182-6195.

Sarah, S., Cahya, R., Ruswandi, S., Nurjanah, A., & Supramanto, J. (2024). Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Diskusi Mata Pelajaran IPAS Mengenai Bumi dan Alam Semesta Kelas V di SD Sukatani. Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 849-854.

Sabatini, D., & Marsofiyati. (2024). Literature review: Analisis metode tanya jawab untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 10(2), 61-70.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Utami, R. P. (2009). Active Learning untuk mewujudkan pembelajaran efektif. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Vol I No 2 Desember 2009.

Wulandari, S. (2022). Kedalaman dan Keluasan Konten Biologi yang Harus Dikuasai oleh Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Regina Pingkan Setiadji, Ida Rahmawati, Agus Muji Santoso