Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) salah satu perangkat ajar yang dapat memandu aktivitas belajar peserta didik lebih terstruktur dan sistematis. Materi sistem gerak terdiri atas teori, konsep, dan fakta yang erat hubungannya tentang struktur dan mekanisme lokomosi alat-alat gerak di tubuh manusia. Hasil observasi mengungkapkan peserta didik cenderung menghafal materi sistem gerak, padahal pemahaman konsep dan kompetensi literasi numerasi jauh lebih penting. Literasi dan numerasi perlu diberdayakan agar peserta didik dapat menjadi warga negara yang mampu mengambil keputusan berdasarkan fakta dan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap struktur LKPD materi gerak jenjang SMA. Penelitian ini berjenis studi kasus dengan menganalisis bagian-bagian LKPD yang menguatkan kompetensi literasi-numerasi kemudian mengobservasi langsung proses pembelajarannya di kelas. Hasil analisis LKPD dan observasi kelas dibahas dalam diskusi kelompok terpumpun. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran dan asessmen yang memuat aspek literasi numerasi. Hasil analisis mengungkapkan bahwa LKPD belum memuat aktivitas pembelajaran dan asessmen yang dapat menguatkan kompetensi literasi numerasi. Struktur aktivitas pembelajaran siswa belum memberikan ruang belajar bagi siswa untuk mencermati teks serta data dan fakta. Aktivitas belajar siswa masih berupa membaca materi, mengerjakan soal-soal pilihan ganda, esai, dan refleksi. Hasil diskusi kelompok terpumpun merekomendasikan agar dilakukan pengembangan tahapan aktivitas belajar pada materi sistem gerak serta menyajikan teks serta data dan fakta dalam bentuk diagram, tabel, inforgrafis atau bentuk teks lainnya baik dalam pembelajaran maupun asesmen untuk menguatkan kompetensi literasi numerasi.
References
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).
Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press.
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.
Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pelatihan dalam bentuk tes untuk asesmen kompetensi minimum bagi guru sdit auladi sebrang ulu ii palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., & Zubaidah, S. (2024). Development of Student Worksheets Containing Green/Blue Economy for Prospective Teacher Students (Issue Msceis). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-283-5_37
Sutrimo, M. S., Sajdah, S. N., Sinambela, Y. V. F., & Bagas, R. (2024). Peningkatan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran dan Hubungannya Dengan Kemampuan self-efficacy: Systematic literatur review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 61–72.
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2).
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217-225.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022, November). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. In Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, pp. 44-48).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Khusnul Setyawanti, Alya Melani, Amelinda Endaryani, Retno Galuh Puspito, Sulistiono, Ida Rahmawati
